MUSTIKALAND.CO.ID - Merajut masa depan yang lebih baik harus dimulai sedini mungkin bukan? Semua persiapan baik karir maupun asmara juga perlu ada targetan dari sekarang. Tidak hanya itu, membeli properti termasuk rumah bahkan kini sudah bisa Kamu mulai terlebih jika sudah memiliki penghasilan yang tetap meskipun dengan gaji yang tidak terlalu besar asalkan tahu cara menabung untuk membeli rumah impian Kamu. 


Lantas, cara apa saja sih yang bisa Kamu lakukan agar dapat membeli rumah tanpa mengurangi biaya kebutuhan sehari-hari? Yuk simak ulasannya untuk siapkan diri Kamu sedini mungkin agar dapat lebih cepat hidup mandiri.

Buat Rencana Keuangan yang Rinci

Buat Rencana Keuangan yang Rinci


Langkah awal yang harus Kamu tempuh adalah membuat rencana keuangan yang rinci mulai dari pemasukan hingga pengeluaran. Dengan demikian, Kamu bisa memisahkan banyaknya anggaran yang diperlukan untuk membeli rumah impianmu nantinya. 


Perencanaan yang baik hingga perhitungan yang tepat akan membantu Kamu untuk memanajemen keuangan dengan bijaksana. Jangan lupa untuk memperhitungkan keperluan mendesak sehingga tidak akan mengganggu porsi keuangan awal yang telah ditetapkan sebelumnya.

Tentukan Besaran Cicilan

Tentukan Besaran Cicilan


Setelah membuat rencana keuangan yang rinci, Kamu akan mengetahui kemampuanmu membayar atau mencicil rumah tanpa mengganggu kebutuhanmu setiap harinya. Kamu perlu menentukan persentase cicilan, usahakan tidak lebih dari 30% agar Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Meski cicilan tidak terlalu besar dan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencicil, setidaknya Kamu memiliki komitmen dan konsisten dalam mencicil.

Ikut Program Rumah KPR

Ikut Program Rumah KPR


Jika Kamu memiliki penghasilan 1 hingga 4 juta, membeli rumah dengan membayar cash merupakan hal yang cukup sulit sehingga ikut program KPR baik non subsidi maupun subsidi dapat menjadi pilihan yang tepat. Program KPR (Kredit Pemilikan Rumah) ini diselenggarakan oleh bank kepada nasabah yakni berupa fasilitas kredit untuk kebutuhan membeli maupun merenovasi rumah. Tidak semua orang bisa mendapatkan atau mengikuti program KPR subsidi, karena syarat dan ketentuannya diatur oleh pemerintah.


Sedangkan, KPR non subsidi ditujukan untuk kalangan umum dan bank akan menetapkan semua persyaratannya termasuk suku bunga. Salah satu contohnya adalah Mustika Park Place yang juga menjadi rumah idaman karena memiliki lingkungan yang luas dan juga fasilitas yang lengkap.

Menabung dalam Bentuk Emas

Menabung dalam Bentuk Emas


Cara lain yang bisa Kamu lakukan untuk mulai menabung adalah membeli emas. Mengapa Kamu merekomendasikan cara ini? Emas merupakan bentuk investasi yang nilainya cenderung stabil karena tidak terpengaruh oleh inflasi sehingga cocok untuk Kamu jadikan investasi jangka panjang. Menabung dalam bentuk emas ini juga ideal bagi Kamu yang hingga saat ini masih belum bisa menabung atau memiliki gaya hidup yang boros. Jika tertarik menggunakan cara ini, ada baiknya Kamu mempelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan menabung emas untuk masa depan.

Menekan Gaya Hidup Boros

Menekan Gaya Hidup Boros


Menekan gaya hidup boros juga merupakan salah satu cara ampuh untuk menabung agar bisa membeli atau mencicil rumah. Sikap konsumtif ini biasanya dialami atau cenderung terjadi saat baru menerima gaji, oleh karena itulah perencanaan keuangan yang baik akan membantu atau bisa juga mengikuti cara yang sebelumnya yakni disimpan dalam bentuk emas. Gaya hidup boros ini juga bisa Kamu ketahui dengan mencatat pengeluaran setiap harinya sehingga pada bulan berikutnya bisa Kamu evaluasi bagian mana yang harus dikurangi atau ditekan pengeluarannya sehingga dapat menabung dengan baik.

Menyisihkan dan Konsisten Menabung

Menyisihkan dan Konsisten Menabung


Cara berikutnya adalah menyisihkan dan konsisten dalam menabung meskipun dalam jumlah kecil sehingga hal ini bisa dimulai sedini mungkin, jadi tidak begitu memberatkan Kamu ketika akan membeli rumah. Kamu bisa membuka dua tabungan yang berbeda agar tidak tercampur dengan biaya kebutuhan hidup sehari-hari sehingga kecil kemungkinan untuk memakainya. Menyisihkan uang di awal gajian merupakan hal yang tepat, terlebih lagi jika Kamu melakukannya dengan konsisten setiap bulannya. Cara ini tidak memungkinkan Kamu untuk mendapatkan rumah impian lebih cepat dari perkiraan.

Bebas dari Cicilan Lainnya

Bebas dari Cicilan Lainnya


Membayar cicilan rumah tentu saja tidak membutuhkan waktu yang singkat terlebih jika besaran cicilan cukup kecil. Oleh karena itulah, Kami menganjurkan agar Kamu bebas cari cicilan lainnya seperti motor, mobil dan lain sebagainya. 


Cara ini dirasa akan lebih baik dibandingkan jika Kamu memiliki banyak cicilan sehingga anggaran untuk kebutuhan sehari-hari tidak terganggu karena kesehatan dan kebutuhan diri juga harus terpenuhi dengan baik meskipun Kamu sedang mencicil rumah. Setuju?


Itulah cara-cara yang bisa Kamu lakukan untuk mulai menabung membeli rumah. Jika Kamu kini belum berpenghasilan namun sudah mulai memikirkan untuk hidup mandiri dengan cara membeli rumah, menabung sedikit demi sedikit dari sekarang akan sangat bermanfaat. 


Namun, tidak ada kata terlambat juga bagi Kamu yang sudah memiliki pekerjaan dan ingin memiliki rumah dengan menabung dari sekarang karena menabung untuk memiliki sebuah rumah bukan perkara berapa banyak yang Kamu sisihkan dari seberapa konsisten dan kuatnya keinginan Kamu untuk memiliki sebuah rumah dan mulai hidup mandiri. Yuk mulai dari sekarang!


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.