MUSTIKALAND.CO.ID - Sudah efektifkah cara belajar Anda di rumah? Jika boleh jujur, bisa dibilang kegiatan belajar di rumah yang dilakukan banyak orang saat ini sangatlah tidak efektif. Bukan sembarang, anggapan ini diperkuat dengan penelitian yang dilakukan oleh SMERU yang menyebut bahwa kegiatan belajar di rumah yang dilakukan selama pandemi tidaklah efektif. Lantas, bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien di masa pandemi seperti sekarang ini? Untuk dapat mengetahui jawabannya, simak 7 cara belajar di rumah secara efektif, efisien dan menyenangkan berikut ini.

Jadikan Belajar Sebagai Kebutuhan

Jadikan Belajar Sebagai Kebutuhan

Menurut psikologi, cara belajar yang efektif memiliki peranan yang cukup besar dalam kemudahan penyerapan materi pelajaran yang sudah dipelajari. Agar kegiatan belajar Anda menjadi lebih efektif, maka Anda perlu merasakan kebutuhan akan belajar. Dengan perasaan butuh yang ada dalam diri Anda, maka Anda akan terpacu untuk bersungguh-sungguh dalam belajar. Jika sudah begini, Anda tidak akan lagi merasakan paksaan dalam belajar atau hanya belajar saat mood Anda sedang baik sehingga materi yang Anda pelajari lebih mudah masuk ke ingatan.

Baca Juga: 6 Tips, Manfaat & Pentingnya Olahraga Saat Pandemi Covid 19

Pilih Tempat yang Anda Sukai

Pilih Tempat yang Anda Sukai


Sama halnya dengan menjadikan belajar sebagai kebutuhan, memilih tempat belajar yang Anda sukai juga akan membuat Anda lebih mudah dalam menerima pelajaran. Hal ini terjadi karena kondisi nyaman yang Anda rasakan bisa membuat mood Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Dengan begitu Anda telah mencapai tingkat belajar secara efektif, efisien dan menyenangkan. Tidak melulu di kamar dengan meja belajar, Anda juga bisa belajar di tempat menyenangkan seperti taman, teras, samping kolam ikan dan balkon rumah.

Beri Sesi Jeda

Beri Sesi Jeda


Serius dalam belajar tentu baik, namun terlalu serius dalam belajar hingga lupa waktu juga tidak baik. Jangan pernah berpikir bahwa belajar yang efektif adalah belajar yang dilakukan terus-menerus, dalam waktu yang lama. Menurut ahli psikologi, cara belajar yang efektif justru sebaliknya yaitu dengan memberikan jeda waktu pada tiap tiap sesinya. Sederhananya, berikan waktu sejenak untuk Anda beristirahat, misalnya berbaring, mendengarkan musik atau makan cemilan.  Hal ini dimaksudkan agar otak mendapat penyegaran.


Baca Juga: 5 Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Masa Pandemi

Pelajari Kembali Pelajaran yang Sudah Dipelajari

Pelajari Kembali Pelajaran yang Sudah Dipelajari


Cara belajar efektif, efisien dan menyenangkan selanjutnya yang dapat Anda terapkan yaitu dengan mempelajari kembali pelajaran yang sudah Anda pelajari sebelumnya. Cara ini dinilai efektif dalam membantu Anda mengingat pelajaran yang sudah Anda dapatkan. Adapun cara mempelajarinya bisa dengan membaca dan menulis kembali materi tersebut.

Lakukan Diskusi

Lakukan Diskusi


Setiap orang tentu memiliki cara belajar masing-masing, ada orang yang lebih memilih belajar sendiri di rumah, namun ada juga orang yang lebih suka belajar secara berkelompok. Nah, jika Anda adalah orang yang senang belajar secara berkelompok, tidak ada salahnya Anda memanfaatkan cara tersebut untuk membuka sesi diskusi dengan rekan Anda yang lain.  Mengingat pandemi yang belum usai, sesi diskusi bisa Anda lakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi meeting. 

Jangan Fokus dengan Satu Pelajaran

Jangan Fokus dengan Satu Pelajaran


Ada yang tidak setuju dengan pernyataan ini? Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa fokus dengan satu mata pelajaran dapat membuat Anda mudah menguasai materi tersebut. Sayangnya, anggapan menyesatkan tersebut sangat bertolak belakang dengan penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association yang menyebut bahwa fokus dengan satu pelajaran tidak akan membuat Anda mengingat pelajaran tersebut dengan baik. Sebaliknya, mempelajari banyak pelajaran justru akan membantu Anda mengingat semua pelajaran dengan baik.

Buat Ujian Sendiri

Buat Ujian Sendiri


Tujuan dari belajar efektif adalah agar Anda dapat mencapai hasil memuaskan dibanding sebelumnya. Sayangnya, untuk bisa mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah, Ada perlu usaha dan kerja keras. Nah, salah satu cara agar Anda dapat mengukur sejauh mana efektifitas kegiatan belajar Anda adalah dengan membuat latihan ujian sendiri. Anda bisa membuat soal-soal ujian di kertas kemudian menjawabnya sendiri. Menurut ahli psikologi, selain untuk mengetahui sejauh mana kemampuan Anda, latihan ini juga dimaksudkan untuk membantu Anda menyiapkan mental sebelum Anda benar-benar menghadapi ujian baik di sekolah maupun kampus.


Itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan cara belajar yang efektif. Apalah arti semua cara di atas bila Anda tidak memiliki tubuh yang sehat. Untuk menunjang kegiatan belajar Anda agar lebih efektif, efisien dan menyenangkan maka Anda perlu menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana Anda bisa kapan saja terserang penyakit.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].