Mempunyai rumah sendiri adalah impian bagi sebagian besar orang. Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah mewujudkannya, karena harga rumah yang semakin naik setiap tahun. Meski begitu, Anda bisa mencoba untuk membeli rumah dijual dengan harga yang lebih terjangkau, seperti rumah subsidi.

Harga rumah umumnya sangat bervariasi, tergantung lokasi, luas bangunan, maupun fasilitasnya. Anda perlu memastikan banyak hal, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Mari temukan tips membeli rumah, agar tidak salah pilih dalam artikel ini!

Tips Membeli Rumah Dijual

Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Anda perlu memastikan anggaran keuangan, kondisi rumah secara detail, legalitas dan kelengkapan dokumen, keamanan lingkungan rumah, hingga fasilitas umum di sekitarnya. Berikut ini tips yang bisa Anda ikuti:

1.  Legalitas Bangunan

Hal terpenting yang harus Anda lakukan sebelum membeli rumah dijual adalah memeriksa legalitas bangunan rumah. Anda harus menanyakan langsung kepada pihak pengembang atau penjual rumah untuk memastikan rumah tersebut bukan termasuk sengketa ataupun penyitaan.

2. Kelengkapan Dokumen

Masih berkaitan dengan legalitas bangunan, Anda juga wajib memeriksa kelengkapan dokumen rumah yang akan Anda beli. Beberapa dokumen penting, antara lain Akta Jual Beli, Surat Kepemilikan Tanah, Surat Pajak Bumi dan Bangunan, Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan, dan bukti pembayaran lainnya.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa dokumen ini adalah mendatangi kantor pertanahan terdekat. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan ahli untuk memeriksa dokumen dan legalitas bangunan rumah.

3. Anggaran Keuangan

Membeli rumah tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Anda harus menyiapkan perencanaan anggaran keuangan secara matang. Pastikan anggaran yang Anda miliki sudah sesuai dengan harga rumah yang akan Anda beli. Tidak hanya itu, Anda juga perlu menyiapkan biaya lainnya untuk renovasi rumah atau kepentingan lainnya.

Beberapa developer biasanya hanya menampilkan harga standar rumah, namun tidak mencantumkan biaya tambahan yang harus pemilik rumah bayarkan nantinya. Jadi, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu, apakah ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan? Agar bisa mempersiapkan keuangan dengan tepat.

Apabila Anda memiliki biaya yang terbatas, tidak ada salahnya untuk mencari rumah yang termasuk kategori bersubsidi. Ada sebagian rumah subsidi yang masih mudah dalam menjangkau fasilitas umum, seperti supermarket atau pasar.

4. Kondisi Rumah Dijual

Selain legalitas bangunan, Anda juga harus memeriksa seluruh kondisi rumah yang akan Anda beli. Pastikan Anda memeriksa semuanya secara detail, terutama pada bagian penting seperti atap rumah, tingkat kelembaban ruangan, dan kondisi material bangunan.

Rumah yang layak huni juga lengkap dengan sistem air bersih yang terjamin dan adanya saluran pembuangan limbah rumah tangga. Jangan sampai Anda memilih rumah yang tidak terjaga kebersihannya! Apabila Anda ingin tinggal di lingkungan yang lebih asri, Anda bisa membeli rumah yang dekat dengan taman atau area terbuka hijau.

5. Lokasi Rumah

Lokasi rumah dijual juga menjadi hal krusial yang perlu Anda pertimbangkan. Hunian yang berada di lokasi yang strategis, biasanya menawarkan harga yang lebih kompetitif. Pasalnya, rumah di lokasi strategis akan lebih dekat dengan fasilitas umum, seperti perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan, dan layanan kesehatan. 

Lebih lanjut, Anda bisa memilih tempat tinggal dengan harga yang lebih bersahabat di kawasan penyangga. Misalnya, Anda bekerja di Jakarta, maka Anda bisa memilih membeli rumah di kawasan Bekasi. Rumah di kawasan penyangga biasanya lebih murah, namun tetap bisa menjangkau berbagai fasilitas dan infrastruktur umum.

6. Keamanan Lingkungan Sekitar

Perumahan cluster biasanya mempunyai tingkat keamanan yang terjamin, karena ada petugas keamanan yang selalu siaga menjaga kawasan perumahan. Rumah yang dekat dengan layanan pendidikan biasanya juga memiliki tingkat kriminalitas rendah. 

Sedang Mencari Rumah Dijual di Bekasi?

Itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum membeli rumah. Anda juga bisa memasukkan Mustika Park Place ke dalam daftar rumah impian. Anda akan mendapatkan hunian yang nyaman di Setu Bekasi ketika memutuskan tinggal di perumahan ini. 

Karena tersedia fasilitas seperti taman hijau, jogging track, keamanan 24 jam, danau resapan anti banjir, lapangan basket, kolam renang berukuran olimpiade, hingga club house eksklusif. Harganya pun sangat ramah untuk Anda yang berpenghasilan tidak terlalu tinggi, yakni mulai dari Rp417.000.000,00.