MUSTIKALAND.CO.ID - Alat pemadam api ringan atau APAR merupakan salah satu peralatan yang harus ada di setiap rumah atau bangunan. Alat ini nantinya akan sangat berguna jika rumah atau tempat kerja Anda mengalami kebakaran. Dengan memiliki alat ini, Anda akan lebih mudah untuk mengatasi api sehingga bisa meminimalisir risiko kebakaran yang lebih besar.

Tidak bisa dipungkiri jika risiko kebakaran bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Kondisi ini bisa saja terjadi karena berbagai faktor seperti adanya konsleting listrik, kebocoran gas bahkan puntung rokok sekalipun. Kebakaran bisa menimbulkan kerugian besar jika tidak segera diatasi dengan cepat. Maka dari itu, penting memiliki alat pemadam api ringan ini sebagai salah satu langkah antisipasi agar kebakaran tidak semakin besar dan merambat kemana-mana.

Saat ini ada banyak jenis APAR yang bisa Anda temukan di pasaran. Akan tetapi sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan Anda telah mengenal jenis-jenis APAR terlebih dahulu karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Tipe Alat Pemadam Api Ringan Berdasarkan Cara Kerjanya

Jenis atau tipe APAR bisa dibedakan berdasarkan beberapa hal salah satunya dari cara kerjanya. Berdasarkan cara kerjanya, APAR dibedakan menjadi dua tipe, yaitu :

1. APAR Stored Pressure System

APAR stored pressure system merupakan tabung pemadam api yang menggunakan tekanan langsung. Tekanan tersebut sudah bercampur dengan media pemadam langsung dari dalam tabung. Jadi Anda tidak perlu membuka dan menutup katup untuk menggunakannya. Meskipun menawarkan cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang mudah, akan tetapi kelemahan alat ini adalah jika sudah habis tidak bisa dilakukan pengisian ulang sendiri.

2. APAR dengan System Cartridge Pressure

Untuk APAR tipe ini, tekanan belum dicampur menjadi satu dengan media pemadam meskipun kedua bahan tersebut sudah berada di dalam satu tabung. Akan tetapi, APAR jenis ini tidak dilengkapi dengan alat ukur tekanan di bagian luar sehingga Anda harus mengeluarkan cartridge dan menimbangnya secara manual jika ingin mengetahui isinya. Kelebihan dari APAR jenis ini adalah Anda bisa melakukan pengisian ulang tabung sendiri dengan mudah tanpa harus meminta bantuan tenaga ahli.

Baca Juga: Daya Listrik Rumah: Golongan & Cara Menambah Daya Listrik Rumah

Jenis APAR Berdasarkan Media Pemadamnya

Jenis alat pemadam api ringan yang selanjutnya bisa dibedakan berdasarkan media pemadamnya. Jenis-jenisnya antara lain:

1. APAR Water/Air

Seperti namanya, APAR jenis ini berisi air dengan tekanan tinggi. APAR water umumnya memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan tipe yang lainnya. Alat ini biasanya digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas A atau kebakaran yang disebabkan oleh bahan padat non logam seperti kertas, plastik dan kain. Akan tetapi APAR jenis ini sangat tidak disarankan untuk kebakaran kelas C yang diakibatkan oleh instalasi listrik bertegangan.

2. APAR Foam atau Busa

Alat pemadam api jenis ini berbentuk busa yang terbuat dari bahan kimia. Busa yang dikeluarkan oleh APAR jenis ini biasanya disebut dengan busa Aqueous Film Forming Foam. APAR foam ini biasanya digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas B yang disebabkan oleh bahan cair mudah terbakar seperti bensin, alkohol, minyak, solvent dan lain sebagainya.

Busa dari alat pemadam ini bekerja dengan cara menutup bakan yang terbakar serta akan mencegah oksigen masuk ke dalam api. Dengan cara ini, api akan lebih mudah untuk dipadamkan. Harga alat pemadam api ringan ini lebih mahal jika dibandingkan dengan tipe water.

3. APAR Dry Chemical Powder atau Serbuk Kimia

Jenis APAR yang selanjutnya adalah dry chemical powder. Alat pemadam api jenis ini berisi serbuk kering kimia yang merupakan kombinasi dari bahan ammonium sulphate dan mono ammonium. Bahan ini sangat efektif untuk memisahkan oksigen dari api dengan cara menyelimuti bahan yang terbakar. APAR jenis ini biasanya digunakan untuk mengatasi semua kelas kebakaran mulai dari A, B dan C.

4. APAR CO2 atau Karbon Dioksida

Seperti namanya, alat pemadam api ringan CO2 berisi gas karbon dioksida yang sangat efektif untuk memadamkan kebakaran kelas B dan C. Akan tetapi, APAR CO2 lebih sering digunakan untuk kebakaran kelas C yang diakibatkan oleh instalasi listrik bertegangan. Kondisi ini biasanya paling sering terjadi karena konsleting listrik sehingga menimbulkan percikan api dan menyebabkan kebakaran.

Baca Juga: 8 Pelapis Dinding Terbaik, Bikin Dinding Rumah Lebih Awet

Cara Menggunakan APAR yang Benar

Alat pemadam api portable ini biasanya dirancang agar mudah digunakan oleh masyarakat umum. Akan tetapi agar fungsi APAR bisa maksimal dan bekerja dengan baik, Anda harus bisa menggunakannya dengan benar. Dalam menggunakan APAR, biasanya dikenal dengan rumus T-A-T-A yaitu tarik, arahkan, tekan dan ayunkan. Berikut ini penjelasan lengkap tentang cara menggunakan APAR yang benar dengan rumus T-A-T-A:

  1. Tarik pengait pin pengaman yang ada di alat pemadam api ringan

  2. Arahkan pangkal selang ke pusat api dengan benar dan tepat

  3. Tekan pemicu pada APAR untuk menyemprotkan bahan pemadam yang ada di dalam tabung

  4. Ayunkan bahan pemadam yang keluar dari tabung ke seluruh api yang menyala

Tips Memilih APAR untuk Rumah Tangga

APAR merupakan salah satu alat yang harus Anda persiapkan di rumah. Akan tetapi pemilihan APAR yang digunakan di rumah juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini Anda perlu mengenali terlebih dahulu potensi dan penyebab kebakaran yang mungkin saja terjadi. 

Dengan begitu Anda bisa memilih APAR yang tepat apakah APAR powder, water, cartridge atau foam. Secara umum potensi kebakaran di rumah yang paling umum adalah kelas A dan kelas C. Jadi jenis APAR yang paling cocok untuk rumah tangga adalah APAR water atau APAR CO2. 

Selain memperhatikan potensi dan penyebab kebakaran, Anda juga perlu mempertimbangkan ukuran ruangan. Biasanya satu tabung pemadam api ringan yang berukuran 2 kg hanya efektif untuk ruangan dengan ukuran 3x4 meter saja. Jadi untuk berjaga-jaga satu rumah, Anda bisa memilih alat pemadam api berat yang berukuran 6 kg.

Sebagai langkah antisipasi, ada baiknya pilih APAR all in one atau jenis serbuk kimia karena bisa mengatasi kebakaran dari berbagai kelas mulai dari kelas A, B hingga C. Dengan cara seperti ini, kamu tidak perlu mempersiapkan banyak tabung pemadam api di rumah dan bisa menggunakannya dalam kondisi apapun.

Itulah jenis alat pemadam api ringan yang perlu Anda ketahui. Saat ini mungkin belum banyak orang yang menyediakan APAR di rumah. Padahal alat ini akan sangat berfungsi jika terjadi kebakaran kecil di rumah. Dengan menyediakan APAR anda bisa mengatasi kebakaran dengan lebih mudah sehingga bisa meminimalisir kerugian yang lebih besar. Jadi mulai sekarang, pastikan siapkan alat pemadam api ringan ini di rumah Anda, ya!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].