MUSTIKALAND.CO.ID - Teknologi smart home kini semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Pasalnya, teknologi satu ini sangat memudahkan penghuni rumah untuk melakukan sesuatu. Contohnya saja seperti kontrol lampu rumah jarak jauh yang sekarang banyak peminatnya. Teknologi ini tujuannya adalah supaya pemilik rumah bisa menyalakan atau mematikan lampu walaupun tidak berada di dekat saklar. 


Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan kontrol lampu jarak jauh, ada beberapa jenis teknologi yang bisa diterapkan. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya budget yang perlu kamu siapkan. Berikut adalah jenis-jenisnya. 

Bohlam Lampu Pintar LED

Bohlam Lampu Pintar LED

Pertama, ada bohlam lampu pintar LED. Benda satu ini bukan hanya bohlam biasa, tapi bisa dikontrol melalui jarak jauh. Pengguna bisa mengendalikannya melalui suatu aplikasi yang telah terpasang pada ponsel pintar. Bahkan, biasanya lampu ini juga bisa diatur waktunya. Misalnya saja seperti waktu kapan lampu menyala atau mati. 


Selain itu, lampu satu ini juga dapat diatur cahayanya sesuai dengan kondisi. Kecanggihan lain dari lampu ini adalah bisa menghasilkan banyak varian warna. Jumlahnya bisa sampai 16 juta warna yang nantinya bisa diatur sesuai dengan keinginan kamu. Lalu, fitur lainnya yang tidak kalah keren adalah bisa mengubah temperatur cahaya. Tingkat temperatur cahayanya mulai dari 1700K - 6500K. 

Modegi Smart Lamp

Modegi Smart Lamp


Kemudian ada Modegi Smart Lamp yang bisa digunakan untuk kontrol lampu jarak jauh. Modegi menawarkan aplikasi dan perangkat keras seperti Bohlam Lampu Pintar LED yang sudah dijelaskan sebelumnya. Bedanya, ada tambahan perangkat ekstensi agar lampu bisa dikendalikan jarak jauh yang dipasang pada bagian holder lampu. Menariknya, perangkat ekstensi juga bisa dipasang pada saklar untuk tiga lampu. Modegi Smart Lamp juga bisa mengatur jadwal kapan lampu bisa dinyalakan dan dimatikan. Selanjutnya, perangkat ini dapat diakses secara lancar asalkan semuanya terkoneksi dengan internet berkecepatan stabil.

Edimax SP-1101W

Edimax SP 1101W


Kemudian, ada Edimax SP-1101W yang bisa digunakan untuk kontrol lampu jarak jauh. Produk ini merupakan sebuah perangkat cerdas yang dapat memonitoring sistem aliran listrik yang terhubung ke berbagai peralatan elektronik, seperti AC, kulkas, televisi, dan lampu.Kamu yang pengguna sistem operasi Android maupun iOS bisa memakai perangkat satu ini. 


Cara menggunakannya adalah pertama-tama pasang perangkat Edimax SP-1101W ke stop kontak listrik. Kalau sudah, unduh aplikasi bernama Ediplug yang telah tersedia di Google Play store dan App Store. Di aplikasi, tersedia banyak fitur yang dapat mewujudkan keinginan manusia untuk memiliki rumah pintar. Contohnya saja seperti setting timer otomatis, kapan dan jam berapa perangkat elektronik harus hidup atau mati. 


Menariknya, Edimax ternyata juga memberikan keuntungan lain pada penggunanya. Adalah dapat memangkas dan menghemat biaya listrik sebesar 30%. Hal ini tentu akan membuat siapa saja sangat tertarik untuk membeli Edimax. 

Philips Smart Wi-Fi LED

Philips Smart Wi-Fi LED


Perangkat selanjutnya yang dapat digunakan adalah Philips Smart Wi-Fi LED. Bohlam satu ini dapat dihidupkan dan dimatikan dari jarak jauh. Dengan menggunakan aplikasi WIZ, bohlam ini bisa dikendalikan dari mana saja. Namun dengan catatan, bohlam harus terhubung dengan koneksi Wi-Fi. 


Selan bisa diatur kapan nyala dan mati, produk dari brand Philips ini juga bisa diubah pencahayaannya. Kemudian, lampu juga dapat diatur ritmenya sesuai waktu (pagi sampai malam). Selanjutnya, lampu juga bisa terhubung dengan beberapa aplikasi yang dapat mengaktifkan perintah suara. Kerennya lagi, lampu dapat membantu memastikan keamanan rumah dengan meniru kehadiran orang di rumah. 

EasyScene

EasyScene


Masih dari Philips, ada EasyScene yang dapat dicoba. Lampu sau ini memungkinkan siapa saja untuk menyalakan, mematikan, menerangkan, sampai meredupkan cahaya hanya dengan sentuhan pada tombol remote control. 


Nah, remote control ini ternyata bisa mengatur hingga 100 lampu. Lalu, lampu pun juga dapat dipisah menjadi empat kelompok, misalnya lampu untuk luar ruangan, lantai atas, lantai bawah, dan kamar mandi. 


Kelebihan lain dari lampu ini adalah sudah diklaim bisa menghemat energi sampai 80% dibandingkan dengan lampu pijar biasa. Kemudian, lampu juga sangat mudah dipasang dan tidak memerlukan kabel atau dimmer khusus. Selain itu, lampu juga hadir dalam dua daya, yaitu 15 watt dan 20 watt. 

Philips Hue Lux

Philips Hue Lux

Alat lainnya ada dari Philips Hue Lux. Teknologi ini memungkinkan siapa saja untuk bisa menyalakan dan mematikan lampu dari jarak jauh. Cukup dengan berbekal Android atau iOS, lampu ini dapat dikendalikan. Selain itu, lampu ini juga mengusung teknologi Perfect Digital Dimming yang digunakan untuk mengontrol tingkat cahaya yang dipancarkan. Selanjutnya, lampu ini juga dapat diatur waktu kapan nyala dan mati. 


Inilah beberapa teknologi yang mendukung kontrol lampu jarak jauh. Kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dari hunian. Ada yang menggunakan remote dan juga memakai ponsel pintar sebagai alat pengendalinya. Namun semua alat-alat ini bisa dipakai pada semua jenis hunian. Termasuk rumah yang ada di Mustika Village Karawang. 


Apabila membeli hunian di perumahan ini, kamu bisa menentukan alat yang ingin digunakan untuk mengontrol lampu dari jarak jauh.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.