MUSTIKALAND.CO.ID - Dewasa ini, kemajuan teknologi makin menjangkau banyak hal untuk dapat dikerjakan dengan mudah, cepat, dan efisien. Salah satunya dalam menyiapkan kualitas hunian smart building yang syarat akan kecanggihan teknologi. Hunian dengan konsep smart building memang kurang akrab di telinga masyarakat, namun keberadaanya ternyata ada di sekitar kita.

Hunian smart building memiliki banyak manfaat mulai dari efektivitas pengurangan energi dan pengeluaran budget. Berbagai hal dapat dilakukan tanpa campur tangan manusia dan akan semakin memudahkan kegiatan para pemilik rumah. Sayangnya, perlu dana yang cukup besar untuk memiliki hunian smart building. Untuk mengetahui lebih banyak tentang smart building, yuk simak ulasan berikut mulai dari pengertian, contoh desain interior, hingga komponen yang ada.

Pengertian Smart Building

Pengertian Smart Building

Apa itu smart building? Jika diartikan secara harfiah, smart building artinya bangunan cerdas atau pintar. Tentu secara fungsional, smart building akan memberi gambaran bagaimana sebuah bangunan dapat bekerja lebih efektif bukan hanya sebagai hunian saja. Tetapi sebagai tempat yang memberi kenyamanan, keamanan, dan penghematan.

Prinsip kerja yang ada pada bangunan cerdas adalah integrasi antar semua komponen pada bangunan. Dasar kerjanya menggunakan bantuan sensor yang otomatis bekerja sendiri sesuai pengaturan sistem atau adanya Building Automation System (BAS). Smart building umumnya digunakan pada bangunan-bangunan besar seperti kantor,hotel, airport, rumah sakit, dan gedung pencakar langit. Namun, kini bisa diaplikasikan pada hunian rumah pula.

Apa yang bisa dilakukan oleh pengintegrasian sistem ini? Banyak sekali manfaat yang didapatkan seperti menghidupkan lampu pada malam hari, membayar listrik otomatis, mematikan energy listrik yang tak terpakai, monitoring suhu dan kelembaban ruangan, pengaturan tingkat pencahayaan, pengoptimalan kamera pengawas rumah. Ini semua dilakukan tanpa adanya kendali manusia atau disebut pengintegrasian komponen-komponen bangunan itu sendiri. Meski sangat jenius, sistem dalam smart building sangat rumit dan harus dikerjakan ahli dengan membutuhkan tenaga internet yang stabil dan cepat. Selain itu, budget yang dibutuhkan sangat besar. Namun, di masa depan smart building akan sangat menghemat pengeluaran.

Contoh Desain Interior Smart Building

Contoh Desain Interior Smart Building

Jika sudah memahami tentang konsep smart building, coba lihat desain interior yang ada pada smart building. Umumnya, desain interior smart building sama halnya dengan hunian pada umumnya, hanya terdapat beberapa komponen yang bersifat sensorik di bagian tertentu seperti gambar di atas. Setiap sudut area memiliki kecanggihan teknologi.

Dalam gambar di atas, terlihat jelas jika tiap bagian komponen  memiliki sistem pengaturan yang terintegrasi mulai dari otomasi pencahayaan, pemanasan (smart thermostat), HVAC, keamanan, serta peralatan rumah tangga lainnya.

Komponen-Komponen Smart Building

Komponen Smart Building

Pada smart building, tentu ada komponen-komponen yang dapat diaktifkan menjadi sebuah sistem canggih yang dengan mudah membantu keamanan dan kemudahan dalam aktivitas rumah. Berikut beberapa komponen yang ada pada smart building;

Suhu dan Kelembaban

HVAC atau Heating, Ventilation, Air Conditioning adalah sistem pada smart building yang mengatur suhu dan kelembaban ruangan secara otomatis. Dengan menggunakan sensor otomatis, kelembaban dan suhu di ruangan dapat dimonitoring dengan tepat.  

Pencahayaan

Pada komponen pencahayaan, sistem bekerja untuk mengatur tingkat pencahayaan yang pas pada ruangan. Jika ruangan memiliki cukup cahaya, maka lampu secara otomatis menyala dan tirai terbuka. Jika kondisi cahaya redup atau pada saat mendung, maka lampu secara otomatis menyala.

Energi

Semakin besar bangunan maka penggunaan energi semakin besar pula. Penggunaan manual energy pada bangunan mungkin menyebabkan keborosan dan pengeluaran yang cukup tinggi. Dengan adanya sistem mati hidup yang otomatis mengikuti sistem, energy dapat dikelola dengan baik. Misalkan pada penggunaan komputer, televisi, dan barang elektronik lain yang harus mati otomatis apabila bangunan sedang kosong.

 Keamanan

Keamanan merupakan komponen krusial yang dibutuhkan bangunan seperti CCTV, door lock, sensor kendali buka tutup otomatis, dan alarm rumah. Sistem keamanan ini bisa diaktifkan dengan kode, sidik jari dan berbagai cara lainnya. Dengan kendali seperti ini, rumah akan sangat terjaga keamanannya.

Sistem keamanan hunian juga diterapkan pada Mustika Village Karawang yang memiliki layer sekuriti dan dilengkapi dengan cctv di gerbang utama. Keamanan ini menjadikan Mustika Village Karawang sebagai hunian yang aman dan nyaman.

Mustika Village Karawang merupakan hunian yang eco-friendly, segar, dengan akses yang sangat strategis. Terdapat berbagai macam tipe rumah mengakomodasi kebutuhan kamu akan ruangan yang nyaman.  Dengan harga mulai dari 150 juta-an, kamu akan mendapat fasilitas lengkap pada merupakan hunian modern asri yang memiliki konsep SAFE ( Smart - Active - Function - Eco )

Mustika Village Karawang menerapkan keseimbangan tata-ruang antara komunitas sosial dan eko-sistemnya dengan ruang terbuka hijau yang menjadi paru-paru perumahan.

Itulah konsep smart building, desain interior, serta komponen yang ada di dalamnya. Jika kamu ingin memiliki hunian dengan konsep smart building, pastikan kamu membuat konsep perencanaan yang tepat dengan ahlinya ya.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.