MUSTIKALAND.CO.ID - Pondasi merupakan bagian penting dan paling awal dikerjakan pada pembangunan. Pondasi harus direncanakan dengan baik seperti memilih tipe pondasi yang cocok pada suatu bangunan dan lahan yang digunakan. Pondasi sendari memiliki beberapa model yakni pondasi batu kali, pondasi  sumuran, pondasi beton lajur dan masih banyak lainnya. Yang paling umum dan banyak digunakan adalah pondasi batu kali. Pondasi batu kali adalah pondasi yang disusun dari bahan batu kali yang biasa kita temukan di area sungai.

Mengapa banyak pondasi batu kali yang digunakan pada bangunan? Apa sebenarnya kelebihannya? Nah, artikel kali ini akan membahas lebih dalam tentang pondasi jenis tersebut dengan melihat karakteristik, kelebihan , kekurangan, hingga perbandingannya dengan pondasi jenis lain.

Pengertian Pondasi Batu Kali

Pengertian Pondasi Batu Kali

Pondasi batu kali merupakan jenis pondasi dangkal yang digunakan pada bangunan dengan beban ringan seperti rumah tinggal. Pondasi batu kali tersusun dari sekumpulan batu alam dengan bentuk yang berbeda beda, lalu dicampur dengan bahan pengikat seperti semen dan beton agar lebih solid dan kuat.

Batu kali sendiri merupakan material  yang mudah ditemukan di area sungai maupun pegunungan. Dalam proses pemasangan sebagai pondasi, batu kali tidak akan diubah bentuk maupun ukurannya. Karakter batu kali yang kuat dan kokoh membuat bangunan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Oleh karenanya, pondasi batu kali merupakan pilihan terbaik untuk struktur bangunan rumah tinggal.

Karakteristik Pondasi Batu Kali

Karakteristik Pondasi Batu Kali

Sebelum mendirikan bangunan, ada baiknya kamu mengetahui karakteristik suatu pondasi batu kali sebagai bahan pertimbangan dalam proses pembangunan. Nantinya, karakteristik ini akan mempengaruhi bagaimana kecocokan dengan kondisi lingkungan, kondisi tanah, dan kondisi keuangan. Berikut beberapa karakteristik pondasi batu kali yang harus diketahui.

1.       Konstruksi yang Sederhana

Pondasi batu kali merupakan konstruksi yang sangat sederhana dan mudah. Dibanding jenis pondasi lainnya, pondasi batu kali merupakan yang paling mudah dikerjakan dan praktis. Dengan menggunakan pondasi ini, pengerjaan dapat dilakukan dengan cepat.

2.       Pemasangan yang Praktis

Karena konstruksi yang sederhana, pemasangan pondasi batu kali pun sangat praktis. Cukup dengan menambahkan bahan solid sebagai penyatu seperti semen, pondasi batu kali sudah dapat dikerjakan dengan tingkat kekuatan konstruksi yang baik. Pondasi ini juga sangat fleksibel karena ukurannya dapat disesuaikan dengan lebar bangunan.

3.       Efisiensi Waktu Pengerjaan

Konstruksi sederhana dan proses pemasangan yang ringkas tentu akan membuat efesiensi waktu pengerjaan. Dengan begitu, tukang dapat mengerjakan bangunan dengan cepat dan sekaligus memangkas biaya pengerjaan.

4.       Biaya Terjangkau dan Mudah Ditemukan

Karena batu kali mudah ditemukan di berbagai wilayah baik di pegunungan maupun sungai, harga belinya pun menjadi sangat terjangkau. Oleh karenanya, batu kali banyak diminati orang.

Perbandingan dengan Pondasi Beton Lajur

Perbandingan dengan Pondasi Beton Lajur

Pondasi batu kali dan pondasi beton lajur memang jadi pilihan yang sering digunakan dalam proses pembangunan rumah. Keduanya tentu memiliki keunggulan masing-masing sehingga banyak diminati. Sebelum menilik perbandingannya, ada baiknya mengenal pondasi beton lajur. Pondasi beton lajur merupakan jenis pondasi yang terbuat dari beton bertulang sehingga konstruksinya makin kuat.

Pondasi beton lajur memerlukan galian tanah sedikit, dibanding batu kali yang memerlukan galian tanah minimal 60 cm. Pondasi dengan batu kali memerlukan bahan yang cukup banyak. 1 m2 membutuhkan sekitar 125% batu kali. Sementara, penggunaan pondasi dengan beton lajur jauh lebih hemat.

Dari segi berat, pondasi batu kali cukup berat dibanding penggunaan beton lajur yang sangat ringan. Dengan struktur yang ringan, tanah tidak mendapat tekanan yang berat dari pondasi beton lajur, sehingga mengurangi resiko ambles.

Perbandingan dengan Pondasi Cakar Ayam

Perbandingan dengan Pondasi Cakar Ayam

Pondasi cakar ayam merupakan salah satu pondasi bangunan yang digunakan hampir di seluruh konstruksi bangunan di berbagai belahan dunia. Disebut cakar ayam, karena pondasi ini menyerupai kaki hewan unggas ayam. Proses pemasangan  pondasi ini menggunakan pipa pipa beton yang akan mencengkeram kuat tanah di bawahnya sehingga bangunan akan semakin kokoh.

Jika dilihat dari jenis tanah, cakar ayam sangat cocok diaplikasikan di berbagai macam tanah baik lembek maupun keras. Sementara pondasi batu kali kurang cocok digunakan pada tanah lembek. Pada cakar ayam, tidak membutuhkan sistem drainase karena pondasinya dipenuhi dengan isian beton yang padat dan kuat. Meski pondasi cakar ayam membutuhkan biaya yang lebih besar daripada pondasi batu kali, hasil yang diberikan tentu lebih baik dan lebih kuat.

Kelebihan Pondasi Batu Kali

Kelebihan Pondasi Batu Kali

Jika melihat dari karakteristik pondasi batu kali, tentu kita dapat melihat berbagai kelebihan yang dimiliki. Seperti kemudahan dalam proses pengerjaan, efisiensi waktu pengerjaan, biaya yang dikeluarkan relatif terjangkau, serta bahan yang dapat diperoleh sangat mudah. Kelebihan ini bisa kamu cocokkan kembali dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki oleh para pemilik bangunan.

Kekurangan Pondasi Batu Kali

Kekurangan Pondasi Batu Kali

Tak hanya kelebihan, pondasi batu kali tentu memiliki kekurangan yang harus pula diperhatikan. Seperti tidak cocok digunakan pada tanah lembek, kurang cocok untuk diaplikasikan pada bangunan bertingkat karena sistem konstruksinya yang sederhana, gampang muncul retakan yang terjadi karena proses alam dan ketahanan terhadap air sangat kurang. Oleh karena itu, perlu pertimbangan menggunakan pondasi batu kali pada tanah yang tidak stabil.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang pondasi batu kali. Tapi, kamu tak perlu risau memikirkan pondasi apa yang akan kamu gunakan pada bangunanmu. Dengan berinvestasi rumah Mustika Park Place, kamu bisa mendapatkan bangunan yang kokoh dan kuat, sangat cocok sebagai tempat tinggal.

Mustika Park Place Setu Bekasi menjamin kualitas terbaik pada bangunan dan area sekitar tempat tinggal. Bahkan, Mustika Park Place yang berlokasi di Jl. Burangkeng Raya, Setu ini juga menjadi hunian asri yang berkonsep SAFE (Smart Active Function Eco). Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan kenyamanan hidup di Mustika Park Place.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].