MUSTIKALAND.CO.ID - Hunian sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang di dalamnya ditanamkan teknologi mumpuni. Seperti alarm yang biasa digunakan untuk mencegah masuknya maling. Bahkan, kini ada beberapa tipe alarm rumah yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. 


Bagi kamu yang ingin rumahnya terhindar dari incaran maling, perlu mengetahui variasi dari alarm rumah. Mulai dari yang biasa sampai dengan yang istimewa. Berikut adalah contoh dari alarm-alarm yang dimaksud. 

Alarm Mini untuk Pintu dan Jendela

Alarm Mini untuk Pintu dan Jendela


Tipe alarm rumah yang paling banyak digunakan adalah alarm mini. Pada umumnya, alarm satu ini ditempelkan di sisi pintu atau jendela. Pengguna cukup menempelkannya dengan double tape dan nyalakan sebelum tidur atau keluar rumah. 


Untuk cara kerjanya sendiri, apabila pintu atau jendela dibuka, maka alarm akan berbunyi sangat kencang. Hal ini akan membuat maling panik dan tidak akan kembali lagi. Namun perlu diketahui, sebelum memasangnya, pastikan baterai tidak dalam kondisi habis supaya alarm bekerja normal. 

Alarm dengan LED

Alarm dengan LED


Alarm lainnya yang dapat mencegah dari tindakan pencurian dan kebakaran adalah menggunakan lampu LED. Cara kerjanya sendiri sama dengan yang lainnya, yaitu mendeteksi ada gerakan yang menyentuh alarm, maka dapat mengeluarkan suara bising. Namun bedanya adalah terdapat lampu kelap-kelip yang mirip dengan lampu sirine di mobil polisi. Lampu ini digunakan supaya maling bertambah panik. 

Alarm dengan Sensor Gerak

Alarm dengan Sensor Gerak


Untuk yang lebih canggih, ada tipe alarm rumah yang menggunakan sensor gerak. Alarm dengan jenis ini biasanya dilengkapi dengan infrared yang dapat mendeteksi gerakan orang tak dikenal dan mencurigakan di dalam rumah. Apabila sensor sudah mengenali gerakan aneh, maka alarm bisa menghasilkan bunyi yang teramat keras. Akibatnya, maling bisa kaget dan langsung meninggalkan rumah. 

Alarm dengan Bentuk Gembok

Alarm dengan Bentuk Gembok


Kemudian ada alarm dengan bentuk gembok yang juga banyak peminatnya. Ini karena penggunaannya yang mudah dan terlihat tidak terlalu mencurigakan. Cara kerja dari gembok ini juga cukup sederhana, yaitu apabila gembok dibuka secara paksa atau tidak menggunakan kunci, maka akan mengeluarkan bunyi yang sangat berisik. Menariknya, tipe alarm ini tidak hanya bisa diletakkan pada pagar ataupun pintu, namun dapat juga di motor atau sepeda. 

Alarm Rumah Wireless

Alarm Rumah Wireless


Selanjutnya ada alarm rumah wireless. Di mana alarm satu ini dapat beroperasi tanpa menggunakan listrik, lho. Alasannya karena alarm sudah memanfaatkan baterai yang telah terkoneksi dengan pengontrol utama, sirine, dan juga ponsel sebagai pengendali jarak jauh. Untuk cara kerjanya, alarm terlebih dulu menerima sinyal bahaya. 


Lalu, unit pengontrol utama akan membunyikan sirine secara otomatis. Hal ini juga bersamaan dengan memberikan informasi secara real time ke ponsel pintar saat pemilik tidak ada di rumah. Saat ini, alarm rumah berbasis wireless banyak diminati karena praktis dan dianggap lebih canggih daripada jenis lainnya. 

Alarm Rumah dengan Kabel

Alarm Rumah dengan Kabel


Kalau tadi ada wireless, kini ada alarm rumah dengan menggunakan kabel. Alarm jenis ini mempunyai cara kerja yang cukup efektif. Apabila ada suatu pergerakan yang dianggap mencurigakan, alarm akan langsung terintegrasi dengan kabel telepon. Alhasil, bisa langsung menghubungi nomor darurat secara otomatis. Namun, tipe alarm rumah satu ini cukup rumit dalam hal pemasangan. Pasalnya, alarm ini membutuhkan jasa pemasangan khusus yang mengakibatkan pengguna alarm wajib mengeluarkan uang lagi. 

Alarm Rumah dengan Kamera CCTV

Alarm Rumah dengan Kamera CCTV


Berikutnya ada alarm yang dilengkapi dengan kamera CCTV. Menariknya, alarm satu ini dapat dioperasikan secara nirkabel dengan menggunakan ponsel pintar. Tak hanya itu, alarm dengan CCTV ini juga tersedia dengan banyak sekali variasi resolusi kamera dan viewing angle. Semuanya bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. 


Apabila kamu tertarik untuk menggunakan alarm ini, pastikan bahwa rumah sudah dilengkapi dengan koneksi internet. Selain itu, pilih sudut hunian yang banyak orang masuk dan keluar. Bisa pada bagian pagar atau pintu.Tak perlu khawatir dengan cuaca ketika memasang alarm ini, karena alarm sudah diciptakan tahan dalam kondisi apapun (angin, hujan, ataupun panas). 


Itulah beberapa tipe alarm rumah yang sering digunakan untuk meningkatkan keamanan di dalam hunian. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget. Namun, untuk kamu yang tidak ingin repot untuk membeli alarm dan sedang mencari rumah baru, bisa coba melihat-lihat hunian di Mustika Village Sukamulya yang berada di Jl. Raya Sukatani, Sukamulya, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. 


Perumahan ini mempunyai sistem keamanan yang sangat terjamin, dengan penjagaan ketat para satpam yang ada pada gerbang. Jadi, bisa memperkecil resiko orang yang tidak berkepentingan masuk ke dalam perumahan.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.