MUSTIKALAND.CO.ID - Akhir-akhir ini tingkat kriminalitas meningkat. Terlebih bagi yang tinggal di kota metropolitan. Kemungkinan untuk terjadi penjarahan rumah sangatlah tinggi, karena sering dibiarkan kosong akibat sibuk bekerja atau ke luar kota. Oleh karena adanya risiko tersebut, tingkat keamanan di tempat tinggal harus lebih ketat. Pemasangan CCTV di rumah bisa menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan keamanan rumah. Sebenarnya apakah itu CCTV?

Closed Circuit Television atau yang awam disebut sebagai CCTV ialah seperangkat alat berupa kamera video. Cara kerjanya dengan mengirimkan sinyal ke sebuah layar monitor yang berfungsi untuk memantau aktivitas-aktivitas di tempat yang telah terpasang kamera video CCTV. Oleh karena itu, CCTV umum digunakan di perkantoran, bank, hotel, atau bahkan di rumah sebagai kamera pemantau di ruangan-ruangan yang penting.

Ada banyak motif pemasangan CCTV. Namun, alasan utamanya adalah untuk mencegah aksi yang tidak diinginkan, salah satunya adalah kriminalitas. Apabila memasang CCTV di rumah, berikut tujuh manfaat CCTV yang bisa Anda dapatkan.

Bisa Mengawasi Rumah Kapan Saja

Jika Anda selalu meninggalkan rumah dalam keadaan kosong akibat jarang di rumah dan memiliki mobilitas tinggi, penggunaan CCTV di rumah sangat bermanfaat bagi Anda. Dengan menggunakan CCTV, Anda bisa mengawasi kondisi rumah yang kosong secara real-time.

Tidak harus memantaunya melalui monitor komputer personal, tetapi Anda juga bisa mengawasinya kapan saja melalui layar ponsel sehingga sangat fleksibel. Tentu pemasangan CCTV ini sangat membantu dalam mengawasi rumah Anda yang kosong dan bisa menjadi sasaran empuk pencuri.

Baca Juga: Tips Memilih CCTV untuk Meningkatkan Sistem Keamanan Rumah

Rekaman Video yang Bisa Menjadi Bukti

Acapkali laporan pencurian tidak bisa dilanjutkan oleh pihak kepolisian karena kurangnya bukti. Maka dari itu, kegunaan CCTV dalam sistem keamanan sangat penting. Jika suatu saat terjadi pencurian di rumah Anda, rekaman video CCTV bisa membantu polisi dalam menyelidiki insiden pencurian dan menjadi bukti laporan.

Tidak hanya berupa rekaman video, tetapi kini CCTV juga bisa merekam audio. Hasil rekaman CCTV yang sudah dilengkapi audio itu bisa menjadi bukti kuat jika ingin melaporkan kasus pencurian ke kepolisian atau bahkan ke pengadilan.

Mengantisipasi Kelupaan Menaruh Barang

Selain itu ada juga manfaat CCTV yang lain di kehidupan sehari-hari. Apabila Anda termasuk orang yang sering lupa menaruh barang, pemasangan CCTV di rumah bisa menjadi solusi. Salah satu manfaat CCTV di rumah yang dapat dirasakan secara langsung adalah untuk mengantisipasi kelupaan menaruh barang-barang kecil yang rawan terselip. Contohnya kunci kendaraan, dompet, remote TV, ponsel, dan arloji.

Jika Anda memasang CCTV di rumah, tidak ada lagi rasa khawatir kelupaan menaruh barang-barang penting yang kerap menyita waktu cukup lama untuk mencarinya. Waktu Anda pun bisa terselamatkan karena tidak perlu repot-repot mencari lagi.  

Baca Juga: Smart Home: Pengertian, Konsep, Contoh dan Cara Membuatnya

Mengetahui Kinerja Asisten Rumah Tangga

Ketika Anda belum lama mempekerjakan pengasuh anak atau asisten rumah tangga, pasti ada perasaan sedikit was-was. Apalagi jika meninggalkan pembantu Anda sendirian di rumah. Akan muncul berbagai pertanyaan seperti: Apa saja yang mereka lakukan saat Anda pergi? Apakah mereka memperlakukan anak-anak Anda dengan baik? Apakah mereka pembantu yang jujur?

Penggunaan CCTV di rumah juga bermanfaat untuk mengetahui kinerja asisten rumah tangga Anda. Dengan memasangnya di beberapa sudut rumah, Anda bisa tetap mengawasi kegiatan mereka meskipun sedang berada jauh dari rumah.

Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya untuk Security

Bila rumah Anda tidak terpasang kamera CCTV, maka memerlukan satpam untuk menjaga keamanan rumah. Apalagi kalau rumah Anda besar, sehingga satpam yang berjaga harus lebih dari satu yang tentu memakan biaya besar. Belum lagi masih ada risiko kecolongan karena satpam bisa saja ketiduran, tidak berada di lokasi yang tepat, dan sebagainya.

Dengan memasang CCTV di rumah, tentu Anda akan lebih menghemat pengeluaran karena memangkas biaya keamanan. Kegunaan CCTV dalam keamanan adalah sebagai kamera pengintai untuk meminimalisir aksi pencurian.

Baca Juga: 11 Tips Memasang CCTV Tanpa Jasa Teknisi!

Mencegah Kemungkinan Kecelakaan

Manfaat CCTV di kehidupan sehari-hari sangat besar bagi orang yang ceroboh ataupun pelupa. Terutama untuk menghindari adanya kecelakaan atau musibah di dalam rumah seperti kebakaran. Dengan memanfaatkan kamera pengintai CCTV, Anda bisa memastikan apakah kompor gas dalam keadaan mati, memastikan kabel setrika sudah tercabut atau belum, dan mengantisipasi kelupaan menutup keran air. Musibah dan kecelakaan pun dapat diantisipasi dengan baik berkat bantuan CCTV.

Dapat Memantau Adanya Aktivitas dari Orang yang Mencurigakan

Manfaat CCTV di rumah juga sebagai media pemantau aktivitas-aktivitas dari orang asing yang terlihat mencurigakan. Apalagi jika Anda selalu sibuk dengan berbagai pekerjaan dan kegiatan, baik di dalam rumah maupun luar rumah. Kesibukan Anda itu bisa menjadi celah bagi penjahat untuk melakukan aksinya.

Dengan memasang CCTV, mempermudah Anda dalam memantau kondisi rumah meski berada di tengah kesibukan yang padat, sehingga mengecilkan kesempatan bagi penjahat untuk menjarah rumah. Tempat tinggal Anda pun jadi lebih aman dari aksi penjarahan.

Tidak perlu khawatir dengan insiden pencurian akibat tingkat keamanan yang rendah. Salah satu keunggulan Mustika Park Place adalah menyediakan pengamanan yang tinggi. Dengan pemasangan CCTV di seluruh sudut penting perumahan dan satpam yang selalu berjaga selama 24 jam di gerbang masuk, rumah Anda akan terjamin keamanannya. Anda tidak perlu merasa cemas lagi meninggalkan rumah dalam keadaan kosong karena tingkat keamanan perumahan yang baik.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.