PVC atau Polivynil Chloride merupakan salah satu material bangunan yang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan pipa air. Polivynil chloride memiliki ketahanan yang kuat terhadap tekanan air oleh karena itu bahan ini menjadi material yang tepat untuk  membuat pipa. Namun selain untuk pipa, polivynil chloride dapat digunakan untuk membuat plafon. Plafon PVC adalah plafon yang terbuat dari bahan polivynil chloride. 

Anda juga dapat memilih plafon dengan bahan polivynil chloride ini untuk atap rumah agar atap rumah tetap kokoh. Dengan begitu, Anda dapat mengaplikasikannya di berbagai bangunan seperti rumah, sekolah, gedung perkantoran, dan lain sebagainya.

 

Ketahanan Plafon PVC 

Saat ini, sudah banyak orang menggunakan plafon polivynil chloride untuk atap rumah. Hal ini dikarenakan plafon PVC memiliki beberapa kelebihan yang dapat dinikmati oleh konsumen. Salah satunya adalah harga plafon polivynil chloride yang terjangkau serta bahan polivynil chloride tidak mudah dimakan rayap. Karena bahan PVC atau polivynil chloride dikenal tahan kuat terhadap tekanan air maka dipastikan pula plafon yang menggunakan bahan polivynil chloride ini menjadi akan tahan air sehingga tidak mudah bocor dan tahan lama.

Plafon polivynil chloride juga memiliki model yang beragam, Anda akan menemukan opsi model plafon polivynil chloride seperti model plafon PVC mewah ataupun model plafon yang minimalis. Jika Anda menyukai kemewahan maka Anda bisa memilih model plafon polivynil chloride yang mewah. Tentunya, Anda harus menyesuaikan model plafon dengan warna dan karakteristik rumah. Plafon dengan model mewah ini biasanya memiliki harga yang lebih tinggi daripada plafon dengan model lain.


Baca juga: Kenali 8 Jenis Material Plafon, Jangan Sampai Salah Pilih


Jika Anda memiliki rumah minimalis dan menyukai hal – hal yang sederhana, Anda bisa memilih model plafon PVC minimalis untuk menghiasi atap rumah. Banyak orang juga menggunakan plafon dengan model minimalis ini untuk atap rumah mereka.

Selain model plafon, Anda juga perlu memperhatikan kecocokan antara motif plafon PVC dengan rumah Anda. Hal ini akan membantu rumah Anda terlihat lebih apik dan match dengan segala komponen yang ada di dalam rumah. Motif plafon dengan bahan polivynil chloride sangatlah beragam, Anda bisa menemukan referensi motif plafon polivynil chloride di internet ataupun mendatangi toko plafon PVC terdekat untuk melihat – lihat motifnya. Setiap model plafon polivynil chloride dengan motif yang berbeda – beda juga akan memiliki harga yang berbeda – beda.

 

Biaya Plafon PVC per Meter

Harga plafon PVC per meter adalah sekitar 150.000 hingga 350.000 rupiah. Namun Anda tak harus membelinya per meter, Anda juga bisa membelinya langsung 1 kardus dan tentunya dengan harga yang berbeda.

Biasanya 1 dus plafon polivynil chloride berisi 15 lembar, namun terdapat beberapa merk plafon yang hanya mengisi 1 dus dengan 10 lembar plafon saja, harga plafon PVC per dus 2021 ini sekitar 750.000 rupiah bias lebih atau kurang tergantung motifnya. Sesuai dengan harga plafon polivynil chloride  1 dus, Anda nantinya juga akan dapat menghitung harga plafon PVC per lembar. Plafon ini harus dipasang di atap sesuai dengan ukuran rangkanya secara umum.

 

Baca juga: 11 Desain Plafon Rumah Mewah Terbaik yang Pantas Ditiru


Ukuran Rangka Plafon PVC

Ukuran rangka plafon polivynil chloride yang paling umum adalah 60 x 80 cm. biasanya, semua tukang yang akan membantu memasang plafon sudah mengetahui ukuran tersebut. plafon PVC terbaik adalah yang asli memiliki bahan dasar polivynil chloride. plafon polivynil chloride juga memiliki keunggulan yang dapat dipertaruhkan saat akan memilih jenis plafon untuk atap rumah. 

Demikian informasi seputar plafon PVC, dari pertimbangan harga, ukuran rangka, hingga daya tahan. Semoga dapat membantu Anda menemukan plafon bagus yang terjangkau.