Selamat ya atas pembangunan rumah Anda! Sudahkah Anda memasang alat listrik di rumah baru? Bagi yang sedang membangun rumah baru, perlu Anda ketahui tentang alat listrik yang wajib ada di rumah.

Alat listrik adalah segala Peralatan listrik yang digunakkan untuk membantu energi listrik.

Ternyata, banyak sekali yang harus disiapkan agar aliran listrik di rumah tidak mengalami gangguan. Maka dari itu, inilah daftar alat-alat listrik yang perlu Anda siapkan untuk rumah baru. Berikut nama peralatan dan fungsinya. 

  1. Stop Kontak

Stop Kontak Dinding

 

 Stop kontak yang bagus adalah yang memiliki daya cengkram yang kuat meski sering digunakan. Anda dapat menguji bagusnya stop kontak Anda dengan memasukkan lalu mencabutnya berulang kali. Perhatikan bagian dalam stop kontak yang terdapat penjepit arde. Lalu, jika Anda melihat penjepit arde dalam keadaan sempurna maka stop kontak tersebut dalam kondisi yang baik.

  1. Saklar

Saklar Dinding

 Saklar selalu kita jumpai menempel pada dinding. Saklar yang berkualitas baik akan terdengar lembut ketika Anda menekannya. Hal ini karena saklar tersebut mempunyai sistem pegas yang berkualitas baik. Sebaiknya Anda memilih saklar yang berlogo SNI untuk keamanan rumah dan juga terjamin kualitasnya.

 Selain itu, bahan casing saklar terbuat dari polycarbonate yang membuat saklar lebih aman digunakkan karena daya tahan terhadap panas yang tinggi sehinga mengurangi risiko saklar hangus atau terbakar. Desain saklar juga dapat disesuaikan dengan konsep rumah.

  1. Steker Listrik

Steker Listrik di Tembok

Steker adalah alat listrik yang terdapat pada ujung kabel. Steker listrik memiliki 3 buah elektroda untuk menghindari kebocoran listrik dan biasanya digunakkan untuk peratalatan elektronik dengan watt yang cukup besar.


Baca juga: Golongan & Cara Menambah Daya Listrik Rumah


  1. Fitting Lampu

Fitting Lampu Gantung

Fitting lampu merupakan tempat meletakkan lampu bohlam. Dari bentuknya, terlihat ada fitting plafon yang menempel pada plafon, fitting colok, fitting gantung yang terpasang langsung pada stop kontak. Desain pada fitting lampu banyak sekali mulai dari bahan dan ukuran yang unik seperti plastic atau keramik.

  1. Pengaman Listrik

Pengaman Listrik (Box)

Ketika listrik padam di rumah, tentunya Anda pernah mendengar istilah sekring putus. Sekring atau MCB (Miniature Circuit Breaker) yaitu komponen penting untuk keamanan peralatan listrik atau rangkaian elektronik.

Alat ini terdapat sebuah kawat yang halus dan akan terputus atau meleleh jika aliran listrik mengalir berlebihan atau dinamakan korsleting listrik. Dengan padamnya listrik, terdapat manfaatnya yaitu untuk mencegah bahaya kebakaran

  1. Ballast Lampu

Jika Anda ingin menggunakan Tubular Lamp, sebaiknya juga sertakan ballast lampu untuk menyeimbangkan arus listrik agar bekerja secara stabil dana wet. Ballast elektronik memiliki 2 jenis yaitu elektronik transformer dan elektronik trafo dan sering digunakkan karena efisiensi daya yang sangat baik. Kedipan lampu terjadi dengan frekuensi tinggi sehingga lebih ringan dan tidak mengganggu mata.

  1. Meteran Listrik

Meteran Listrik Outdoor

Anda wajib memiliki alat listrik rumah tangga bernama meteran listrik untuk mengukur besarnya daya yang digunakkan dalam rumah. Angka di atas ini akan bergerak sesuai pemakaian listrik di rumah Anda.

  1. Multiplug

Multiplug portable

Multiplug mempunyai lebih dari satu stop kontak sehingga bermanfaat untuk Anda yang memiliki banyak kebutuhan akan tenaga listrik untuk peralatan elektronik Anda. Jenis multiplug sekarang sangat beragam mulai dari kabel panjang dengan stop kontak atau single multi plug.


Baca juga: Korsleting Listrik: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya


  1. Pelindung Instalasi Listrik

Pelindung/pengaman Instalasi Listrik

 

 Peralatan instalasi listrik berfungsi untuk melindungi kabel atau penghantar listrik yang terdiri dari pipa pvc, pipa union, dan pipa fleksibel. Selain sebagai pelindung instalasi, juga akan membuat instalasi lebih aman dan terlihat rapi.

  1. Arde atau grounding

Arde / grounding

Sistem grounding atau Arde memberikan peluang pada penghuni rumah untuk tidak terkena listrik dan terhindar dari kerusakan alat-alat elektronik dalam rumah. Arde melindungi listrik utama ketika tegangan listrik tinggi atau kebocoran dan  langsung dialirkan ke dalam tanah. Arde penting sekali untuk perlindungan alat-alat  listrik  dan kebocoran listrik.

Itu dia 10 jenis alat kelistrikan dan fungsinya. Dengan adanya alat listrik di atas ini, instalasi listrik dapat terjaga dan berfungsi dengan baik. Untuk yang sedang membangun rumah, jangan lupa untuk menyiapkan alat listrik di atas ya!