MUSTIKALAND.C0.ID - Mustika Land Group menjalin kerja sama dengan Scientex Berhad, pengembang properti terkemuka Malaysia, dan Creed Group, perusahaan investasi real estat asal Jepang untuk mengembangkan perumahan Mustika Garden Tamansari di Bekasi. Penandatanganan kerja sama telah dilakukan di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

“Tahap pertama akan kami kembangkan di lahan 5 hektar dalam waktu 3-4 tahun ke depan. Pasar yang kami bidik adalah kelas menengah,” kata David Sudjana, CEO dari Mustika Land kepada media.

Ketiga perusahaan berbagi tujuan yang sama untuk menyediakan perumahan yang terjangkau bagi pasar Indonesia dan Asia Tenggara. Kerja sama ini menggabungkan pengetahuan dan keahlian pasar lokal dari Mustika Land Group, pengalaman pengembangan properti dan teknologi konstruksi dari Scientex Berhad, dan keahlian investasi dan branding real estat dari Creed Group.

”Melalui kerja sama ini, kami bertujuan untuk mengembangkan perumahan berkualitas tinggi dan terjangkau yang memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan menciptakan nilai yang signifikan bagi konsumen dan stakeholder kami di Bekasi, Indonesia,” terang David.

Dalam pengamatannya, Creed Group melihat bahwa Indonesia mengalami pertumbuhan penduduk dan urbanisasi yang cepat. Namun, pasokan tidak dapat mengikuti permintaan perumahan, dan harga perumahan melonjak tinggi, sehingga kekurangan perumahan menjadi masalah.

Dalam kondisi ini, menyediakan perumahan yang terjangkau dapat membantu memenuhi permintaan dan menjaga harga perumahan tetap terjangkau. Pemerintah Indonesia juga memberikan dukungan yang kuat dalam pengembangan perumahan yang terjangkau, dan terdapat potensi permintaan perumahan yang besar di Indonesia yang ingin dimanfaatkan oleh para mitra.

Scientex Berhad juga melihat adanya potensi pasar properti yang besar di Tanah Air. Dengan populasi penduduknya yang besar, Scientex menilai, properti yang akan dibangun di wilayah Bekasi tersebut juga akan terserap di pasar dengan baik lantaran permintaannya tinggi.

Scientex akan membawah pengalaman dan teknologi dari Malaysia dengan harapan dapat mengaplikasikan hunian terjangkau namun berkualitas di Indonesia, sehingga akan menjadi impian masyarakat menengah di Indonesia.

David mengungkapkan, nilai Gross Development Value dari kerja sama tersebut adalah mencapai sekitar Rp250 miliar. “Estimasi Gross Development Value untuk kerjasama tahap pertama ini sebesar Rp250 miliar,” ujarnya.

Rumah Harga Terjangkau

Mustika Garden Tamansari merupakan proyek perumahan berkualitas yang kelak akan menawarkan rumah dengan harga mulai Rp500 juta sampai Rp1 miliar. Perumahan ini berlokasi di Desa Tamansari, Bekasi. Proyek seluas 20 hektar ini nantinya akan dilengkapi dengan beragam fasilitas bagi para penghuni, termasuk area komersial.

Perumahan ini, lanjut David, berada di lokasi sangat strategis, dimana hanya berjarak 8 menit saja dari dan menuju Gerbang Tol Setu Selatan (bagian ruas Jalan Tol Cimanggis – Cibitung). “Proyek ini juga dikelilingi oleh beragam fasilitas, seperti sekolah, rumah sakit, pasar dan pusat belanja yang sudah ada,” terang David.

Dengan desain konsep smart project, active living, dan fasilitas yang eco friendly, menjadikan perumahan ini pilihan yang sangat menarik bagi keluarga muda pada harga yang sangat terjangkau ini. Bahkan, cicilan KPR-nya dimulai hanya Rp4 jutaan.

Keluarga muda yang menjadi target market proyek ini akan menikmati taman hijau yang indah, danau tematik, fasilitas olah raga, tempat bermain anak dan clubhouse untuk komunitas penghuni. Perumahan ini akan menerapkan sistem cluster untuk menambah keamanan dan kenyamanan penghuninya. Area komersial juga disiapkan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari penghuni perumahan.

Selain hunian, Perumahan Mustika Garden Tamansari juga bakal dilengkapi dengan area komersial (ruko) sebanyak 24 unit yang bakal dijual dengan harga di bawah Rp1 miliar. “Harga resmi akan segera kami rilis, tetapi yang jelas masih di bawah Rp1 miliar,” ungkap David.

Sumber Referensi:
Garap Perumahan di Bekasi, Mustika Land Jalin Kerja Sama dengan Pengembang Malaysia dan Jepang