MUSTIKALAND.CO.ID - Plafon atau bagian langit-langit rumah yang berhubungan dengan atap kerap kali dianggap bagian yang tak penting sehingga amat sering dibuat tanpa desain. Meski bukan bersifat unsur struktural, plafon rumah memberikan nilai estetika tersendiri bagi pemiliknya. Plafon rumah mewah bisa diciptakan bukan hanya dari harga unsur-unsur bahan pembuatannya tetapi juga dari desain yang ditampilkan. 

Meski begitu, kamu tak perlu khawatir untuk mengeluarkan kocek mahal. Pasalnya, kamu bisa menciptakan sendiri desain plafon mewah, klasik, minimalis, atau modern dengan harga terjangkau. Untuk membantumu berimajinasi, berikut 11 desain keren plafon mewah yang bisa kamu contek.

Plafon Rumah Mewah dengan Desain Panel Cekung

Plafon dengan panel cekung sangat cocok diaplikasikan pada rumah yang ruangannya simetris. Plafon cekung bisa didapatkan dengan menata serangkaian balok dekoratif dengan pola dan ukuran yang sama serta menambahkan lampu-lampu mungil kuning di tiap cekungan. Warna soft pada plafon dan ruangan akan menampilkan kesan ruangan yang mewah nan elegan.

Plafon Rumah Mewah dengan Lampu Drop

Pemasangan lampu drop ceiling plafon memang menampilkan gaya rumah yang luas dan megah. Tak perlu banyak-banyak, cukup satu atau dua untuk mempertegas keindahan ruangan. Jenis plafon dengan lampu drop ini sangat cocok diaplikasikan dengan rumah minimalis atau pada ruangan yang memiliki warna dekorasi alami seperti warna kayu.

Plafon Rumah Mewah dengan Cahaya Pantulan

Ide cahaya pantulan didapat dari pemasangan bohlam atau menggunakan lampu LED yang diselipkan dalam celah tersembunyi di antara bagian plafon. Pemasangan dengan konsep seperti ini harus sangat teliti dan cermat karena semua bagian ruangan harus mendapat cahaya yang merata. Jangan sampai ada bagian yang jadi blank spot (gelap). Ide seperti ini membuat ruangan jadi makin nyaman.

Plafon Rumah Mewah Konsep Saling Silang

Hampir menyerupai konsep panel cekung, saling silang hanya bermain dengan gaya penataan pola saja. Gaya ini akan terkesan makin mewah dengan penambahan lampu gantung hias di bagian center. Sementara pilihan warna soft tetap harus diutamakan di bagian plafon.

Plafon Rumah Mewah dari Kayu

Bermain dengan elemen kayu? Siapa takut. Penambahan unsur alami kayu pada rumah justru memberi kesan natural dan fresh. Ide ini cocok untuk plafon rumah sederhana tapi menampilkan gaya mewah. Kamu bisa mengatur bilah kayu dengan penambahan sedikit ruang-ruang agar tampilan warnanya senada dengan ruangan. Selain itu, coba tambahkan lampu-lampu gantung untuk memberi cahaya yang manis pada malam hari.

Plafon Rumah Mewah dengan Parket Kayu

s

Biasanya parket kayu digunakan untuk area lantai ya. Namun siapa sangka parket kayu bisa ditampilkan sebagai plafon rumah mewah. Parket kayu untuk plafon bisa dibentuk secara vertikal atau zig-zag sesuai dengan kreasimu. Pastikan warna perabotan sudah senada dengan parket kayu agar warnanya menyatu. Untuk menambah kesan lapang, gunakan lampu indirect di sekeliling plafon.

Plafon Rumah Mewah Perpaduan Kaca dan Kayu

Model rumah kaca ternyata bisa dikreasikan dengan kayu loh. Kreasi ini bisa diterapkan pada bagian plafon bahkan menyatu menjadi jendela rumah juga. Untuk membuatnya semakin unik, buatlah bentuk-bentuk bangun ruang yang beragam seperti hexagonal, jajar genjang, dan segitiga. Pembuatan dengan konsep seperti gambar tersebut memang agak rumit ya sehingga perlu didesain dengan teliti.

Plafon Rumah Mewah yang Menyatu dengan Dinding

Pernah kebayang gak sih buat plafon model begini? Artistik banget dengan desain yang sangat sederhana. Kunci dari gaya plafon ini adalah model lengkungan pada plafon yang kemudian diselipkan lampu berwarna cerah. Pada bagian dinding juga diaplikasikan hal yang sama. Bentuk aliran sungai seperti ini sangat unik. Harmonisasi warna pada bagian plafon dan furniture dalam ruangan juga perlu diperhatikan. Meski begitu, menampilkan gaya seperti ini justru membuat bagian dinding tak perlu tambahan hiasan.

Plafon Rumah Mewah Gaya Tak Beraturan

Masih dengan menggunakan panel cekung, motif tak beraturan bisa kamu ciptakan pada plafon seperti tampak pada gambar diatas. Tampilan plafon minimalis yang tak simetris ini tetap terlihat elegan dan stylish. Cocok banget diaplikasikan pada ruang kerja dan kantor. Gunakan pula model kursi dan meja yang modern agar tercipta gaya yang klop.

Plafon Rumah Mewah Minimalis Miring

Sebenarnya tanpa kita sadari banyak banget rumah-rumah yang menggunakan desain plafon minimalis miring. Selain membuat bentuk ruangan makin cantik, plafon dengan bentuk miring memberi nilai estetika tersendiri. Apalagi dipercantik dengan bagian yang ditutup kaca dan tambahan parket kayu. Cahaya matahari pagi akan mengisi ruangan dan membuat kesan luas dan segar.

Plafon Rumah Mewah Bergaya Industrial

Bukan hanya coffee shop saja yang bisa dibuat gaya industrial, rumah idaman pun bisa. Kamu bisa membuat bagian plafon dengan menggunakan plafon eternit atau yang biasa disebut asbes. Desain industrial dapat diciptakan dengan pembuatan saluran pipa, pemanas, dan ventilasi di bagian plafon.  Bukan hanya membuat tampilan jadi unik dan nampak kokoh, penggunaan eternit juga sangat mudah, tahan terhadap api, ringan bahannya, dan harganya cukup murah.

Plafon ruang tamu mewah kini dapat kamu ciptakan dengan desain dan bahan yang sederhana. Gak perlu takut untuk bermain dengan berbagai elemen yang menurutmu dapat diubah menjadi tampilan bernilai estetik. Jika kamu memiliki dana lebih, cobalah berkonsultasi dengan ahlinya. Selamat berkreasi!

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perumahan Mustika Land silahkan hubungi kami:
Mustika Care
: 0812-8006-5200 (WhatsApp)