Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang wajib diusahakan oleh setiap orang. Salah satu cara untuk memelihara kesehatan adalah dengan memastikan kebersihan rumah. Pasalnya, rumah yang bersih sangat mempengaruhi kesehatan orang yang tinggal di dalamnya. 

Untuk dapat membersihkan rumah dengan optimal, Anda membutuhkan berbagai macam alat kebersihan. Nah, berikut merupakan daftar alat kebersihan yang membantu Anda membersihkan seluruh rumah dengan maksimal.


1. Vacuum Cleaner

Alat kebersihan pertama yang wajib Anda miliki di rumah adalah vacuum cleaner. Tentunya jika Anda menginginkan alat yang praktis dan mudah digunakan, vacuum cleaner adalah jawabannya. Alat ini dapat membersihkan dan menyedot debu serta partikel kecil yang sulit dibersihkan pada sofa, lantai, dan karpet. Meskipun demikian, alat ini membutuhkan energi listrik sehingga penggunaannya perlu diperhatikan supaya tidak boros listrik.


2. Sapu

Jika Anda enggan menggunakan vacuum cleaner karena alasan listrik, maka Anda tetap bisa membersihkan rumah dengan menggunakan sapu. Bisa dibilang sapu merupakan alat kebersihan yang paling wajib ada di rumah. Selain murah, sapu dapat membersihkan rumah dengan baik dan dapat disimpan dengan mudah. Ada 2 jenis bahan pembuat sapu yang dapat dipilih, yaitu sapu dari bahan plastik dan sapu dari bahan ijuk.


Baca juga: 10 Alat Dapur Unik yang Wajib Dimiliki oleh Keluarga Milenial


3. Pengki

Untuk melengkapi sapu, Anda juga memerlukan pengki atau serok. Gunanya adalah untuk menyerok kotoran yang telah disapu. Dengan menggunakan pengki, Anda akan lebih mudah untuk membuang kotoran ke tempat sampah.


4. Kemoceng

Alat kebersihan rumah berikutnya yang harus ada adalah kemoceng. Kemoceng umumnya terbuat dari bulu ayam, gunanya adalah untuk membersihkan jendela serta celah-celah kecil yang sulit untuk dibersihkan. Kemoceng berbentuk panjang dan ramping sehingga mampu menjangkau tempat yang sulit dibersihkan.


5. Sapu Lidi

Jangan lupa untuk memasukkan sapu lidi ke dalam daftar alat kebersihan rumah Anda. Sapu lidi digunakan untuk menyapu dan membersihkan halaman rumah, baik depan, belakang, maupun samping. Sapu lidi terbuat dari kumpulan lidi yang diikat menjadi satu. Sapu lidi juga mampu membersihkan area yang kotor serta basah.


6. Kain Lap

Selain menggunakan kemoceng, Anda juga bisa membersihkan jendela menggunakan kain lap. Kain lap juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan berbagai permukaan benda, seperti meja, kursi, lemari, serta lantai. Ada banyak jenis bahan kain lap yang bisa Anda pilih, antara lain microfiber, katun, dan kanebo. 


Baca juga: 6 Alat yang Mengusung Kontrol Lampu Jarak Jauh


7. Alat Pel

Alat pel juga wajib Anda miliki untuk membersihkan lantai rumah. Tentunya setelah disapu, lantai perlu dipel agar lantai rumah menjadi lebih bersih dan kinclong. Alat perlu biasanya terdiri dari kain pel serta gagang pel yang jenisnya bermacam-macam. Pastikan Anda memilih alat pel yang terbuat dari bahan ringan dan mudah menyerap air sehingga lebih mudah digunakan.


8. Sikat Lantai

Jika kain lap dan alat pel tidak mampu membersihkan noda di lantai yang membandel, gunakan sikat pel untuk hasil yang lebih baik. Sikat terbuat dari bahan yang keras sehingga mampu menghilangkan noda dengan cepat. Pilihkan sikat lantai yang memiliki gagang sehingga mempermudah Anda dalam membersihkan lantai.


9. Tempat Sampah

Semua alat kebersihan yang telah disebutkan diatas akan sia-sia jika Anda tidak memiliki tempat sampah. Tempat sampah merupakan alat kebersihan yang wajib ada di rumah karena berfungsi sebagai wadah untuk menampung seluruh sampah. Tempat sampah ada yang berukuran besar, ada juga yang kecil sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Itulah 9 daftar alat kebersihan rumah tangga yang sebaiknya Anda miliki di rumah. Dengan memiliki alat yang lengkap, Anda akan lebih mudah untuk membersihkan dan merawat rumah. Tentunya rumah yang bersih akan membuat Anda dan keluarga nyaman, bukan?