Harga perumahan di Karawang relatif meningkat setiap tahunnya. Walaupun setiap daerah pada dasarnya mengalami hal yang sama, Karawang sebenarnya adalah daerah strategis yang berpotensi.

Sebagai bagian dari daerah penyangga ibukota Jakarta, Karawang justru bergerak semakin agresif untuk menjadi wilayah mandiri. Jika Anda saat ini sedang mencari rekomendasi perumahan, artikel ini dapat menjadi rujukan informasi yang membantu.

Mengapa Karawang?

Karawang merupakan salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Jawa Barat. Letaknya sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil dari Kota Jakarta Timur. Oleh karena cukup dekat dengan Ibu Kota Jakarta, daerah ini berkembang dengan cukup cepat.

Sampai saat ini, ada beberapa perusahaan ternama yang membuka kantor dan pabrik di daerah ini, antara lain PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), Toyota Indonesia, Yamaha, GS Battery, Honda, hingga Bright Stone.

Transformasi Karawang menjadi kawasan industri, berhasil mendongkrak wilayah ini menjadi daerah yang maju. Tak hanya itu, UMK wilayah ini juga tercatat paling besar, yaitu Rp5.176.179,07 per tahun 2023.

Kedua alasan ini agaknya sudah cukup untuk mengambil keputusan terbaik membeli properti di daerah dengan potensi perkembangan yang menarik ini.

Kisaran Harga Perumahan di Karawang

Berikut ini adalah gambaran tiga kategori harga properti pada daerah yang sedang berkembang pesat ini:

1. Dibawah Rp200 Juta

Kisaran pertama adalah yang dibawah Rp200.000.000,00. Rumah dengan harga ini umumnya adalah rumah subsidi. Pertimbangan terpenting adalah rumah dengan harga relatif murah seperti ini biasanya membutuhkan banyak biaya dalam perbaikan. 

Selain itu, kemungkinan lokasinya cukup jauh dari pusat kota dan fasilitas pendukung lain.

2. Kisaran Harga Rp200 - Rp400 Juta-an

Kategori kedua adalah harga menengah yang banyak menjadi incaran konsumen saat ini, yaitu Rp200.000.000,00 hingga Rp400.000.000,00-an. Rumah dengan harga ini biasanya memiliki luas dan fasilitas yang cukup ideal.

Dengan harga ini juga, Anda sudah bisa mendapatkan lokasi yang cukup strategis. Seperti mendekat ke kawasan industri dan pusat perbelanjaan.

3. Harga Lebih dari Rp400 Juta-an

Sedangkan kategori ketiga adalah yang lebih premium, yaitu lebih dari Rp400.000.000,00-an. Dengan harga ini, Anda mungkin sudah bisa mendapatkan rumah kecil dua lantai.

Aspek yang Mempengaruhi Harga

Harga perumahan di Karawang memang cukup bervariasi. Agar lebih memiliki bahan pertimbangan, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi latar belakang perbedaan harga pada setiap perumahan:

1. Luas Tanah dan Bangunan

Aspek pertama adalah luas tanah dan bangunan. Mudah untuk memahami aspek pertama ini. Semakin luas tanah dan bangunan, tentu saja konsumen perlu membayar lebih mahal.

Luas tanah yang cukup umum saat ini adalah 60 m2 dan 72 m2. Tanah dengan luas ini cukup untuk keluarga kecil. 

2. Akses ke Fasilitas Umum

Aspek kedua adalah ke fasilitas umum, antara lain menuju gerbang tol dan stasiun. Selain itu, fasilitas umum lain yang turut mempengaruhi harga adalah ketersediaan tempat ibadah, sekolah, ATM, supermarket, dan sebagainya.

Semakin lengkap fasilitas umum yang mudah terjangkau, biasanya harga rumah akan semakin tinggi.

3. Lingkungan yang Mendukung Kenyamanan

Aspek ketiga yang turut mempengaruhi harga perumahan di Karawang adalah lingkungan dalam perumahan itu sendiri. Misalnya adalah desain rumah, luas jalan depan rumah, adanya taman bermain anak, keamanan, dan sebagainya.

Mari Membuat Pilihan Pembelian Rumah Terbaik!

Membeli rumah adalah keputusan besar. Sebab, Anda akan tinggal pada rumah dan lingkungan tersebut dalam waktu yang relatif lama. Maka, Anda harus membuat pertimbangan dengan matang. Mulai dari harga perumahan di Karawang hingga fasilitasnya.

Pilihan terbaik adalah harga yang terjangkau dengan fasilitas yang mumpuni sesuai dengan kebutuhan. Salah satu pilihan Anda adalah Mustika Village Karawang.

Perumahan ini jaraknya hanya 15 menit dari Gerbang Tol Karawang Timur dan hanya 15 menit ke Stasiun Klari. Benar-benar kawasan yang bebas macet. Tak hanya itu, desain rumah yang modern serta row jalan depan rumah yang lega adalah nilai tambah.