Jual rumah adalah jenis transaksi yang terbilang besar. Terdapat banyak aspek yang harus Anda lakukan sebelum melakukan transaksi ini. Mulai dari mengevaluasi harga, pemasaran hingga negosiasi. Namun sayangnya, hari ini, masih banyak orang yang belum memahami prosedur atau cara menjual rumah yang tepat.

Khusus untuk Anda yang berencana untuk menjual unit rumah Anda. Pada ulasan kali ini, kami telah merangkum beberapa panduan penjualan rumah yang dapat Anda ikuti untuk menjual rumah Anda dengan cepat. Penasaran? Langsung saja, simak panduan lengkapnya yang telah kami rangkum di bawah ini!

Panduan Sukses Jual Rumah

Untuk dapat menjual rumah dengan cepat dan pada harga yang tepat, terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan, sebagai berikut:

1. Evaluasi Nilai Properti Anda

Salah satu hal yang harus Anda harus lakukan sebelum proses jual rumah adalah mengevaluasi nilai rumah anda. Dalam hal ini, Anda sebaiknya melakukan riset harga properti serupa di sekitar wilayah rumah Anda dan kemudian tentukan harga yang sekiranya realistis. 

Jika Anda masih ragu dalam proses evaluasi ini, Anda dapat berkonsultasi dengan agen properti atau jasa appraisal, seperti KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik).

2. Renovasi Rumah Sebelum Dijual

Sebelum memasarkan rumah Anda, sebaiknya Anda melakukan renovasi untuk membuat kondisi rumah Anda nampak baik. Hal ini perkara wajib, khususnya jika rumah Anda telah mengalami cukup banyak kerusakan. Selain itu, bersihkan juga area sekitar rumah, agar rumah tampak bersih.

3. Manfaatkan Strategi Pemasaran Online

Pemasaran online hari ini menjadi strategi pemasaran yang sangat powerful untuk menjual sesuatu, termasuk properti. Selain terbilang lebih murah, ketimbang memasang iklan di media massa atau elektronik, jangkauan iklan online juga terbilang sangat luas.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan sejumlah situs jual properti untuk proses jual rumah Anda. Anda juga dapat memasarkan unit rumah Anda melalui platform iklan seperti Instagram Ads, Google Ads, dan lainnya. Lengkapi konten pemasaran dengan foto berkualitas serta deskripsi yang berisikan keunggulan dan fasilitas properti Anda.

4. Menggunakan Jasa Agen Properti

Selain memanfaatkan media online, Anda juga dapat menjual rumah Anda melalui agen properti. Agen properti umumnya memiliki pengalaman lebih banyak dalam penjualan properti. Selain itu, banyak agen properti yang memiliki database calon pembeli potensial untuk menjadi target pemasaran mereka.

5. Berikan Informasi yang Lengkap

Dalam proses jual rumah, memberikan informasi yang lengkap dan akurat juga adalah perkara yang penting. Hal ini akan membangun kepercayaan calon pembeli kepada Anda sebagai penjual.

Untuk bagian ini, anda sebaiknya menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari rumah yang Anda jual. Misalnya, rumah Anda memiliki masalah air, dimana airnya terkadang keruh, maka sebaiknya Anda menjelaskan kekurangan ini. Sertakan juga solusinya, misalnya Anda bersedia untuk memperbaikinya atau solusi lainnya.

6. Siapkan Dokumen Penting Terkait Penjualan Rumah

Ketika memutuskan untuk melakukan penjualan rumah, tentunya Anda harus menyediakan sejumlah dokumen terkait kepemilikan dan legalitas rumah, seperti sertifikat tanah, IMB, dan dokumen lainnya. 

Siapkanlah sejumlah dokumen tersebut sebelum Anda mendapatkan pembeli. Sehingga, ketika Anda mendapatkan pembeli, maka proses jual beli pun akan menjadi lebih cepat.

7. Tawarkan Penawaran Menarik

Untuk dapat menarik minat calon pembeli terhadap unit rumah yang Anda tawarkan, Anda dapat mencoba menawarkan beberapa insentif atau penawaran menarik untuk pembelian rumah Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan penawaran bebas BPHTB atau bebas biaya Notaris.

8. Bersiap untuk Negosiasi

Dalam jual beli properti, bukan rahasia lagi jika negosiasi adalah hal yang tidak dapat terhindarkan. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan diri Anda bernegosiasi dengan calon pembeli Anda.

Namun sebelum negosiasi ini, pastikan Anda telah mengetahui batas harga terendah dari unit rumah Anda yang tidak dapat lagi ditawar. Selain itu, upayakan untuk bersikap tenang dalam proses negosiasi dengan pihak calon pembeli.

Telah Paham Tentang Cara Sukses Jual Rumah?

Proses jual rumah adalah salah bentuk transaksi dengan nilai besar. Untuk itu, sebelum melakukannya, memahami dengan baik cara sukses menjual rumah, agar rumah Anda terjual dengan harga yang tepat dalam waktu singkat.

Adapun cara sukses tersebut sendiri meliputi evaluasi nilai rumah, pemasaran, persiapan dokumen, hingga negosiasi. 

Sebagai tambahan, jika Anda mencari rekomendasi unit rumah baru setelah penjualan rumah, Mustika Land adalah salah satu developer yang dapat membantu Anda menemukan unit rumah impian Anda.

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Mustika Land telah membangun banyak perumahan masa depan dengan berbagai tipe unit rumah. Harga jual rumah yang ditawarkan oleh Mustika Land sendiri termasuk terjangkau dan bebas biaya KPR.