Railing tangga merupakan salah satu bagian rumah yang kerap diabaikan namun sangat penting. Railing tangga diperlukan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi pemilik rumah 2 lantai. Tanpa adanya railing tangga, aktivitas naik turun tangga menjadi tidak aman, terlebih jika ada anak kecil atau lansia di rumah.


Umumnya railing tangga terbuat dari bahan stainless, namun ada juga yang melapisinya dengan kayu atau kaca. Nah, bagi Anda yang sedang mencari desain railing tangga simpel dan minimalis namun terlihat elegan, berikut daftarnya.


1. Railing Tangga Minimalis

Railing Tangga Model Minimalis


Bagi Anda yang memiliki konsep rumah minimalis, railing tangga minimalis bisa menjadi pilihan. Pagar tangga ini cocok untuk rumah dengan lahan terbatas. Dengan menggunakan bahan besi, railing tangga minimalis terlihat cantik dan nyaman.


2. Railing Tangga Kaca

Railing Tangga Bahan Kaca


Siapa bilang bahan kaca tidak bisa dijadikan sebagai pegangan anak tangga? Bahan kaca akan tampak elegan berpadu dengan kayu atau besi. Namun perlu diingat, bahwa kaca cukup rentan pecah atau retak, oleh karena itu rawatlah railing tangga sebaik mungkin dan hindari kaca dari berbagai benturan.


Baca juga: 11 Rekomendasi Model Tangga Mewah untuk Rumah Idaman  


3. Railing Tangga Kayu Jati Belanda

Railing Tangga Bahan Kayu Jati Belanda


Bahan kayu jati belanda memang tidak ada matinya. Bahan ini bisa dijadikan berbagai macam furniture rumah tangga yang cantik dan elegan, termasuk pagar tangga. Anda bisa melapisi kayu dengan atau tanpa cat sesuai dengan selera.


4. Railing Tangga Spiral

Railing Tangga Model Spiral


Untuk menambah kesan mewah pada hunian, Anda bisa memilih railing tangga dengan model spiral. Dengan pola yang melingkar membentuk sebuah spiral, railing tangga ini cocok untuk rumah Anda yang sedikit lebih luas. Pilihlah bahan baja agar pegangan tangga lebih awet dan tahan lama, bahkan hingga puluhan tahun.


5. Railing Tangga Industrial

5. Railing Tangga Model Industrial



Rekomendasi railing tangga berikutnya adalah railing tangga industrial. Railing tangga dengan konsep ini sangat cocok untuk hunian, kantor, atau kafe. Gunakan material kayu dan beton untuk membuat anak tangga dan bahan stainless untuk pegangannya.


6. Railing Tangga Klasik Modern

Railing Tangga Model Klasik Modern



Tidak hanya minimalis, railing tangga juga bisa dibuat klasik modern untuk menambah kesan elegan. Ukiran pada pagar tangga klasik dapat dibuat custom sesuai dengan selera Anda. Jangan lupa sesuaikan dengan mood rumah yang Anda bangun serta furniture lain di dalamnya.


Baca juga: 10 Ide Desain Tangga Rumah Minimalis Untuk Rumah Sempit


7. Railing Tangga GRFC

Railing Tangga Model GRFC


GRFC atau Glass Fiber Reinforced Concrete merupakan bahan pembuat pegangan tangga yang terbuat dari beton. Bahan ini memiliki sifat ringan namun kuat, awet, dan tidak mudah terbakar. Cocok digunakan sebagai railing tangga, bahan GRFC sangat direkomendasikan untuk hunian cantik Anda.


8. Railing Tangga Monokrom

Railing Tangga Model Monokrom


Rumah akan terlihat cantik, manis, dan elegan dengan warna monokrom. Jika tidak bisa mengaplikasikan untuk seluruh elemen rumah, konsep monokrom bisa Anda gunakan untuk railing tangga. Gunakan paduan warna hitam dan putih untuk anak tangga dan juga bagian pagarnya.


Itulah 8 rekomendasi desain railing tangga yang bisa Anda gunakan untuk rumah tingkat. Selain sebagai pengaman, desain pagar tangga yang cantik akan membuat rumah terlihat menawan dan nyaman untuk ditinggali. Jadi, mana desain railing tangga favorit Anda?