Rumah pohon tidak hanya di film saja di dunia nyata pun terdapat banyak sekali rumah pohon, dikarenakan memiliki bentuk yang menarik.

Tak jarang rumah pohon dijadikan sebagai tempat bermain anak-anak. Dengan begitu mereka betah di rumah dan tidak main ke luar maupun tempat yang jauh.

Beberapa orang tua banyak yang benar-benar terobsesi membuat rumah pohon, sehingga daripada mendesain rumah secara biasa-biasa saja, mereka akan merasa lebih baik membangun rumah pohon dengan penampilannya yang unik serta terkesan mewah. Yuk simak pembuatan rumah pohon yang sederhana.


Proses Pembuatan Rumah Pohon

Pembuatan rumah pohon susah-susah gampang dan membutuhkan kesabaran dan tenaga yang extra. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembangunan rumah pohon.

Pemilihan Pohon yang Bagus

Memilih pohon yang sehat adalah hal yang wajib dalam pembuatan rumah pohon, karena dengan pohon yang sehat rumah pohon anda kokoh dan tidak gampang rapuh.

Kualitas pohon yang bagus untuk pembuatan rumah pohon:

  • Memiliki cabang pohon yang masih bagus dan kokoh.

  • Pastikan Pohon tidak terlalu tua ataupun muda.

  • Akar pohon tertanam dengan kuat.

  • Bebas parasit yang mampu melemahkan pohon.

Jika anda masih ragu, anda bisa meminta seorang ahli yang bisa membantu memeriksa kualitas pohon sebelum anda mulai menbangun.


Baca juga: Begini Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak


Izin Kepada Dinas Kota dan Tetangga

Tahap selanjutnya anda harus mengkonfirmasikan kepada Dinas Kota untuk pembuatan rumah pohon dan pastinya anda juga sudah meminta izin kepada tetangga sekeliling lingkungan tersebut.

Memilih Material Pembuatan Rumah Pohon

Memilah material yang bagus akan berpengaruh pada energi tahan rumah yang satu ini. Hal yang perlu ditentukan merupakan material yang diseleksi haruslah ringan tetapi kokoh.
Beberapa jenis material yang bisa dipilih meliputi bambu, kayu, dan baja ringan.Untuk pohon yang kuat, seperti maple, cemara, dan pohon apel.
    Desain Rumah Pohon yang Tepat

Hal yang paling penting adalah anda sudah memiliki desain untuk pembuatan rumah pohon supaya lebih terarah dan jelas. Tidak hanya itu, yakinkan pula desain yang dipilih tidak mengganggu perkembangan pohon yang dihuni.

Tentukan Penyangga dan Akses

Banyak sekali metode yang dapat dicoba buat menopang rumah pohon. Tetapi, satu hal yang butuh diingat merupakan rumah pohon bergerak mengikuti angin. Palang geser ataupun siku- siku dapat menolong rumah tumbuhan bebas dari kerusakan.

Posisikan Rumah Pohon yang Aman

Hindarilah posisi rumah pohon yang terlalu tinggi. Pasalnya, rumah pohon ini didesain untuk anak. Hingga dari itu, keselamatan serta kenyamanan merupakan perihal yang utama.

 

Baca juga: Daftar Referensi Tempat yang Cocok untuk Liburan Keluarga

 

Interior yang Menarik

Agar anak-anak merasa betah di dalam rumah pohon sederhana, anda bisa memilih interior yang ramah anak. 

Seperti itu pembahasan mengenai panduan metode pembuatan rumah pohon serta desain-desain rumah pohon yang simpel yang bisa Anda coba. Usahakan untuk membuat desain sematang mungkin agar mempermudah saat pembangunan rumah pohon. Semoga ulasan di atas bermanfaat!