MUSTIKALAND.CO.ID - Mengontrak adalah pilihan yang tepat kalau tabungan Kamu belum cukup untuk membeli rumah. Terlebih jika Kamu merupakan pasangan baru, tinggal terpisah dengan orang tua meskipun masih mengontrak dirasa merupakan pilihan yang terbaik saat ini. Memilih kontrakan tentu harus selektif dan tidak boleh asal pilih. 


Ada banyak hal yang harus Kamu pertimbangkan sebelum mengambil kesimpulan akan tinggal dalam rumah kontrakan tersebut. Lalu, apa saja sih kondisi serta situasi yang perlu untuk Kamu pertimbangkan agar dapat memilih kontrakan yang tepat baik untuk Kamu dan juga pasangan? Kali ini, Kami akan memberikan beberapa tips mencari kontrakan rumah berikut ini. Yuk simak apa saja!

Lokasi yang Strategis

Lokasi yang Strategis


Hal pertama dan paling utama yang harus Kamu perhatikan jika ingin mencari kontrakan rumah yang tepat adalah lokasi. Strategis di sini dapat berartikan 2 hal yang berbeda jika dilihat dari 2 segi pandang yang berbeda. Pertama, pastikan rumah kontrakan nantinya dekat dengan tempat bekerja baik untuk Kamu dan juga pasangan sehingga dapat meminimalisir dana maupun waktu tempuh yang Kamu butuhkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari selama mengontrak. 


Kedua, strategis juga dapat berarti dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, tempat ibadah, kantor polisi, sekolah, hingga jalan tol seperti rumah di Mustika Park Place. Tidak hanya diluar, dalam komplek perumahan pun, Kamu dapat menikmati berbagai macam fasilitas umum yang lengkap.

Gunakan Aplikasi Cari Kontrakan Rumah

Gunakan Aplikasi Cari Kontrakan Rumah


Setelah menentukan lokasi yang tepat atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing, Kamu bisa menginstal berbagai macam aplikasi cari kontrakan rumah yang kini sudah bisa Kamu temukan di play store atau app store. Menurut Kami, menggunakan aplikasi untuk mencari kontrakan rumah akan membantumu menemukan sekaligus mendapatkan gambaran calon kontrakan rumah nantinya karena aplikasi biasanya memberikan informasi umum yang cukup detail terkait rumah mulai dari jumlah kamar, fasilitas, hingga kisaran harga. Tidak hanya itu, Kamu bahkan dapat membuat janji untuk bertemu dengan pemilik kontrakan.

Survei Langsung

Survei Langsung


Jika sudah menemukan calon rumah yang kiranya cocok untuk Kamu kontrak bersama dengan pasangan, step berikutnya yang harus Kamu lakukan adalah survei langsung ke lokasi. Bisanya survey langsung dapat memberikan memungkinkan Kamu tidak bertemu dengan pemilik kontrakan, sehingga ada baiknya untuk membuat janji terlebih dahulu melalui aplikasi maupun menghubungi langsung seperti step sebelumnya. 


Survei ini bertujuan untuk melihat secara langsung kondisi rumah kontrakan sehingga Kamu akan mengetahui apakah terdapat spot yang membutuhkan perbaikan atau tidak sehingga bisa Kamu sesuaikan dengan budget yang akan Kamu miliki. Selain itu, Kamu juga bisa mengetahui fasilitas apa saja yang sudah difasilitasi oleh pemilik kontrakan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar kebutuhan umum seperti air, listrik hingga telepon.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Perhatikan Lingkungan Sekitar


Selain rumah, Kamu juga perlu memperhatikan kondisi lingkungan sekitar rumah. Apakah lingkungan sekitar termasuk sehat atau tidak. Kamu bisa melihatnya dari pengelolaan sampah. Selain itu, Kamu juga perlu memperhatikan keamanan lingkungan. Pilihlah lingkungan rumah dengan sistem keamanan yang baik dan terpercaya sehingga tindak kejahatan dapat diminimalisir dan Kamu serta pasangan dapat beristirahat dengan aman, tenang dan juga nyaman.

Bertanya Pada Tetangga Sekitar

Bertanya Pada Tetangga Sekitar


Bertanya kepada tetangga sekitar rumah merupakan tips berikutnya. Mengapa hal ini begitu penting untukmu? Terdapat 2 hal penting yang akan Kamu ketahui jika bertanya atau mengobrol dengan tetangga sekitar. Pertama, Kamu akan mendapat informasi tambahan terkait lingkungan hingga calon rumah yang akan Kamu tempati nantinya. Kedua, Kamu akan mengetahui apakah tetangga memiliki karakter yang cocok denganmu seperti suportif atau dapat dimintai tolong, mengingat bahwa Kamu dan pasangan nanti akan hidup berdampingan dengan mereka.

Jangka Waktu Sewa yang Singkat

Jangka Waktu Sewa yang Singkat


Tips berikutnya adalah mengambil jangka waktu sewa yang singkat. Idealnya adalah 6 bulan hingga 1 tahun. Jangka waktu yang singkat lebih baik untukmu daripada jangka waktu sewa yang panjang karena bisa jadi, setelah tinggal di lingkungan tersebut baik Kamu maupun pasangan tidak begitu cocok dengan lingkungan maupun kondisi rumah. Selain itu, bisa jadi Kamu juga sudah siap untuk membeli rumah sendiri sehingga tidak perlu waktu yang lama sampai waktu sewa habis.

Pertimbangkan Harga Sewa

Pertimbangkan Harga Sewa


Hal terakhir yang tentu saja menjadi pertimbangan yang utama adalah harga sewa rumah kontrakan. Sebelum mencari rumah untuk dikontrakkan, ada baiknya jika Kamu dan pasangan menentukan budget sesuai dengan kemampuan finansial Kamu maupun pasangan. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi penetapan harga sewa, beberapa diantaranya adalah luas rumah, fasilitas hingga lokasi. Jika dirasa harga tidak sesuai dengan fasilitas yang diberikan, Kamu dapat mendiskusikan kembali harga sewanya dengan pemilik rumah.


Pastikan untuk mengikuti tips di atas agar dapat memilih kontrakan rumah yang tepat tidak hanya untuk Kamu namun juga pasangan. Setelah mengikuti tips yang sudah dijabarkan, diskusikan kembali semua list kontrakan yang sudah Kamu survei kemudian pilihlah dengan bijak serta pertimbangkan semua aspek baik dari segi lokasi, harga hingga lingkungan sekitar rumah kontrakan yang akan Kamu tinggali nantinya.Jadi, sudah siap kan hidup mandiri bersama pasangan setelah menikah nanti?


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.