Semua orang tentu ingin punya rumah. Sayangnya, harga rumah semakin meningkat, beriringan dengan meroketnya biaya hidup. Namun, tak perlu terlalu khawatir, ada beberapa tips menabung untuk beli rumah yang dapat Anda terapkan. 

Sebab, memiliki rumah pada dasarnya bukanlah hal yang tidak mungkin. Asalkan Anda berusaha dengan baik, target pembelian hunian pasti tercapai.

Ikuti 10 Tips Ini Agar Rumah Impian Segera Terbeli!

Anda dapat mengikuti 10 tips ini agar rumah impian dapat segera terbeli di tengah desakan memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari:

1. Mengumpulkan Informasi

Tips pertama adalah Anda wajib untuk mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan. Mulai dari harga rumah dan besaran DP. Informasi ini adalah untuk patokan tentang berapa besar dana dan waktu yang Anda butuhkan untuk menabung.

Selain itu, penting untuk mengetahui rekening yang cocok untuk menyimpan tabungan. Sebagai saran, pilihlah rekening yang tidak menetapkan biaya administrasi yang besar.

2. Membuka Rekening Tersendiri

Tips kedua adalah menindaklanjuti tips pertama, dengan membuka rekening tabungan tersendiri. Tujuanya adalah agar dana pada tabungan ini tidak tercampur dengan dana untuk tujuan yang lain. Ini akan menjadi bantuan untuk Anda menjaga kedisiplinan diri dalam menabung.

3. Jangan Membuka Utang Baru

Tips menabung untuk beli rumah berikutnya adalah jangan tergoda untuk membuka utang baru, selama dalam masa menabung untuk pembelian rumah. Justru, Anda malah harus melunasi semua utang lebih dahulu.

Pelunasan utang akan membantu agar besaran dana yang Anda sisihkan untuk tabungan menjadi lebih besar. Sedangkan tidak membuka utang baru adalah agar pos anggaran untuk tabungan dapat terjaga konsistensinya.

4. Menyimpan Bonus

Jika Anda seorang pegawai, biasanya perusahaan akan memberikan bonus tahunan dan THR. Anda sebaiknya menyimpan bonus ini untuk menambah jumlah tabungan untuk membeli rumah.

Sedangkan jika Anda adalah seorang pengusaha, Anda dapat menyimpan penghasilan lebih dari target yang terlampaui.

5. Evaluasi Pengeluaran

Tips berikutnya adalah terus melakukan evaluasi pengeluaran harian. Tujuannya adalah untuk menghemat, sehingga dapat menambah dana tabungan. Contohnya adalah mengurangi penggunaan alat elektronik, sehingga dapat meringankan biaya listrik.

6. Memantau Perkembangan Berita

Tips menabung untuk beli rumah berikutnya Anda harus terus memantau berita tentang bank yang menyediakan fasilitas KPR. Setiap bank memiliki waktu-waktu tertentu, dimana memberikan promo bunga yang lebih rendah. Misalnya adalah saat ulang tahun bank tersebut.

Anda harus benar-benar mengumpulkan informasi dari berbagai bank, untuk membandingkan satu sama lain. Dengan demikian, pada waktunya, Anda akan mendapatkan harga terbaik.

7. Berteman dengan Orang yang Mendukung

Berteman dengan orang-orang yang mendukung atau memiliki tujuan sama akan sangat berpengaruh. Sebab, Anda tidak hanya dapat saling berbagi informasi penting, tetapi juga saling memberi dukungan sosial. 

Misalnya adalah bahwa mereka dapat mengerti mengapa Anda terus menolak ajakan untuk makan di luar, karena harus berhemat.

8. Optimalkan Penghasilan Tambahan

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan rumah impian adalah dengan mengoptimalkan penghasilan tambahan. Contohnya adalah mengerjakan projek sampingan secara freelance. Cara ini akan membuat tabungan Anda lebih cepat mencapai target.

9. Preloved

Tips menabung untuk beli rumah selanjutnya adalah mencoba menjual barang-barang yang sudah tak Anda gunakan secara preloved. Misalnya, jika Anda memiliki sepeda atau alat olahraga lain yang sudah tidak Anda manfaatkan. 

Selain mendapatkan uang tambahan, Anda dapat membebaskan space pada ruang penyimpanan.

10. Menjaga Konsistensi

Tips terakhir sebagai yang terpenting adalah menjaga konsistensi. Inilah kunci untuk bertahan hingga mencapai target. Misalnya, Anda menargetkan untuk mengumpulkan Rp200.000.000,00 dalam setahun. Satu bulan saja Anda kehilangan konsistensi, maka target tersebut pasti meleset.

Yuk, Segera Beli Rumah Impian!

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa tips agar Anda berhasil menabung untuk membeli hunian impian. Selain menabung, Anda juga harus menentukan hunian terbaik bagi Anda dan keluarga, agar upaya keras menabung membuahkan hasil yang manis.

Salah satu yang dapat Anda pilih adalah rumah dari Developer berpengalaman puluhan tahun yang telah sukses menyelesaikan 12 proyek perumahan, yakni Mustika Land. Karena menawarkan hunian modern nan minimalis dengan harga terjangkau. 

Properti dengan beragam fasilitas ini layak Anda dapatkan setelah menerapkan tips menabung untuk beli rumah. 

Salah satu fasilitas unggulan yang dapat Anda terima, yakni Pengolahan Air Bersih Mandiri, sehingga Anda tidak perlu takut akan kehabisan air di rumah. Karena pihak perumahan langsung yang akan turun tangan dalam pengelolaan sumber air. 

Selain itu, ada pula Internet Fiber Optic, Danau Resapan Anti Banjir, Area Niaga, hingga lokasi perumahan yang dekat pintu tol dan berbagai fasilitas publik.