MUSTIKALAND.CO.ID - Umumnya, hunian tempat tinggal didesain dengan mementingkan fungsi estetika saja. Orang berlomba-lomba menciptakan rumah yang mewah dan apik dipandang oleh lingkungan sekitarnya tanpa melihat aspek lingkungan. Padahal, dengan menerapkan eco house design, rumah bukan hanya tampil beda, tapi juga mampu mengurangi masalah lingkungan.

Eco house belum banyak diterapkan pada masyarakat Indonesia karena minimnya pengetahuan tentang eco house itu sendiri. Serta keinginan masyarakat membangun rumah pada versinya masing-masing tanpa melihat faktor lingkungan. Lalu, bagaimana sebenarnya apa itu eco house design? Apakah material yang digunakan pada eco house berbeda? Simak ulasan lengkapnya!

Pengertian Eco House

Pengertian Eco House

Eco house atau rumah ramah lingkungan adalah rumah yang didesain secara khusus dengan memperhatikan faktor lingkungan mulai dari penggunaan energinya, lingkungan hijau, dan aspek ramah lingkungan lainnya.

Eco house bisa menjadi salah satu cara mengurangi kerusakan lingkungan dan penggunaan energi yang berlebihan. Eco house dapat terwujud dengan sempurna melalui perencanaan yang matang dan dikonsultasikan dengan ahlinya. Meski terbilang rumit, eco house design mampu memberi manfaat bagi penghuni, lingkungan, hingga masyarakat di sekitarnya.

Syarat Penerapan Eco House

Syarat Penerapan Eco House

Bagaimana sih desain yang tepat pada rumah ramah lingkungan? Apa saja unsur yang harus diperhatikan pada hunian eco house? Perihal ini tentu harus dilakukan secara saksama, pasalnya mendesain rumah ramah lingkungan tentu membutuhkan perencanaan khusus. Lalu apa saja yang  perlu diperhatikan pada desain eco house?

Memperhatikan Material yang Digunakan

Jika biasanya masyarakat senang menggunakan kayu sebagai elemen dalam rumah, maka konsep eco house fokus pada penggunaan material selain kayu, seperti baja ringan dan lainnya. Penggunaan cat pula harus menggunakan pilihan yang bukan berasal dari alam karena dapat mengurangi keberlangusngan habitat alam itu sendiri.

Menciptakan Lingkungan Hijau

Meski tak ada unsur segar dalam rumah, kamu bisa menggunakan taman sebagai penyegar dan pemberi warna hijau untuk ruangan. Namun perlu diperhatikan bagaimana sistem taman tersebut. Taman harus dibuat dengan memperhatikan tata lingkungan, misal harus dapat menyediakan biopori atau sistem resapan di sekitar lingkungan rumah.

Seperti halnya lingkungan hijau yang diperuntukkan bagi penghuni kawasan Mustika Park Place Setu Bekasi, kawasan hijau nan asri yang cocok sebagai hunian keluarga.

Mustika Park Place menerapkan keseimbangan tata-ruang antara komunitas sosial dan eko-sistemnya dengan ruang terbuka hijau yang menjadi paru-paru perumahan, yang berada di kawasan Setu Bekasi. Dengan harga mulai 400 jutaan, Mustika Park Place menawarkan berbagai fasilitas yang Lengkap. Diantaranya:

  • Taman Hijau & Danau Resapan sbg. tempat wisata

  • Club House yang melengkapi Swimming Pool

  • Sarana Olahraga : Lapangan Basket

  • Area Niaga & Mini Market

Selain Sertifikat Hak Guna Bangunan sudah siap, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) telah ada dan PBB juga sudah pecah. Menariknya lagi, di sini kamu terbebas dari biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan balik nama serta pajak. Jadi, tunggu apalagi, segera miliki rumah impian di Mustika Park Place, Setu Bekasi.

Membuat Sirkulasi Udara dan Cahaya Alami

Daylight factor adalah analisis untuk mengetahui banyaknya cahaya matahari yang masuk ke ruangan. Hal tersebut akan mengurangi penggunaan energi listrik dengan tetap memperhatikan sisi ruang lainnya agar tidak terlalu panas dan silau.  

Sementara itu, terdapat wind analysis untuk sistem sirkulasi udara. Perlu adanya penelitian pada arah, pola, dan kekuatan angin pada daerah tersebut. Tujuannya agar ventilasi udara yang dibuat berfungsi maksimal dan efisian sehingga tidak menjadi hiasan rumah semata.

Sistem Sanitasi atau Pembuangan Limbah

Contoh nyata dalam penerapan sanitasi adalah dengan membuat teknologi biofil pada septic tank. Ini akan membuat semua kotoran dan limbah yang masuk akan terurai secara alami sehingga tidak menyebabkan penumpukan limbah yang menyebabkan bau tak sedap dan penimbunan kotoran yang membusuk.

Manfaat Eco House

Manfaat Eco House

Meski cukup rumit dan membutuhkan bantuan ahli dengan budget yang besar, eco house dapat memberi manfaat besar bukan hanya bagi penghuni, tapi juga bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Apa saja sih manfaat eco house.

Hemat Energy

Energy listrik adalah hal paling krusial yang dibutuhkan masyarakat. Jika diperhatikan, energy listrik yang ada masih sangat kurang dari kebutuhan masyarakat akan listrik. Itulah sebabnya masih banyak terjadi pemadaman bergilir. 

Kurangnya energi listrik juga bisa disebabkan oleh pemakaian listrik di siang hari karena rumah yang kurang pasokan matahari. Padahal, dengan menerapkan eco house, masyarakat tak perlu bingung menggunakan listrik di siang hari. Tentu akan semakin banyak energi yang dihemat.

Membantu Menjaga Ekosistem Alam

Penggunaan bahan alam yang terus menerus digunakan tanpa batasan tentu akan merusak ekosistem alam tersebut. Jika ekosistem rusak, maka akan mempengaruhi segala aspek dalam hidup manusia, bahkan bisa menyebabkan bencana alam. Dengan menerapkan eco house, kita tak perlu lagi merusak ekosistem alam, sehingga kelestariannya dapat terjaga. Eco house design ternyata cukup mudah diterapkan dan memiliki manfaat luar biasa dalam jangka lama ya. Oleh karenanya, perlu sekali merencanakan pembangunan yang tepat.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.