Perumahan Cikarang menjadi salah satu hunian yang nyaman di kawasan berkembang. Oleh karena itu, tak heran kalau perumahan di kawasan tersebut menjadi incaran banyak orang.

Nah, artikel ini menyajikan keunggulan dan kelebihan hunian di Cikarang yang perlu Anda pahami sebelum membelinya .

Keunggulan Perumahan di Cikarang

Berikut ini adalah 3 keunggulan yang dimiliki oleh perumahan di Cikarang, yaitu:

1. Akses Mudah ke Pusat Bisnis dan Kawasan Industri

Keunggulan utama dari lokasi hunian di Cikarang adalah akses yang mudah ke pusat bisnis dan kawasan industri. Kondisi ini terjadi karena Cikarang terletak di jalur transportasi utama, sehingga tersedia akses yang cepat dan lancar ke berbagai destinasi penting.

Selain itu, ketersediaan infrastruktur seperti jalan tol dan kereta api memungkinkan bagi penghuni rumah yang bekerja dapat menghindari macet serta lebih mengoptimalkan waktu kerja mereka.

2. Peluang Karir dan Investasi Properti

Pertumbuhan ekonomi dan industri yang pesat di kawasan Cikarang memberikan beragam peluang karir bagi para profesional muda dan berpengalaman. 

Selain peluang karir, investasi properti di Cikarang juga menjanjikan. Dengan pertumbuhan populasi dan ekonomi yang tinggi, maka permintaan perumahan terus meningkat, yakni sekitar 62,7% pada tahun 2022 yang memiliki potensi kenaikan harga hunian 10-20% dikutip dari bisnis.com.

Dengan demikian, menjadi peluang bagi Anda untuk memanfaatkan pasar properti yang menjanjikan dan mendapatkan keuntungan jangka panjang di masa mendatang.

3. Fasilitas Pendukung di Sekitar Perumahan

Selain dua keunggulan di atas, perumahan di kawasan tersebut juga menawarkan fasilitas pendukung lainnya. Mulai dari institusi pendidikan yang berkualitas (UPH, Cikarang Japanese School, dll) dan fasilitas kesehatan (RS Harapan Keluarga, RS Permata Keluarga Lippo Cikarang, dll).

Kemudian, pusat perbelanjaan (Plaza Indonesia Jababeka, Giant Ekstra, dll) dan rekreasi (Saung Ranggon, Taman Sehati, dll).

Fasilitas dan Kelebihan Perumahan di Cikarang

Berikut ini adalah fasilitas dan kelebihan perumahan di Cikarang yang perlu Anda ketahui dengan baik, yaitu:

1. Fasilitas Unggulan di Perumahan Cikarang

Hunian di Cikarang menyediakan berbagai fasilitas yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan keluarga. Selain menjadi lingkungan yang ramah keluarga, perumahan di kawasan tersebut juga menyediakan taman bermain, garasi, teras, lapangan olahraga, hingga pusat kebugaran.

2. Desain Rumah Modern di Perumahan Cikarang

Selanjutnya, perumahan di kawasan berkembang tersebut sering menawarkan rumah dengan desain modern dan fungsional yang mengikuti tren terkini dalam dunia arsitektur.

Desain rumah di Cikarang cenderung memaksimalkan pemanfaatan ruang terbuka. Dengan menempatkan jendela dan pintu secara tepat, maka memungkinkan aliran udara dan pencahayaan alami tercukupi.

3. Keamanan dan Pengawasan yang Baik

Keamanan merupakan prioritas utama dalam hunian di Cikarang. Banyak perumahan dilengkapi dengan sistem keamanan 24 jam, termasuk pengawasan oleh petugas keamanan dan pemantauan CCTV di area strategis.

Pilihan Perumahan di Cikarang

Ada banyak pilihan hunian yang populer di Cikarang dengan berbagai fasilitas. Misalnya, Perumahan Jababeka, Perumahan Lippo Cikarang, dan Mustika Village Sukamulya.

Perumahan Jababeka menawarkan fasilitas seperti lapangan golf, pusat perbelanjaan, lembaga pendidikan, hotel, hingga rumah sakit. Sementara Perumahan Lippo Cikarang, fasilitas yang ada meliputi kolam renang, taman bermain, hingga tempat ibadah.

Sedangkan, Mustika Village Sukamulya menawarkan fasilitas berupa pengolahan air bersih, akses tol, minimarket, pusat perbelanjaan, lembaga pendidikan, fasilitas kesehatan, hingga tempat wisata.

Tips Memilih Perumahan di Cikarang

Berikut ini 4 tips memilih perumahan di Cikarang yang harus Anda terapkan untuk mendapatkan hunian nyaman, yaitu:

1. Menentukan Anggaran yang Sesuai

Pertama, Anda harus menentukan anggaran yang paling sesuai dengan kebutuhan sekaligus kondisi keuangan yang dimiliki. Pastikan Anda tetap mempertimbangkan biaya hidup, pendidikan anak, biaya notaris, biaya pajak, dana darurat, dan biaya administrasi lainnya.

2. Melakukan Survei Lapangan

Berikutnya, Anda perlu untuk melakukan survei lapangan. Dengan demikian, Anda bisa memiliki hunian yang sesuai  kebutuhan dan preferensi.

Sebagai contoh, Anda memiliki anak yang masih membutuhkan pendidikan. Tentunya, menjadi kebutuhan Anda untuk memilih rumah yang dekat dengan fasilitas pendidikan.

3. Mempertimbangkan Kebutuhan Jangka Panjang

Tips selanjutnya, pilihlah perumahan yang dapat memenuhi kebutuhan jangka panjang Anda. Misalnya, jumlah kamar tercukupi untuk keluarga yang akan bertambah anggota, ruang tambahan untuk kantor di rumah, atau aksesibilitas bagi lansia.

Selain memenuhi kebutuhan pribadi, pertimbangkan juga potensi kenaikan nilai properti di masa depan sebagai peluang investasi menjanjikan.

4.  Berkomunikasi dengan Developer Perumahan

Terakhir, Anda juga harus menjaga komunikasi yang baik dengan developer perumahan. Mintalah informasi lengkap terkait hunian, mulai dari tipe rumah, harga, fasilitas utama, dan fasilitas tambahan yang mereka tawarkan.

Selain itu, jangan lupa untuk menanyakan persyaratan dan proses pembelian dengan hati-hati. Tanyakan tentang skema pembayaran, dokumen yang dibutuhkan, dan timeline proses pembelian.

Sudah Temukan Perumahan di Cikarang yang Cocok?

Perumahan di Cikarang memang menjadi pilihan hunian yang nyaman di kawasan berkembang. Pasalnya, ada banyak kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan, mulai dari fasilitas lengkap, aksesibilitas, hingga prospek investasi menjanjikan di masa depan.

Meski begitu, Anda harus melakukan riset terkait perumahan yang akan dibeli. Salah satu rekomendasi perumahan yang patut Anda pertimbangkan, yakni Mustika Village Sukamulya. Karena cocok bagi Anda yang memiliki penghasilan UMK, dengan nominal cicilan mulai dari Rp1.000.000,00 per bulan.

Fasilitas yang kami tawarkan juga cukup lengkap, seperti jalanan yang lebar dan rapi, danau resapan anti banjir, taman hijau, area niaga, hingga promo mid year sale yang menarik. Mulai dari Bebas Cicilan Pokok 2 Tahun, Bebas Pajak BPHTB, GRATIS! WTP Air Bersih, dll.