Perumahan Citra Kebun Mas (CKM City) merupakan perumahan yang dikembangkan oleh PT. Nusantara Almazia. Perumahan ini terletak di Jl. Perum Citra Kebun Mas, Kab. Karawang. Citra Kebun Mas memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan bila ingin tinggal di sini. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Kelebihan Perumahan Citra Kebun Mas

Berikut adalah beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika tinggal di Citra Kebun Mas:

1. Lokasi Strategis

Lokasi Perumahan ini cukup dekat dengan berbagai fasilitas umum. Misalnya, terdapat SMA Negeri 1 Majalaya yang hanya berjarak 400 m dari perumahan (2 menit). Selain itu, beberapa tempat yang bisa Anda akses dengan mudah, antara lain Karawang Centra Plaza (30 menit), Terminal Klari (11 menit), dan Rumah Sakit Primaya (26 menit).

2. Desain Rumah Menarik

Perumahan Citra Kebun Mas memiliki pilihan unit yang memiliki desain modern-minimalist, yang pastinya selain nyaman, tetapi juga estetik. Selain itu, terdapat beberapa tipe yang bisa Anda pilih, antara lain:

  • Saung Kebun: 36/72, 36/78, 36/90

  • Saung RIung: 30/60, 36/72

  • Citra Manggala: 22/60

  • Alam Indah: 22/75

  • Serasi Alam Elok: 27/60

  • Citra Mulia Mega: 30/60

3. Fasilitas Lengkap

Perumahan ini menyediakan fasilitas untuk memudahkan penghuninya beraktifitas. Misalnya, terdapat ritel modern seperti Tokma Kondang yang berjarak 1,7 km (6 menit), sehingga Anda dapat dengan mudah membeli keperluan sehari-hari. Ada juga tempat ibadah, seperti masjid Ar-Rahmah (3 menit).

4. Keamanan Terjamin

Soal keamanan, Perumahan Citra Kebun Mas memasang CCTV di setiap blok. Tujuannya agar setiap penghuni merasa aman tinggal dan beraktivitas di dalam maupun luar ruangan sekitar perumahan. Selain itu, terdapat satpam yang siap berjaga untuk memastikan lingkungan tetap aman.

5. Lingkungan Asri

Lingkungan yang asri bisa Anda rasakan bila tinggal di Citra Kebun Mas. Di perumahan ini, semua tempat ditata dengan rapi, mulai dari rumah dan jalan. Selain itu, terdapat taman yang membuat perumahan jadi semakin enak dipandang.

Kekurangan Perumahan Citra Kebun Mas

Selain memiliki kelebihan, terdapat kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan bila ingin tinggal di Citra Kebun Mas, antara lain:

1. Harga Relatif Tinggi

Kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan dari perumahan ini adalah masalah harga yang relatif tinggi. Citra Kebun Mas mematok harga unitnya mulai dari Rp350.000.000,00 sampai Rp595.000.000,00. Dengan harga tersebut, tentu menjadi kendala bagi orang-orang yang memiliki anggaran terbatas untuk membeli rumah.

2. Kepadatan Penduduk

Citra Kebun Mas berada di Kab. Karawang yang terkenal sebagai kawasan industri. Hal inilah yang menjadi magnet bagi masyarakat untuk tinggal di sana. Bahkan, Kab. Karawang menjadi daerah di Karawang yang memiliki jumlah penduduk terbanyak, yakni 2,508.839 jiwa. Ini berpengaruh pada kualitas hidup dan suasana perumahan.

3. Kemacetan Lalu Lintas

Karena kepadatan penduduk, area sekitar Perumahan Citra Kebun Mas seringkali terjadi kemacetan, terutama pada jam berangkat dan pulang kerja. Selain itu, kemacetan ini terjadi karena terdapat banyak kawasan industri yang membuat mobilitas kendaraan menjadi tinggi. Jika Anda sering pergi jauh, hal ini perlu Anda pertimbangkan.

4. Keterbatasan Ruang Terbuka

Ruang terbuka hijau yang ada di perumahan ini dinilai memiliki keterbatasan. Pasalnya, dari luas 1.420.000 m2 perumahan, ruang terbuka hijau seperti taman yang ada, bisa dihitung jari. Selain itu, ukuran tamannya pun cukup terbatas, sehingga anak-anak tidak leluasa untuk bermain.

5. Potensi Banjir

Daerah Perumahan Citra Kebun Mas seringkali dilanda banjir, terutama saat musim hujan tiba. Selain itu, banjir ini terjadi karena air sungai dan situ meluap, sebab tidak ada fasilitas untuk menampung debit air berlebih. 

Ini harus Anda pertimbangkan, terlebih perumahan ini berada dekat dengan sungai Citarum dan Saluran Induk Tarum Utara Cabang Barat.

Tertarik dengan Perumahan Citra Kebun Mas?

Citra Kebun Mas memiliki kelebihan yang cukup menguntungkan untuk Anda yang ingin tinggal di sana. Namun, Anda juga perlu memperhatikan kekurangannya. Untuk itu, perlu riset yang mendalam, terutama mengenai harga. Misalnya, membandingkan harga dengan perumahan lain, seperti Mustika Village Karawang.

Harga unit dari Mustika Village Karawang yakni mulai dari Rp215.000.00,00. Harga ini jauh lebih terjangkau dibandingkan Citra Kebun Mas. Selain itu, perumahan Mustika Village memiliki fasilitas danau resapan yang mampu mencegah hunian Anda dari banjir dan pengembang juga menawarkan ruang terbuka hijau yang luas.

Kemudian, perumahan ini juga mampu meminimalisir waktu Anda terbuang percuma di perjalanan menuju stasiun, karena hanya berjarak 5,7 km saja dengan Stasiun Klari. Untuk pemesanan, Anda bisa mengunjungi website Mustika Village Karawang.