MUSTIKALAND.CO.ID - Ketika akan membangun sebuah hunian baru, banyak hal yang perlu Anda persiapkan. Selain masalah sanitasi, resapan air juga perlu diperhatikan sewaktu Anda membangun rumah agar tempat tinggal jadi lebih nyaman. Sebenarnya apa fungsi dan manfaat sumur resapan air? Bagi Anda yang belum paham mengenai resapan air, artikel berikut akan membahas tentang fungsi, manfaat, serta langkah-langkah sederhana membuatnya.

Fungsi Resapan Air

Fungsi dari resapan air tidak lain agar curahan air hujan bisa tertampung dan tersimpan dengan baik. Dengan tersimpannya air hujan ini, bisa memperbanyak air tanah. Genangan air hujan di permukaan tanah pun juga berkurang.

Tanah yang sudah tertutupi aspal, bangunan, beton, dan sebagainya menyebabkan rawan banjir. Dibuatnya sistem resapan ini untuk menampung air hujan supaya tidak terjadi genangan air. Sistem resapan air ada berbagai macam jenisnya. Ada yang berbentuk kolam dengan resapan, saluran porous, tapi yang paling umum berbentuk sumur.

Selain untuk penampungan air hujan, resapan air juga berfungsi untuk melestarikan air tanah. Sebuah wilayah akan mengalami penurunan tanah akibat adanya pemanfaatan air tanah yang berlebihan. Salah satu cara untuk menanggulanginya ialah dengan membuat resapan air.

Baca Juga: Air Bersih: Pengertian, Manfaat, Ciri

Cara Kerja Sumur Resapan Air

Sistem resapan air jenis sumur ini memiliki cara kerja yang berbeda dari sumur air untuk kebutuhan sehari-hari. Sumur air untuk kebutuhan rumah tangga berfungsi untuk mengambil air di dalam tanah. Sedangkan sumur resapan berfungsi untuk memasukkan dan menampung air hujan di dalam tanah.

Adanya perbedaan cara kerja antara kedua sumur itu, menyebabkan kedalaman sumur dan jenis konstruksinya berbeda. Pada sumur resapan, karena fungsinya untuk menampung air hujan, sumur ini sengaja dibuat berdekatan dengan pipa saluran air hujan pada atap rumah. Dari pipa itu, aliran air hujan akan mengalir ke bawah sehingga bisa meresap ke dalam tanah. Kemudian air hujan tersebut akan ditampung ke dalam sumur resapan.

Sumur resapan air bisa terbilang optimal jika konstruksi sumurnya semakin dalam. Air hujan yang bisa tertampung juga jadi semakin banyak. Oleh karena itu, proses penyerapan air tidak bisa instan.

Baca Juga: 11 Cara Mudah Menghemat Air, Yuk, Selamatkan Bumi dari Kekeringan

Manfaat Sumur Resapan Air

Jenis resapan air paling tepat untuk hunian adalah sumur. Anda harus mempertimbangkan untuk membuat sumur resapan air di rumah Anda agar terhindar dari risiko banjir, apalagi pada musim hujan. Untuk Anda yang masih ragu membuat sumur resapan air, berikut adalah manfaat yang bisa Anda rasakan jika membuat resapan air di rumah:

1.  Bisa mencegah turunnya permukaan tanah dan tetap mempertahankan tinggi permukaannya karena pori-pori pada tanah terisi oleh tampungan air hujan

2.  Cadangan air tanah jadi bertambah sehingga bisa mencegah kekeringan saat musim kemarau

3.  Dapat mengurangi risiko banjir akibat berkurangnya kemungkinan genangan air pada permukaan tanah

4.  Mengurangi kemungkinan pencemaran pada air tanah

5.  Memperbanyak debit air yang dapat diserap ke dalam tanah

6.  Keseimbangan hidrologi air tanah jadi terjaga sehingga intrusi air laut bisa dicegah

Cara Membuat Resapan Air Sederhana

Setelah memahami apa saja manfaat sumur resapan air bagi tempat tinggal Anda, berikut adalah beberapa standar yang harus Anda penuhi sebelum membuat resapan air hujan.

1.  Struktur tanah wajib mempunyai daya serap air yang besar atau sekitar 2 sentimeter/jam

2.  Resapan air hujan haruslah memiliki jarak dengan penimbunan sampah organik atau anorganik

3.  Sumur resapan air hujan dengan septic tank minimal berjarak 5 meter dan jarak dari pondasi bangunan adalah 1 meter

4.  Tanah yang dijadikan sumur resapan air tidak boleh berkontur atau dengan kata lain wajib berupa tanah datar yang stabil Apabila tanah di rumah Anda sudah memenuhi keempat syarat di atas, maka Anda sudah bisa membuat sumur resapan air sendiri di rumah. Bagaimana cara membuat resapan air sederhana? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda tempuh:

1.  Galilah lubang yang berdiameter 80 – 100 sentimeter. Hal yang wajib menjadi perhatian adalah galian harus berkedalaman kurang lebih 1.5 meter.  Kedalamannya tidak boleh melebihi permukaan air tanah.

2.  Memperkuat dinding pada sumur resapan agar dindingnya tidak runtuh menggunakan buis beton/pasangan bata kosong/pasangan batu kosong

3.  Membuat saluran water inlet berbahan pipa paralon yang memiliki kegunaan sebagai wadah untuk mengalirkan air hujan dari talang ke dalam sumur resapan

4.  Membuat saluran water outlet atau saluran pembuangan air dari sumur resapan ke selokan. Fungsi saluran ini penting karena berguna untuk mengeluarkan air apabila jumlah tampungan air yang ada pada sumur resapan terlalu banyak. Akan lebih baik jika tinggi pipa water outlet melebihi tinggi permukaan air di selokan. Supaya mencegah air selokan masuk ke dalam sumur resapan ketika terjadi hujan deras

5.  Pada bagian dasar sumur resapan, isilah dengan koral yang memiliki tebal 15 sentimeter

6.  Kemudian sumur resapan yang telah dibuat harus ditutup dengan plat beton. Kemudian plat beton itu ditimbun lagi dengan tanah agar lebih aman Beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar konstruksi sumur bisa bekerja semakin maksimal:

1.  Bahan penutup pada sumur resapan haruslah berbahan plat beton bertulang atau tidak bertulang dengan ketebalan 10 sentimeter. Jika plat beton yang akan digunakan berjenis plat beton tidak bertulang, bentuknya haruslah cembung dan jangan ada beban di atasnya

2.  Pada dinding atas sumur, dibuat dengan batu bata merah, batako, dan campuran semen dengan pasir dengan perbandingan 1:4. Lalu dinding sumur diplester dan diberi campuran semen

3.  Sumur resapan diisi dengan batu pecah yang berukuran 10 – 20 sentimeter, pecahan bata merah yang berukuran 5 – 19 sentimeter, arang, dan ijuk. Jangan lupa berikan rongga ketika mengisi bebatuan ini ke dalam sumur

4.  Ada beberapa pilihan untuk membuat saluran air hujan: pipa paralon (PVC) berdiameter 110 milimeter, pipa beton berdiameter 220 milimeter, atau pipa beton setengah lingkaran berdiameter 200 milimeter

Tidak perlu repot-repot membuat sumur resapan sendiri. Di Mustika Park Place fasilitasnya sudah sangat lengkap. Lingkungan yang teduh, asri, dan memiliki danau resapan, Anda tidak perlu khawatir adanya banjir saat musim penghujan. Anda pun bisa menikmati hari-hari bersama keluarga di hunian yang nyaman dan aman.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].