MUSTIKALAND.CO.ID - Pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat sesuatu yang tadinya tidak mungkin ada menjadi mungkin terjadi. Seiring dengan perkembangan zaman yang kini makin modern, Anda tidak hanya dapat menemukan smartphone dengan teknologi super canggih namun Anda juga dapat menemukan kehadiran smart home. Lalu apa itu smart home? Nah, bagi Anda yang belum mengetahui pengertian, konsep, contoh hingga cara membuat smart home tidak perlu khawatir karena ulasan kali ini akan membahas tuntas berbagai informasi yang Anda perlukan. Yuk simak bersama!

Mengenal Smart Home

Mengenal Smart Home


Seperti namanya, smart home atau rumah pintar merupakan tempat tinggal berbasis teknologi sehingga semua peralatan rumah dapat Anda atur dan terpusat pada satu tempat sehingga Anda dapat mengendalikannya baik jarak jauh maupun dekat. Smart home dilengkapi dengan sistem pengelolaan rumah dengan teknologi yang canggih sehingga Anda dapat mengontrol berbagai peralatan listrik hingga elektronik dengan bantuan internet. Smart home system inilah yang akan memberikan kemudahan dan kenyaman bagi Anda. 


Tidak hanya disediakan oleh pengembang perumahan, smart home merupakan sebuah pilihan bagi Anda. Contohnya saja, jika membeli sebuah rumah di Mustika Park Place, Anda dapat mengubah rumah tersebut menjadi smart home sehingga rumah yang tadinya sudah nyaman akan terasa semakin nyaman. 


Baca Juga: Mengenal Desain Interior Smart Building untuk Rumah Idaman

Konsep Smart Home

Konsep Smart Home


Bagi Anda yang telah mengenal IoT atau Internet of Things pasti sudah tidak asing dengan konsep smart home. IoT merupakan istilah yang digunakan untuk semua perangkat teknologi yang memungkinkan adanya koneksi internet. Lantas apa hubungannya dengan konsep smart home? Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, konsep smart home sebenarnya merupakan hasil integrasi dari IoT dengan tujuan yakni memberikan pengalaman berumah tangga yang lebih efisien karena menggunakan sistem kontrol suara. Oleh karena itulah, tidak sedikit perusahaan yang kini tengah berlomba-lomba dalam membangun sistem untuk rumah pintar. Salah satunya adalah bardi smart home.

Contoh Smart Home

Contoh Smart Home


Ada banyak contoh smart home yang kini sudah tidak aneh dan jarang untuk ditemukan. Salah satu perangkat yang bisa Anda temukan dalam smart home adalah kulkas pintar. Bila kulkas biasanya hanya digunakan untuk menyimpan dan mendinginkan makanan, maka kulkas pintar bisa lebih dari itu. Tidak hanya komputer dan handphone, kini kulkas pun sudah ada yang bisa terkoneksi dengan internet sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mencatat belanja bulanan, memutar musik, hingga menonton televisi juga film dari kulkas. Teknologi yang menarik bukan? 


Baca Juga: Mengenal Smart Living, Konsep Rumah Kekinian di Kawasan Perkotaan

Cara Membuat Smart Home

Cara Membuat Smart Home


Pasti tidak sedikit dari Anda bertanya-tanya, bagaimana cara buat smart home? Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, menggunakan smart home merupakan sebuah pilihan sehingga Anda bisa mengaplikasikannya dimana saja termasuk rumah biasa. Cukup dengan mengubah beberapa hal hingga peralatan rumah menjadi technology friendly, Anda sudah bisa mengubah rumah biasa menjadi smart home. 


Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengganti sarana penghubung perangkat elektronik canggih, dalam hal ini merupakan saklar. Kemudian langkah berikutnya adalah memasang internet sehingga Anda dapat mengatur semua peralatan elektronik lebih mudah dan juga efisien. Jika kedua hal tersebut telah Anda miliki, maka pengaplikasian smart home akan lebih cepat terealisasikan.

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home

Kelebihan dan Kekurangan Smart Home


Menggunakan smart home tentu memiliki kelebihan yang tidak Anda dapatkan pada rumah pada umumnya. Beberapa kelebihan yang bisa Anda rasakan adalah menikmati kenyamanan tingkat tinggi, lebih efisien dalam melakukan aktivitas, hemat energi, dan mempermudah dalam mengatur perlengkapan rumah tangga yang berteknologi tinggi. 


Selain itu, smart home ternyata memiliki kekurangan. Beberapa diantaranya adalah biaya pemasangannya yang terbilang cukup mahal dikarenakan membutuhkan sistem nirkabel, jaringan listrik yang tidak stabil di Indonesia dapat menjadi kendala utama, dan terakhir adalah kian banyaknya peretas mahir yang dapat mengambil alih pengaturan smart home Anda.


Menggunakan smart home merupakan pilihan sehingga Anda dapat mempertimbangkan baik buruknya terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Bagi Anda yang berminat, kini sudah banyak sistem yang telah disediakan oleh berbagai macam perusahaan sehingga Anda hanya menyiapkan alat elektronik pintar dan juga koneksi internet sehingga menerapkan smart home tidak serumit dan sesulit yang dibayangkan. Oleh karena itulah, smart home dapat diaplikasikan pada setiap rumah dan juga oleh siapa saja. Apakah Anda salah satunya?

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.