Semakin banyak penduduk, maka kebutuhan akan tempat tinggal semakin tinggi. Rumah kontrakan menjadi salah satu alternatif bagi keluarga yang membutuhkan hunian. Nah, karena demand rumah kontrakan yang cukup tinggi, Anda bisa mengambil keuntungan nih jadi juragan kontrakan!. Tidak hanya bisa mendapatkan passive income per bulannya, Anda juga bisa menabung untuk hari tua nanti! 

Dalam ulasan kali ini, kami telah merangkum berbagai inspirasi desain rumah kontrakan yang minimalis. Sudah siap mau jadi juragan? 


Berbagai Desain Rumah Kontrakan 

1. Kontrakan Bersekat

Kontrakan Model Bersekat

Nah, yang pertama ada desain rumah kontrakan petakan yang memiliki sekat antara penghuni yang lainnya. Inilah model rumah kontrakan 2 pintu yang sering dijumpai di Indonesia. 

2. Kontrakan Berpagar


Kontrakan Model Berpagar

Inspirasi desain selanjutnya adalah rumah kontrakan yang dilengkapi dengan pagar. Berbeda dengan model sebelumnya, desain rumah ini lebih memiliki privasi bagi penghuninya dengan tambahan pagar di depan. 


Baca juga: Intip 5 Desain Rumah Industrial Low Budget


3. Rumah Kontrakan Dengan 1 Kamar

Rumah Kontrakan Dengan desain 1 Kamar

Nah, selanjutnya ada denah rumah kontrakan dengan 1 kamar di dalamnya. Dilengkapi dengan ruang tamu di depan, ruang tidur di tengah, serta kamar mandi, dapur dan taman di bagian belakang yang dipisah dengan sekat. Inilah denah rumah kontrakan yang sering kita jumpai. 

Denah rumah ini yang berukuran 3m x 9m, cocok untuk pasangan baru, dan keluarga kecil. 

4. Rumah Kontrakan Desain 2 Lantai

Rumah Kontrakan 2 lantai

Untuk Anda yang memiliki budget lebih, Anda dapat tiru desain rumah kontrakan 2 lantai seperti ini. Dengan 2 lantai, Anda dapat membuat sekitar 5-6 kontrakan seperti pada gambar di atas. Anda bisa menempatkan tangga di bagian luar rumah kontrakan, agar tidak mengganggu penghuni kontrakan di lantai bawah. 

5. Rumah Kontrakan Desain 3 Lantai 


Rumah Kontrakan 3 Lantai

 Selain desain 2 lantai, Anda juga dapat membuat rumah kontrakan 3 lantai. Pada bagian tengah rumah, Anda bisa membuat ruang berkumpul dengan menempatkan meja dan kursi seperti pada gambar kontrakan di atas. 

Rumah kontrakan ini dapat ditempati 12 penghuni sekaligus! Semakin banyak penghuni, semakin besar passive income Anda setiap bulannya.  

6. Rumah Kontrakan Dengan Pagar Tinggi


Rumah Kontrakan Dengan Pagar Tinggi

Selain rumah kontrakan dengan pintu yang banyak, Anda juga dapat tiru desain rumah kontrakan yang minimalis ini. Untuk rumah ini, dapat ditempati 2 penghuni. 

Untuk menambah privasi penghuni kontrakan, Anda dapat menggunakan pagar rumah yang cukup tinggi. Dengan begitu, penghuni dapat menempatkan kendaraan motor di dalamnya. 

7. Rumah Kontrakan Dengan Sekat Tinggi 

Rumah Kontrakan Dengan Sekat Tinggi

Jika Anda memiliki rumah kontrakan dengan 1 pagar, Anda bisa membuat sekat yang tinggi antara penghuni rumah untuk privasi. Selain itu, pada desain kontrakan ini, penghuni kontrakan Anda juga dapat memarkir kendaraannya karena lahan yang cukup luas. 


Baca juga: 9 Inspirasi Desain Rumah Leter L Sederhana


Apa yang Harus Dipersiapkan?

Sebelum membangun rumah kontrakan idaman Anda, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelumnya secara matang, yaitu sebagai berikut:

1. Pahami Pengeluaran 

Dengan memiliki rumah kontrakan, pastinya ada pengeluaran tahunan seperti untuk budget maintenance, listrik, maupun biaya tidak terduga. Dengan begitu, Anda dapat menentukan berapa biaya sewa yang dibebankan kepada calon penghuni kontrakan Anda. 

2. Cari Lokasi Strategis 

Selain memperhatikan pengeluaran rumah kontrakan, Anda juga perlu mencari lokasi strategis untuk rumah kontrakan Anda. Seperti contoh lokasi dekat dengan pusat kota, perkantoran, ataupun universitas. Dengan begitu, Anda akan cepat mendapatkan calon penghuni kontrakan.

3. Fasilitas Sekitar Rumah Kontrakan

Terdapat beberapa pertimbangan sebelum seseorang memutuskan untuk menyewa kontrakan. Antara lain; fasilitas angkutan yang memadai, dekat dengan pasar, ataupun dekat dengan sekolah. Oleh sebab itu, pastikan Anda survey lokasi terlebih dahulu sebelum menetapkan lokasi pembangunan rumah kontrakan Anda. 

4. Sediakan Internet 

Internet saat ini telah menjadi kebutuhan yang tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari. Untuk menambah kenyamanan penghuni kontrakan Anda, Anda perlu memasang internet yang memadai di rumah kontrakan Anda. 

5. Menggunakan Agen Penyewa Rumah 

Saat ini sudah banyak media online untuk membantu mengiklankan rumah kontrakan Anda. Namun, jika Anda tidak sempat karena kesibukan rutinitas, Anda juga dapat menggunakan jasa agen penyewa rumah. Sangat mudah bukan?

Nah, itulah ulasan kali ini mengenai berbagai inspirasi desain rumah kontrakan untuk Anda yang ingin merintis usaha properti. Selain Anda dapat membuat rumah kontrakan sendiri, Anda juga dapat investasi properti melalui Mustika Park Place yang memiliki berbagai fasilitas memadai. Yuk cek sekarang juga!