Apakah Anda sedang mencari material yang terbaik untuk plafon rumah? Memang benar, material plafon rumah banyak sekali dan kerap kali membuat bingung untuk memilihnya.

Perlu diperhatikan bahwa plafon rumah tentunya akan digunakkan dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih. Nah, dari sekian banyak plafon, plafon kalsiboard patut Anda pertimbangkan. Simak penjelasan berikut tentang kelebihan dan kekurangan kalsiboard plafon.


Mengenal Kalsiboard

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan kalsiboard, mari mengenal tentang kalsiboard. Plafon ini memiliki papan yang tebal dan memiliki kekuatan yang baik. Namun, kalsiboard juga memiliki kekurangannya tersendiri.

Bahan yang digunakkan kalsiboard adalah campuran bahan dari semen, serat selulosa, dan pasir silika. Campuran bahan tersebut kemudian dipanaskan dengan tekanan dan suhu yang tinggi. 

Kalsiboard terdapat banyak jenis dan setiap jenis  memiliki ketebalan dan fungsi tersendiri. Contohnya, terdapat jenis kalsipart yang sering digunakkan untuk partisi ruangan, dan ada juga tembok luar rumah.  Nah yang sering digunakan sebagian besar orang yaitu kalsiboard ling dan kalsirata.


Kelebihan Material Kalsiboard untuk Plafon

Kini, material kalsiboard cukup terkenal sehingga selalu dicari orang-orang untuk membuat plafon. Hal ini karena keunggulan yang ditawarkan oleh kalsiboard. Mari simak kelebihan kalsiboard plafon di bawah ini:

  1. Daya Tahan yang Baik

Material kalsiboard terkenal dengan daya tahannya dari material lainnya. Hal ini

disebabkan oleh material yang tidak mudah berjamur saat dalam keadaaan lembap. Selain itu, kalsiboard tahan air, api, dan rayap. Hal ini membuat kalsiboard lebih

awet dan lama.

  1. Kalsiboard Lebih Kuat

Kalsiboard mempunyai sifat yang lentur dan kuat. Meski lentur, material kalsiboard tetap memiliki kekuatan yang mumpuni. Oleh karena itu, kalsiboard cocok untuk Anda yang ingin membuat rumah melengkung karena tidak akan kurang kekuatannya.


Baca juga: 9 Inspirasi Model Plafon Gypsum untuk Menambah Estetika


  1. Kalsiboard Mudah Dirawat

Dengan daya tahan yang baik, hal ini menjadikan kalsiboard awet dan tidak perlu banyak perawatan. Meski ada noda bekas tetesan air hujan, Anda hanya perlu mengamplasnya.

  1. Kalsiboard Muda Dipasang

Jika Anda tidak ingin repot memasang plafon, kalsiboard adalah pilihan yang benar. Material kalsiboard sengaja dibuat dengan proses pemasangan yang mudah dibandingkan dengan material lainnya.

  1. Kalsiboard Aman untuk Kesehatan

Selain daya tahannya yang baik, kalsiboard baik untuk kesehatan karena materialnya mengandung asbes yang dapat memicu kanker paru-paru.  Selain itu, kalsiboard juga tidak mempunyai getas sehingga tidak akan ada serbuk yang jatuh.


Baca juga: Agar Rumah Makin Ciamik, Yuk Kenali Jenis Lis Plafon Berikut!


Kelemahan Material Kalsiboard untuk Plafon

Tentunya, di setiap kelebihan juga ada kekurangan. Berikut adalah kelemahan material kalsiboard:

  1. Kalsiboard Dapat Menyusut

Memang betul, kalsiboard memiliki daya tahan yang baik tetapi material kalsiboard juga peka terhadap perubahan cuaca. Seringnya saat musim hujan, kalsiboard mengembang sehingga ukuran kalsiboard membesar. Namun, ketika musim panas, kalsiboard biasanya menyusut  sehingga bisa terjadi keretakan.

  1. Kalsiboard Memerlukan Kerangka

Meskipun kuat tetapi material kalsiboard membutuhkan kerangka untuk lebih kuat lagi. Kerangka diperlukan untuk menopang kalsiboard, ini akan membantu jika kalsiboard mengalami keretakan atau penyusutan.

  1. Kalsiboard Kurang Estetik

Kalsiboard tidak bisa dimodifikasi seperti kalsiboard lainnya yang membuatnya kurang estetik. Hal ini menjadi masalah jika Anda senang dengan keindahan karena tidak bisa dimodifikasi atau diubah desainnya.

Nah, itu dia kelebihan dan kekurangan material kalsiboard yang perlu Anda pertimbangkan. Bagaimana, tertarik untuk menggunakannya?