MUSTIKALAND.CO.ID - Dengan semakin meningkatnya populasi masyarakat Indonesia, makin besar pula kebutuhan akan energi listrik. Tercatat, permintaan listrik pun terus meningkat, yaitu 10-15% per tahun. Padahal, pembangunan pembangkit listrik masih kurang. Dampaknya, PLN seringkali melakukan pemadaman rumah bergilir di seluruh pelosok negeri. Inilah yang mendorong masyarakat mencari alternatif lain dengan panel surya untuk kebutuhan rumah tangga.

Panel surya mungkin masih sangat jarang diterapkan, mengingat banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh pemilik rumah, mulai dari budget yang besar hingga lingkungan sekitar rumah. Namun, manfaat yang ditawarkan sangat besar seperti menghemat tagihan listrik hingga 50%, ramah lingkungan, dan mudah di terapkan di Indonesia yang merupakan Negara tropis. Jika kamu tertarik, berikut pengertian, manfaat, cara kerja dan harga pemasangan yang sebaiknya kamu pahami.

Pengertian Panel Surya dan Sistem Kerjanya

Pengertian Panel Surya dan Sistem Kerjanya

Panel surya memang tak asing di telinga, tapi apa sebenarnya panel surya dan bagaimana sistem kerjanya? Panel surya adalah sebuah sistem yang mengubah energy matahari menjadi energy listrik dengan menggunakan prinsip photovoltaic. Panel surya atau solar ini diletakkan di area atap yang langsung terkena dengan matahari.

Cara kerja panel surya cukup sederhana, yakni menyerap energy matahari yang kemudian disimpan di dalam sebuah baterai. Energy ini dapat digunakan untuk segala aktivitas rumah mulai dari pagi sampai malam hari. Sistem ini bekerja otomatis, saat ada penggunaan listrik seperti menyalakan TV, energy dalam baterai panel akan terserap.

Manfaat Panel Surya

Manfaat Panel Surya


Pemasangan panel surya untuk rumah tentu memiliki banyak manfaat besar yang sebanding dengan budget yang harus dikeluarkan. Berikut manfaatnya

Hemat Listrik 


Memasang panel surya artinya memiliki cadangan energi lain selain PLN. Artinya, kemampuan panel surya menyerap cahaya dan membuat energi pengganti PLN dapat mengurangi setengah dari penggunaan listrik. Tentu ini akan menghemat keuangan dan energi listrik di bumi pula. 

Ramah Lingkungan 


Ternyata penggunaan panel surya secara langsung dapat mengurangi emisi gas rumah kaca loh. Ini artinya panel surya dapat melawan iklim global dan membantu mengurnagi pemansan global.

Pelindung Atap Rumah 


Tanpa disadari, panel surya mampu menjadi pelindung atap yang baik. Setiap komponen panel surya didesain untuk penggunaan outdoor, sehingga tidak perlu khawatir akan hujan air maupun es. Perawatan panel surya pun sangat mudah dan dapat digunakan dalam jangka waktu sangat panjang 

Syarat Pemasangan Panel Surya

Syarat Pemasangan Panel Surya

Meski cara kerja panel surya sederhana, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses pemasangan panel surya, pertama lokasi pemasangan. Untuk mendapatkan energy matahari yang maksimal, kamu harus memperhatikan lokasi rumah. Semakin dekat dengan garis khatulistiwa, maka semakin besar pula sinar matahari yang didapat.

Perhatikan pula ke arah mana atap rumah kamu menghadap, lokasi lahan untuk memasang sistem panel, dan jarak antar panel solar yang berhadapan di atap dengan panel utama listrik. Hal ini harus dilakukan oleh ahlinya agar dapat bekerja dengan maksimal.

Yang kedua yakni memastikan bahwa komponen panel surya yang kamu beli berkualitas. Pastikan bahwa kamu membeli pada penjual yang kompeten dan memiliki garansi produk. Penjual perlu memberikan servis berkaitan dengan instalasi listrik, agar tidak terjadi kerusakan atau bahaya pada sistem.

Pemasangan panel surya di lahan yang luas dan terkena matahari bebas tentu perlu dipertimbangkan. Oleh karenanya, mustika village sukamulya bisa jadi hunian yang tepat untuk mengaplikasikan sistem panel surya. 

Lokasinya di kawasan Desa Sukamulya, di atas lahan seluas +/- 35 Ha, membuat kawasan ini sangat nyaman dihuni dan terpapar matahari langsung tanpa hambatan. Sangat cocok untuk penggunaan panel surya.

Hunian ini sudah dilengkapi taman hijau yang jadi tempat refreshing keluarga loh. Taman hijau dibangun dengan konsep ramah lingkungan sehingga jadi tempat wisata para penghuni kawasan. 

Selain taman, Mustika Village Sukamulya sudah dilengkapi dengan fasilitas super komplit di sekitarnya mulai dari kemudahan akses tol, transportasi umum, kawasan industri, kawasan berniaga.

Mustika Village Sukamulya berada di lahan hijau yang sangat luas sehingga udara di kawasan ini sangat  segar.  Desain interior dan eksterior hunian ini juga sangat stylish dan modern. Terdapat tiga tipe rumah yang semuanya memiliki lahan depan belakang untuk taman loh.

Harga Panel Surya

Harga Panel Surya

Umumnya, terdapat 4 jenis panel surya yang ada di pasaran, yakni monokristalin, polikristalin, amorphous, dan compound. Namun, yang cocok dan sering digunakan oleh masyarakat adalah jenis mono dan poli yang sesuai dengan iklim tropis di Indonesia.

Sementara itu, harga panel surya sangat beragam menyesuaikan budget, merk, dan energy yang dibutuhkan dalam satu rumah. Untuk panel surya mini dengan ukuran tak sampai 1 meter dan kapasitas di bawah 500 watt, dibanderol mulai harga belasan ribu hingga puluhan ribu. Jenis ini cocok untuk rumah dengan luas yang tak terlalu besar.

Untuk kapasitas besar seperti 900 watt membutuhkan budget yang cukup besar kisaran harga belasan juta. Namun, akan sebanding dengan penggunaan listrik yang sangat hemat dan mengurangi pengeluaran di masa depan.

Semakin besar kapasitas yang dibutuhkan, semakin besar pula harganya ya. jika kamu ingin mendapat pasokan daya hingga 1300 watt, kocek yang dikeluarkan pun cukup besar mencapai 50 juta. Tapi, bagi kamu yang ingin mencoba dengan model kecil dan murah, kamu bisa mendapatkan 1 meter persegi untuk 100 watt dengan harga 2 jutaan saja.

Nah gimana? Apakah tertarik untuk menerapkan sistem panel surya di rumah kamu? Jika memang lokasinya sudah memenuhi syarat dan kamu memiliki cukup budget, gak ada salahnya sih mengaplikasikan sistem ini. Tentu banyak sekali manfaat baik untuk mencegah pembengkakan listrik dan juga untuk menghemat energi di bumi ya. selamat mencoba!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.