Perumahan Galuh Mas Karawang adalah kawasan hunian yang dikembangkan oleh PT. Galuh Citarum di wilayah Karawang, Jawa Barat. Perumahan ini dibangun di atas lahan seluas 180 hektar dengan beragam fasilitas untuk penghuninya. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli hunian di sana, ada baiknya Anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan perumahan ini. Nah, untuk itu, artikel berikut akan mengulas secara detail terkait Galuh Mas Karawang, mulai dari kelebihan yang menarik hingga kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan Perumahan Galuh Mas Karawang

Berikut ini adalah beberapa kelebihan Galuh Mas Karawang yang kerap menjadi daya tarik calon penghuni:

1. Kemudahan Akses

Salah satu keunggulan Perumahan Galuh Mas adalah berlokasi dekat dengan berbagai akses utama, baik itu jalan raya, tol, maupun stasiun. 

Misalnya saja, akses perumahan ini hanya 5 menit dari jantung Kota Karawang, 45 menit dari Cawang – Jakarta, 60 menit ke Bandung melalui Tol Cipularang, dan 10 menit ke Stasiun MRT maupun LRT.

2. Fasilitas Galuh Mas Karawang Cukup Lengkap

Perumahan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para penghuninya. Mulai dari 24-hour security dan kartu akses, ada theme park, central business park, gym and fitness center, area indoor untuk olahraga futsal, sarana ibadah, hingga ATM Center. 

Fasilitas-fasilitas ini memungkinkan Anda sebagai penghuni untuk menikmati beragam kegiatan dan gaya hidup aktif tanpa harus meninggalkan kompleks perumahan. 

Selain itu, akses Perumahan Galuh Mas Karawang menuju berbagai fasilitas umum yang penting, seperti rumah sakit, klinik umum, lembaga pendidikan, dll, termasuk mudah dan dekat. Di antaranya dekat dengan RSUD Karawang, RS Permata Keluarga, Sekolah Pusaka Bangsa, SPBU, Hotel Mercure Karawang, dan Sky Bridge.

3. Desain Rumah Menarik

Galuh Mas Karawang menawarkan berbagai pilihan tipe rumah dengan desain yang menarik dan modern. Hingga saat ini, diketahui bahwa Galuh Mas Karawang telah memiliki 14 cluster prestige exclusive hunian. 

Ada yang mengusung konsep desain modern minimalis, ada juga yang berkonsep one stop living one stop dining, karena berlokasi di area komersial Galuh Mas. Selain itu, beberapa cluster juga ada yang menerapkan konsep rumah kos modern, tropical garden, modern eksklusif, tropis minimalis, semi apartemen, dll.

4. Terintegrasi dengan Pusat Gaya Hidup dan Wahana Hiburan

Keunggulan lain yang menjadi magnet bagi calon penghuni Perumahan Galuh Mas Karawang adalah terintegrasi dengan berbagai fasilitas yang menjadi pusat gaya hidup. Sebut saja Central Plaza, Mal Technomart, dan Festive Walk. 

Selain itu, kawasan perumahan ini juga berlokasi dekat dengan berbagai destinasi rekreasi dan hiburan, seperti Wonderland Adventure Waterpark.

Kekurangan Perumahan Galuh Mas Karawang

Di sisi lain, Galuh Mas Karawang juga memiliki sejumlah kekurangan yang patut Anda pertimbangkan sebelum membeli properti di sana. Entah itu untuk tempat tinggal, tempat usaha, maupun investasi. Berikut ulasannya:

1. Harga yang Relatif Tinggi

Salah satu kekurangan dari Perumahan Galuh Mas adalah harga rumah yang relatif tinggi. Harga properti di daerah yang berkembang pesat seperti Karawang, seringkali lebih tinggi daripada daerah lainnya. 

Misalnya saja untuk cluster hunian Kayana II, harga rumahnya dibanderol mulai dari Rp399.000.000,00 an. Itu pun saat ini diketahui sudah sold out, sehingga hanya tersisa beberapa unit rumah di cluster lain yang harganya mulai dari Rp791.000.000,00 an. 

Hal ini tentu dapat menjadi kendala bagi Anda sebagai calon pembeli dengan anggaran terbatas.

2. Kepadatan Penduduk

Karena lokasinya yang strategis dan berada di daerah berkembang, Galuh Mas Karawang dapat menghadapi kepadatan penduduk. Bayangkan saja, kepadatan penduduk di wilayah ini mencapai 1.457 jiwa per kilometer persegi (menurut data BPS 2021).

Angka ini menjadikan Jawa Barat (khususnya Karawang) sebagai provinsi dengan kepadatan penduduk paling tinggi kedua setelah Jakarta.

3. Potensi Banjir

Beberapa daerah di Karawang seringkali menghadapi risiko banjir, terutama saat musim hujan. Jika Anda telisik lagi pada tahun 2010 lalu, meluapnya sungai Citarum mengakibatkan beberapa perumahan elit tergenang banjir dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa. Salah satunya Galuh Mas Karawang.

Hal tersebut mengakibatkan ribuan penghuni perumahan terpaksa harus mengungsi. Jadi, jika Anda ingin tinggal di Galuh Mas Karawang, sebaiknya mempertimbangkan faktor ini dan mengetahui sistem drainase yang ada di lingkungan perumahan.

Butuh Alternatif Perumahan Anti Banjir?

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Perumahan Galuh Mas Karawang yang perlu Anda pertimbangkan lagi sebelum memutuskan membeli hunian di daerah Karawang. Untungnya selain Galuh Mas, ada pilihan kawasan perumahan lain yang bisa Anda jadikan alternatif, yaitu Mustika Village Karawang.

Perumahan ini memiliki beberapa kelebihan yang tak kalah dengan Galuh Mas. Di antaranya memiliki lingkungan yang hijau dan asri, harga terjangkau (mulai dari Rp215.000.000,00 an), dekat dengan Tol Karawang Barat dan Timur. 

Selain itu, fasilitas perumahan cukup lengkap, menggunakan fasilitas keamanan one gate system, dan yang penting bebas banjir dengan adanya Danau Resapan.