MUSTIKALAND.CO.ID - Pendidikan adalah momok penting yang ada di benak setiap orang tua. Bukan perkara yang mudah bagi orang tua sewaktu memilih sekolah untuk anak. Sebab, para orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Maka dari itu, sebelum memilih sekolah yang tepat, para orang tua perlu memikirkan banyak sekali pertimbangan.

Artikel ini akan membahas tentang syarat-syarat sekolah yang ideal. Selain itu, artikel ini juga akan mengulas cara jitu dalam memilih sekolah terbaik untuk anak, guna mempermudah Anda sebagai orang tua dalam menyeleksi sekolah yang terbaik untuk buah hati tercinta.

Sekolah yang Ideal untuk Anak

Sebenarnya sekolah yang ideal itu seperti apa? Apa saja syarat-syarat sebuah instansi pendidikan agar bisa dikatakan ideal? Berikut ini adalah syarat-syarat sekolah yang wajib Anda tahu.

Proses Belajar-Mengajar yang Teratur dan Disiplin

Kegiatan belajar-mengajar adalah faktor penting yang wajib Anda perhatikan sebelum memilih sekolah untuk anak. Sekolah yang ideal memiliki program belajar yang interaktif, disiplin, dan juga teratur. Guru wajib membuat susunan silabus untuk satu tahun ajaran. Agar para siswa bisa mendapat materi ajar sesuai kurikulum dan memenuhi kompetensi sesuai standar nasional.

Sekolah Memiliki Fasilitas yang Memadai

Tidak lupa para orang tua juga wajib memperhatikan fasilitas yang tersedia di sekolah. Sebab fasilitas di sekolah menjadi penunjang kelancaran kegiatan belajar-mengajar. Apabila sekolah memiliki fasilitas yang lengkap dan berkualitas baik, penyampaian materi ajar oleh guru akan lebih maksimal.

Baca Juga: Kenali Manfaat & Jenis Olahraga yang Sesuai untuk Anak Anak

Bangunan Sekolah yang Aman, Nyaman, dan Berlingkungan Bersih

Faktor keamanan dan kenyamanan juga tidak boleh luput dari perhatian para orang tua sebelum memilih sekolah untuk anak. Karena sekolah harus menjadi tempat yang aman, carilah lokasi sekolah yang tidak membahayakan nyawa anak-anak.

Sekolah yang memiliki lingkungan bersih juga menjadi nilai tambah di mata para orang tua. Halaman sekolah dan ruang kelas haruslah bersih, tidak ada tumpukan sampah, tidak banyak nyamuk, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Dengan belajar di tempat yang bersih, para siswa akan merasa nyaman dan tidak mudah sakit.

Mempunyai Visi dan Misi

Sebagai sebuah instansi pendidikan, sekolah wajib mempunyai visi dan misi yang jelas. Sebab dari visi dan misi tersebut menjadi salah satu acuan bagi para orang tua sebelum memilih sekolah yang tepat bagi buah hati.

Visi dan misi sekolah menjadi hal penting yang tak boleh luput dari perhatian, karena visi dan misi sekolah merupakan panduan kegiatan belajar-mengajar secara akademik maupun non-akademik.

Memiliki Akreditasi Baik

Sekolah yang ideal haruslah memiliki mutu dan kelayakan yang baik. Para orang tua bisa melihatnya berdasarkan status akreditasi sekolah. Semakin tinggi status akreditasi sekolah, maka kualitas pendidikan anak akan semakin baik dan terjamin.

Cara Memilih Sekolah untuk Anak

Setelah memahami syarat-syarat sekolah yang ideal, berikut adalah panduan cara memilih sekolah untuk anak. Demi membantu para orang tua agar bisa memilih sekolah terbaik demi sang buah hati.

Tanyakan Pendapat Anak Ketika Memilih Sekolah

Sebelum orang tua memutuskan sekolah untuk sang anak, alangkah lebih baik jika orang tua juga menanyakan pendapat anak. Sebab, anak-lah yang menjalaninya setiap hari. Jadi, para orang tua harus memahami sudut pandang anak. Libatkan anak waktu memilih sekolah.

Jangan sampai anak merasa tidak nyaman ataupun terbebani. Dorong anak agar selalu semangat ketika berangkat sekolah dan menganggap pergi ke sekolah adalah kegiatan yang mengasyikkan.

Menilik Visi dan Misi Sekolah

Para ahli menyarankan sewaktu orang tua hendak memasukkan anaknya ke dalam sebuah sekolah agar melihat visi dan misinya terlebih dulu. Sekolah yang berkualitas tinggi pasti memiliki visi dan misi yang jelas dan realistis.

Umumnya visi dan misi sekolah yang baik, memuat nilai-nilai seperti: karakter, perilaku, nilai-nilai keagamaan, keterampilan, kewirausahaan, kemandirian, akademis, dan non-akademis.

Sekolah Menyediakan Wadah untuk Kegiatan Ekstrakurikuler

Departemen Kemendikbud menyarankan bagi para orang tua saat memilih sekolah adalah tidak terpaku hanya pada aspek akademis saja. Berharap kalau para orang tua tidak lagi melabeli sekolah-sekolah tertentu sebagai sekolah internasional, sekolah favorit, ataupun sekolah unggulan.

Sebab, aspek terpenting dalam memilih sekolah adalah pilihlah sekolah yang dapat menggali dan mengoptimalkan potensi serta kemampuan para siswanya. Semua anak pasti memiliki potensi dan kecerdasan masing-masing yang tidak hanya dari segi akademis saja.

Baca Juga: 7 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Nyaman

Kurikulum

Para orang tua wajib mencermati kurikulum yang terimplementasi pada sebuah instansi pendidikan, dikarenakan seluruh kegiatan akademik dan non-akademik bersumber dari kurikulum tersebut.

Walau Kemendikbud sudah menyamakan kurikulum sekolah, tetapi setiap sekolah masih melakukan sedikit perubahan yang sesuai dengan visi dan misi masing-masing sekolah. Dari sinilah orang tua berperan untuk memilah kurikulum sekolah yang tepat untuk anak.

Tenaga Pengajar

Selain kurikulum, para orang tua juga wajib mengetahui kualitas tenaga pengajar. Sekolah yang baik haruslah memiliki guru-guru yang memiliki kompetensi dan mutu yang baik pula. Termasuk dari sikap, perkataan, dan perilakunya pada siswa.

Lokasi Sekolah

Lokasi sekolah tidak boleh luput dari pertimbangan sebelum memilih sekolah. Meski sedang pandemi, orang tua juga tetap memikirkan lokasi sekolah anak. Pilihlah sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah dan letak sekolah yang aman, sehingga anak tidak perlu menghabiskan banyak waktu di perjalanan dari rumah ke sekolah.

Ajaran Agama

Penanaman ajaran agama sangat penting untuk proses pendidikan anak-anak. Supaya anak paham tentang baik dan buruknya suatu perbuatan, memiliki adab, dan saling mengasihi sesama. Oleh karena itu, para orang tua perlu menilik aspek pendidikan agama sebelum memilih sekolah terbaik untuk buah hati.

Fasilitas Sekolah

Fasilitas penunjang sekolah juga wajib menjadi perhatian para orang tua. Perhatikan kondisi bangunan sekolah. Perhatikan ruang kelas tempat anak-anak belajar. Seperti apa ruang perpustakaan, lapangan olahraga, ruang kesenian, dan sebagainya. Fasilitas yang baik akan semakin memaksimalkan kegiatan belajar di sekolah bagi anak.

Anda tidak perlu pusing lagi mencari sekolah untuk anak, karena Mustika Village Sukamulya yang berlokasi di Cikarang, Bekasi memiliki letak yang sangat strategis. Hanya berjarak lima menit dari SDN Sukamulya, SMPN 1 Sukatani, dan SMAN 1 Sukatani. Anda pun bisa menyekolahkan anak-anak Anda di sekolah terbaik tanpa khawatir menempuh jarak yang terlalu jauh. 

Itulah cara memilih sekolah untuk anak. Para orang tua harus cermat sebelum memutuskan sekolah yang terbaik untuk anak. Jangan sampai membuat anak merasa tidak nyaman dan terbebani karena orang tua salah memilih sekolah.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.