Memilih rumah adalah salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan secara matang, sebelum melakukan pembelian rumah. Jangan terlalu mudah tergiur dengan penawaran ataupun diskon saja. Anda perlu mencari tahu lebih banyak referensi dan tips membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Sebagai orang awam, membeli rumah untuk pertama kalinya mungkin cukup membingungkan. Ada banyak tahapan yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan rumah secara legal. Simak berbagai tips memilih dan membeli properti dalam ulasan berikut untuk mewujudkan hunian impian Anda dan keluarga.

5 Tips Membeli Rumah

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum memutuskan untuk membeli rumah impian Anda:

1. Tentukan Budget Pembelian

Membeli rumah untuk pertama kalinya terbilang cukup menguras keuangan Anda. Pastikan Anda membuat perencanaan yang matang dan cermat dalam mengatur budget untuk membeli rumah. Beberapa rincian biaya yang perlu Anda siapkan, antara lain uang tanda jadi, biaya akad kredit, dan uang muka.

Anda juga perlu melakukan riset terkait harga pasaran rumah di kawasan yang Anda inginkan. Pengecekan harga terendah bisa Anda ketahui melalui situs resmi Badan Pertanahan Nasional berdasarkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP). Setelah itu, Anda bisa memperkirakan luas hunian dan harga rumah sesuai kebutuhan Anda.

2. Pertimbangkan Rumah Baru atau Bekas

Tips membeli rumah selanjutnya, yaitu menentukan akan membeli rumah baru atau rumah bekas. Pertimbangkan kekurangan maupun kelebihan dari masing-masing rumah. Rumah bekas biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa menyesuaikan hal ini dengan budget yang Anda miliki.

Meski begitu, Anda harus mempersiapkan biaya renovasi dan pemeliharaan untuk rumah bekas. Jadi, cobalah untuk membandingkan biaya keseluruhan dari masing-masing rumah dengan spesifikasi yang sama. Dengan begitu, Anda bisa menentukan mana yang lebih cocok untuk Anda.

3. Pilih Lokasi Rumah Sesuai Kebutuhan

Tips yang tidak kalah penting dalam membeli rumah adalah menentukan lokasi yang tepat. Rumah yang ideal biasanya berada di lokasi yang strategis dengan aksesibilitas yang mudah ke berbagai fasilitas umum. Ada pula rumah yang berada di kawasan pinggir kota yang lebih damai. 

Oleh sebab itu, pertimbangkan lokasi rumah sesuai kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda seorang pekerja kantoran, Anda mungkin lebih membutuhkan rumah yang dekat dengan kantor tersebut. Namun, jika Anda ingin tinggal di rumah yang lebih tenang, Anda bisa memilih lokasi yang berada di pinggir kota.

4. Menentukan Cara Pembayaran

Apabila Anda sudah menentukan rumah seperti apa yang akan Anda beli, pastikan Anda juga mencari tahu cara pembayarannya. Umumnya, pembayaran untuk jual beli rumah dapat dilakukan dengan cara tunai, kredit, maupun tunai bertahap. 

Sebagian orang memilih kredit dengan KPR ketika membeli rumah pertama kali. Apabila Anda memilih cara ini, pastikan Anda memahami berapa total biaya cicilan perbulannya.

5. Cek Kelengkapan Dokumen Kepemilikan Rumah

Tips membeli rumah yang tidak kalah penting adalah memeriksa kelengkapan dokumen kepemilikan dan perizinan properti. Anda harus benar-benar memastikan legalitas rumah, agar tidak berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari. 

Beberapa surat penting yang harus Anda ketahui saat membeli rumah adalah sertifikat kepemilikan, akta jual beli rumah, Sertifikat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), dan Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB). 

Selain itu, ada pula Sertifikat Hak Pakai (SHP), Sertifikat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan Sertifikat Hak Guna Usaha (SHGU). Apabila pemilik rumah belum memiliki sertifikat tersebut, Anda harus menunda pembelian rumah tersebut.

Sudah Paham Tips Membeli Rumah?

Secara keseluruhan, langkah awal yang harus Anda lakukan sebelum membeli rumah adalah merencanakan keuangan untuk menentukan akan membeli rumah bekas atau baru. Selanjutnya, Anda bisa memilih lokasi rumah yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk memastikan kelengkapan dokumen legalitas rumah!

Proyek Perumahan dari Developer Mustika Land berpengalaman puluhan tahun bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkan rumah impian Anda. Pasalnya, hunian yang kami bangun menawarkan berbagai tipe dan terletak di lokasi yang strategis di Bekasi maupun Karawang. 

Rumah ini bahkan cocok untuk pasangan muda dan pekerja aktif, karena dekat dengan kawasan industri dan transportasi umum.