MUSTIKALAND.CO.ID - Komunitas adalah tempat yang nyaman bagi banyak orang dengan banyak fungsi, seperti sebagai wadah memiliki banyak koneksi, menyalurkan hobi, atau bahkan untuk meningkatkan perekonomian. Banyak sekali bertebaran komunitas kecil maupun besar berdasarkan kesamaan hobi serta visi yang ingin dicapai. Namun, tidak semua dapat membangun komunitas solid dan kompak loh. Wah, kenapa?

Faktanya, di dalam sebuah komunitas, ada banyak kepala,ide, pemikiran yang berbeda-beda. Walhasil, akan selalu ada perbedaan-perbedaan pendapat yang ditemui dalam pengambilan keputusan sederhana sekalipun. Oleh karenanya, penting untuk sebuah kepala komunitas dan anggotanya memahami cara-cara membangun komunitas yang baik, solid, dan kompak.

Manfaatkan Sosial Media

Manfaatkan Sosial Media


Sosial  media merupakan wadah yang tepat untuk mempromosikan sebuah komunitas. Bahkan ada banyak cara membangun komunitas online hanya melalui media sosial tanpa perlu bertemu tatap muka. Luasnya persebaran berita lewat media sosial bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan keberadaan komunitas loh.

Intinya, adalah membuat sosial media selalu aktif berbagai kegiatan atau hal-hal menarik lainnya yang berkaitan dengan komunitas. Sesekali, buat konten yang lucu dan menghibur, namun masih berkaitan erat dengan komunitas yang kamu miliki.

Selain dikenal media, dengan adanya komunitas online di sosial media, bukan tidak mungkin jika kamu akan mendapat kemudahan dalam setiap aktivitas, misalnya pada saat penggalangan dana untuk korban bencana.

Jadwal Rutin Kopi Darat

Jadwal Rutin Kopi Darat

Kopdar alias kopi darat ini jadi hal wajib yang harus dilakukan oleh komunitas entah sebulan sekali saja. Pasalnya, kopdar jadi sarana yang tepat untuk mengakrabkan diri antar sesama anggota di komunitas. 

Berbincang-bincang hal ringan sambil ngopi bersama tentu akan meningkatkan keintiman antar anggota. Dengan begitu, visi dan misi pada suatu anggota dapat dicapai dengan mudah.

Kopdar juga bisa diisi dengan kegiatan-kegiatan menarik yang bisa menyenangkan anggota loh, seperti mengadakan game berhadiah di sela-sela acara. Dengan rutin melakukan kopdar, kekompakan komunitas kamu akan semakin terjaga.

Bukan hanya lewat kopdar, dengan memiliki hunian yang nyaman dan asri, kamu bisa menciptakan komunitas di dalamnya. Hunian perumahan yang nyaman tentu akan menciptakan lingkungan dan mind yang segar bagi para penghuninya. Salah satunya dengan tinggal di Mustika Park Place Setu Bekasi.

Hunian yang berada di kawasan segar ini pastinya akan membuat para penghuni perumahan merasa lebih segar, rileks dan tenang. Apalagi dengan segala fasilitas dan keunggulan yang dimilikinya. 

Mustika Park Place menerapkan keseimbangan tata-ruang antara komunitas sosial dan eko-sistemnya dengan ruang terbuka hijau yang menjadi paru-paru perumahan, yang berada di kawasan Setu Bekasi. Dengan harga mulai 400 jutaan, Mustika Park Place menawarkan berbagai fasilitas yang Lengkap. Diantaranya:

• Taman Hijau & Danau Resapan sbg. tempat wisata

• Club House yang melengkapi Swimming Pool

• Sarana Olahraga : Lapangan Basket

• Area Niaga & Mini Market


Selain Sertifikat Hak Guna Bangunan sudah siap, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) telah ada dan PBB juga sudah pecah. Menariknya lagi, di sini kamu terbebas dari biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan balik nama serta pajak. Jadi, tunggu apalagi, segera miliki rumah impian di Mustika Park Place, Setu Bekasi.

Melibatkan Anggota Komunitas

Melibatkan Anggota Komunitas

Wajib bagi semua anggota untuk terlibat dalam pengambilan keputusan, hal-hal mengenai kebutuhan komunitas dan lainnya yang berkaitan dengan perkembangan komunitas. Oleh karenanya, kepala komunitas harus memastikan bahwa setiap anggotanya merasa dihargai dengan pendapat yang diberikan.

Anggota pun tidak perlu cemas menyampaikan pendapatnya. Pasalnya, banyak pendapat yang tak tersampaikan karena rasa tak PD menyebabkan unek-unek yang justru akan membuat tak nyaman berada dalam komunitas.

Untuk lebih fleksibel, dapat dilakukan polling setiap pengambilan keputusan sehingga apapun hasilnya dapat diterima dengan lapang dada. Misalnya, saat memutuskan untuk melaksanakan tour antar kota, semua anggota wajib memberikan polling untuk kota pilihan yang akan dijadikan tujuan touring bareng.

Branding Komunitas

Branding Komunitas

Dalam dunia nyata, komunitas butuh branding yang tepat, biasanya melalui pakaian atau aksesoris. Misalnya, membuat baju komunitas, topi yang sama dengan logo komunitas, dan lain sebagainya. Selain menunjukkan keberadaan komunitas dalam dunia nyata, hal ini juga berdampak pada kesenangan anggota.

Dalam prakteknya, anggota merasa dimiliki dan dihargai dengan memiliki kostum atau aksesoris yang sama dengan semua anggota. Mereka merasa diterima dan akhirnya menjadikan komunitas sebagai wadah berbagai. Jika sudah begitu, komunitas akan mampu bertahan lama. Tapi, usahakan budgetnya tidak memberatkan para anggota ya. 

Mengutamakan Visi dan Misi Anggota

Mengutamakan Visi dan Misi Anggota

Dalam sebuah komunitas, penting untuk membuat program dan visi misi yang jelas sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam komunitas bisa terwujudkan. Begitupun saat mengalami konflik antar anggota, visi dan misi harus diutamakan sehingga setiap anggota harus menurunkan egonya masing-masing.

Kepala komunitas pun harus aktif mencari solusi untuk setiap pertikaian yang terjadi dalam anggota dan mengingatkan seluruh anggota akan visi misi yang wajib dilaksanakan oleh semua anggota. Dengan begitu, dapat tercapai kekompakan dan kesolidan dalam komunitas.

Mudah bukan membangun komunitas solid dan kompak? Ini semua harus dipraktekkan dalam komunitas kamu dan jangan sampai jadi teori belaka ya.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.