MUSTIKALAND.CO.ID - Walau Hari Raya Idul Fitri sudah terlewati, namun euforia mudik tampaknya belum usai. Sebelumnya pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan mudik yang membuat sebagian orang terpaksa menunda pulang ke kampung halamannya. Ada yang memutuskan untuk membatalkannya saja, namun ada juga yang tetap mudik menunggu setelah larangan usai. Jika Anda salah satu orang yang bersikeras untuk tetap mudik, pastikan Anda ketahui tips-tips mudik aman meninggalkan rumah.

Seperti yang kita ketahui, mudik berarti meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Itu artinya rumah yang Anda tempati akan kosong dalam beberapa waktu. Hal ini sangat rentan mengingat betapa berisikonya kejadian seperti pencurian dan perampokan akan terjadi. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya supaya kita tetap aman walau rumah ditinggal mudik.

Tips Aman Meninggalkan Rumah dalam Waktu Lama

Tidak perlu terburu-buru! Demi keamanan dan kenyamanan Anda dan keluarga, sebelum melakukan mudik, pastikan Anda sudah melakukan 7 tips mudik aman meninggalkan rumah berikut ini.

Kunci Pintu dan Jendela

Kunci Pintu dan Jendela

Sebelum mudik, pastikan Anda mengunci semua pintu dan jendela yang ada di rumah Anda. Hal ini tentunya bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir kemungkinan rumah Anda menjadi sasaran perampok. Akan sangat aman apabila pintu terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh seperti kayu jati. Sementara untuk jendela, sangat disarankan agar dipasangi teralis.

Simpan Dokumen Penting dan Barang Berharga di Tempat Terkunci

Simpan Dokumen Penting dan Barang Berharga di Tempat Terkunci

Ada baiknya Anda menyimpan barang-barang berharga seperti harta benda dan dokumen penting di lemari atau laci yang dapat dikunci. Bahkan akan jauh lebih aman lagi jika Anda menyimpannya dalam sebuah brankas kokoh. Sehingga ketika terjadi hal buruk lainnya seperti kebakaran, dokumen dan harta benda akan tetap aman.

Pastikan Tabung Gas dalam Keadaan Tertutup

Pastikan Tabung Gas dalam Keadaan Tertutup
Mungkin hal ini cukup sepele, namun satu kesalahan jika diabaikan dapat membuat rumah Anda habis dilalap api. Sudah cukup sering kita dengar beberapa kejadian rumah terbakar akibat tabung gas yang bocor dan kemudian meledak ketika tidak sengaja bertemu percikan api. Hal ini menjelaskan dengan baik betapa pentingnya mengecek tabung gas sebelum Anda berangkat mudik.

Matikan Aliran Listrik dan Air


Matikan Aliran Listrik dan Air


Anda wajib memastikan bahwa tidak ada kabel maupun colokan yang menempel di stop kontak selama Anda mudik. Hal ini untuk mencegah kemungkinan terjadinya konslet listrik. Berlaku juga dengan keran air. 

Semua keran air, mulai dari yang ada di wastafel hingga kamar mandi wajib dipastikan dalam keadaan mati. Tentunya Anda tidak ingin bukan jika tagihan air Anda tetap jalan padahal sedang tidak digunakan?

Tutup Lubang Pembuangan

Tutup Lubang Pembuangan


Karena akan ditinggal mudik, sementara rumah juga tidak akan dihuni, maka ada baiknya lubang pembuangan ditutup. Tentunya dengan harapan agar munculnya kecoa dan tikus tidak sampai terjadi.

Minta Tolong Tetangga Bantu Memantau Keadaan Rumah

Minta Tolong Tetangga Bantu Memantau Keadaan Rumah


Anda tentu memiliki tetangga yang sudah akrab dan Anda percayai, bukan? Maka tidak ada salahnya untuk menitipkan rumah Anda kepadanya. Minta bantuannya untuk mengecek keadaan rumah sesekali. Bisa juga minta dinyalakan lampu teras di malam hari untuk memberi kesan bahwa rumah ditinggali.

Pasang CCTV

Pasang CCTV


CCTV memang mahal, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, jika fitur yang ditawarkannya membuat Anda dapat memantau keamanan rumah dari jarak jauh. CCTV kekinian sudah dilengkapi berbagai program dan sensor canggih yang dapat mendeteksi adanya gerakan, bahkan face recognition. Membuat Anda jauh lebih nyaman dan tenang meski harus meninggalkan rumah. 


Dari ketujuh tips diatas, mana saja yang sudah Anda terapkan? Rumah sejatinya merupakan tempat tinggal dan tempat kembali. Jika tertarik, Mustika Land menawarkan sebuah perumahan yang sangat recommended dengan harga yang affordable, yaitu Mustika Park Place.


Perumahan yang berlokasi di Jalan Burangkeng, Kec. Setu, Kab. Bekasi, Jawa Barat ini telah menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas, seperti area jogging, lapangan futsal, minimarket, dsb. 

Jaringan internetnya pun sangat memadai dengan kecepatan lebih dari 100 Mbps. Selain itu, dari segi keamanan, terdapat CCTV yang beroperasi 24 jam penuh setiap harinya. Jadi Anda akan merasa lebih aman ketika rumah ditinggal pergi.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.