Dalam membangun rumah, dunia konstruksi selalu memperhitungkan setiap komponen bangunan untuk memastikan kenyamanan serta keamanan untuk penghuni rumahnya.

Salah satu keamanan rumah yang perlu diperhatikan adalah pada bagian kaca. Kaca dapat dijumpai pada bagian jendela, pintu atau balkon. Meski fungsi kaca begitu banyak namun kaca biasa tidak memiliki ketahanan yang cukup pada benturan.

Agar lebih aman, kaca tempered dapat menggantikan kaca biasa karena lebih kuat. Jika Anda ingin membangun bangunan bertingkat dan perlu keamanan yang lebih ekstra, maka Anda bisa menggantikan kaca biasa dengan kaca tempered agar tidak mudah pecah. Inilah beberapa keunggulan dari kaca tempered!

 

Keunggulan Kaca Tempered

Salah satu komponen yang paling penting dalam membangun sebuah bangunan adalah kaca. Fungsi dari kaca pada bangunan adalah untuk memastikan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan kekuatan kaca tersebut.

Jenis kaca tempered dibuat dengan standar yang berbeda-beda. Salah satu kaca dengan ketahanan yang kuat yaitu tempered glass. Tempered glass adalah kaca yang dibuat dengan proses pencampuran dan pemanasan bahan kimia agar membuat kaca tersebut kuat.

Namun, Apa beda kaca tempered dan biasa? Kaca tempered lebih kuat dari pada kaca biasa. Selain ketahanan yang kuat, jika kaca tempered pecah maka akan pecah menjadi serpihan kecil dan tidak menjadi bongkahan kaca yang tajam dan membahayakan.


Baca juga: 6 Jenis Stiker Kaca Rumah Populer yang Bisa Jadi Inspirasi


Ukuran Standar Tempered Glass

Sebelum menggunakan kaca tempered glass untuk pembangunan rumah Anda, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu ukuran standar dari tempered glass yang ada.

Kaca tempered dapat  menyesuaikan ukuran dan ketebalannya tetapi tidak semua merk sesuai ukuran yang Anda inginkan. Namun, Anda dapat mengubahnya sendiri berdasarkan ukuran standar yang ada. Berikut adalah ukuran kaca tempered glass:

  • Ukuran tempered glass panel saklar adalah minimal 50x50 dan maksimal 250 x 250 mm. Kaca memiliki ketebalan 2 sampai 8 mm.

  • Ukuran tempered glass untuk kaca rumah tangga adalah ukuran minimal 150 x 150 mm dan sebesar 1500 x 3000 mm. Kaca mempunyai ketebalan antara 3 sampai 12 mm.

  • Ukuran tempered glass untuk kaca kamar mandi adalah ukuran minimal 150 x 150 mm dan maksimal sebesar 1500 x 3000 mm. Kaca mempunyai ketebalan 3 sampai 12 mm.

  • Ukuran tempered glass untuk furniture seperti pintu kaca tempered adalah ukuran minimal 150 x 150 mm dan maksimal sebesar 1500 x 3000 mm. Kaca mempunyai ketebalan 3 sampai 12 mm.

  • Ukuran tempered glass untuk arsitektur bangunan mempunyai  ukuran minimal 300 x 300 mm dan maksimal sebesar 2000 x 3000 mm. Kaca mempunyai ketebalan 3 sampai 19 mm.

Seperti yang Anda lihat di atas bahwa ketebalan dan ukuran tempered glass akan berubah sesuai dengan kebutuhan dari konstruksi tersebut. Semakin tebal sebuah kaca tempered maka lebih aman untuk sebuah bangunan.

 

Baca juga: Teralis Jendela, Si Komponen Penting Dalam Rumah


Jenis Tempered Glass

Karena tingkat keamanan dan fungsionalitasnya yang tinggi, tempered glass menjadi favorit dan mulai banyak diaplikasikan pada berbagai benda yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah beberapa jenis kaca tempered yang ada dan perlu Anda ketahui:

  1. Clear Tempered Glass

Jenis kaca tempered yang pertama adalah clear tempered glass. Secara tampilan, kaca ini terlihat layaknya seperti kaca biasa pada umumnya. Kaca ini juga sengaja dibuat bening supaya lebih mudah untuk diaplikasikan pada berbagai benda atau kebutuhan arsitektur yang berbeda. Sebagai contoh, kaca jenis ini bisa digunakan sebagai kaca untuk railing yang berada di pinggir untuk melindungi supaya tidak ada yang terjatuh ke lantai bawah.

  1. Laminated Tempered Glass

Terdapat jenis tempered glass yang lainnya yakni laminated tempered glass. Kaca ini sedikit berbeda dari kaca yang diperkuat lainnya karena sudah memiliki lapisan laminasi yang terdapat pada satu atau kedua bagian kaca tersebut. Fungsi dari lapisan laminasi adalah untuk membuat kaca menjadi lebih aman apabila terkena benturan benda tumpul. Pecahan kaca tidak akan tersebar dan akan menempel dengan aman karena adanya lapisan laminasi tersebut.

Kaca jenis ini umumnya ditemui pada tempat yang membutuhkan perlindungan lebih seperti pesawat terbang, teller bank hingga kendaraan khusus bagi anggota masyarakat yang membutuhkan perlindungan lebih.

  1. Reflective Tempered Glass

Apakah Anda menginginkan sebuah privasi lebih? Maka Anda bisa menggunakan reflective tempered glass yang sudah ditempelkan lapisan yang memiliki permukaan seperti sebuah cermin yang bisa memantulkan refleksi dengan baik. Kaca jenis ini sangatlah aman untuk digunakan sebagai cermin, karena apabila cermin terjatuh maka pecahannya tidak akan mencelakai orang lain.

  1. Tinted Tempered Glass

Jika Anda tinggal pada daerah yang panas, maka akan membutuhkan tinted tempered glass sebagai solusi utamanya. Kaca ini sudah dilapisi dengan lapisan berupa lembaran film yang tipis dan sudah memiliki warna. Fungsi dari warna tersebut adalah untuk mengurangi panas matahari yang masuk ke dalam ruangan sehingga bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

  1. Frosted Tempered Glass

Untuk pengaplikasian yang lebih bersifat privasi, selain menggunakan reflective tempered glass, Anda juga bisa memanfaatkan frosted tempered glass. Kaca jenis ini memiliki permukaan yang sedikit kasar dan sengaja untuk dibuat supaya tidak bisa tembus pandang secara penuh seperti kaca biasa. Anda masih bisa melihat sedikit bayang-bayang di baliknya tetapi tidak akan bisa mengenali dengan jelas sama sekali. Kaca jenis ini banyak diaplikasikan untuk kaca di kamar mandi, seperti pada tempat shower.

 Itulah beberapa keunggulan menggunakan tempered glass dan jenisnya. Semoga bermanfaat!