Cara membeli rumah impian yang nyaman salah satunya adalah mempertimbangkan lokasi sekitar. Selain itu, ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan saat membeli rumah. Simak ulasan lebih lengkapnya melalui ulasan di bawah ini!

6 Cara Membeli Rumah Impian yang Nyaman

Jika ingin mendapatkan rumah sesuai dengan harapan, ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan Anda agar tidak menyesal, yaitu:

1. Survei Lokasi Lebih Dulu

Survei bisa Anda lakukan dengan cara online atau datang langsung ke lokasi. Lakukan komparasi atau analisa sederhana tentang akses air bersih, fasilitas di sekitar rumah, bebas banjir atau tidak, akses transportasi, keamanan, dan lainnya. Agar penilaian lebih maksimal, Anda bisa datang ke lokasi untuk melihatnya secara langsung.

2. Mendatangi Kantor Pemasaran

Jika Anda ingin membeli rumah di area perumahan, Anda harus mendatangi kantor pemasaran untuk informasi lebih lanjut tentang rumah yang ingin Anda beli.

Mintalah bagian pemasaran untuk menjelaskan informasi-informasi penting, mulai dari ukuran bangunan, kualitas bahan bangunan, dan informasi lainnya yang menurut Anda penting.

Lakukan pencocokan informasi yang Anda terima dari pihak pemasaran dengan penjelasan warga setempat atau penjaga keamanan perumahan. Tujuannya agar Anda juga mendapatkan informasi mengenai kekurangan dari perumahan tersebut dan menjadi pertimbangan Anda sebelum membelinya.

3. Mengetahui Status Kepemilikan Rumah

Terdapat dua status rumah yang perlu Anda ketahui, pertama status siap huni dan kedua status indent. Hunian dengan status siap huni biasanya sudah selesai dibangun dan siap untuk ditempati.

Sedangkan status indent adalah rumah yang belum dibangun dan calon pembeli hanya bisa memilih lokasi rumah melalui sitemap. Calon pembeli harus menunggu 8 hingga 24 bulan setelah akad kredit.

Supaya Anda tidak salah membeli dan menyesal, pastikan Anda melakukan cara membeli rumah satu ini terlebih dahulu.

4. Bandingkan Harga dan Fasilitas

Umumnya, harga hunian di perumahan sudah termasuk PPN sebesar 10%, biaya AJB, dan biaya SHGN (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Lakukan juga pengecekan fasilitas di area perumahan, apakah sebanding dengan harga yang akan Anda keluarkan nantinya. Biasanya, harga hunian di perumahan yang mahal memiliki fasilitas yang lengkap dan bentuk bangunan rumah yang modern serta minimalis.

5. Memahami Skema Pembayaran

Anda bisa membeli rumah dengan cara cash atau mengikuti skema KPR. Seperti namanya, pembayaran dengan skema KPR adalah pembayaran rumah dengan sistem cicilan setiap bulan.

Jika Anda tertarik membeli rumah di perumahan menggunakan sistem KPR, berikut beberapa proses pembayaran yang harus Anda ketahui:

  • Membayar booking fee atau uang tanda. Jika sistem perumahan menerapkan NUP (Nomor Urut Pemesanan), Anda juga harus membayar sesuai dengan kesepakatan.

  • Membayar DP atau uang muka. Jumlah DP atau uang muka harus sesuai dengan peraturan pemerintah, yaitu sebesar 5% dari harga rumah. Untuk jenis rumah subsidi mulai dari 0%. DP memiliki peran penting untuk mengurangi biaya angsuran KPR nantinya.

  • Ketika menunggu approval KPR dari perbankan, Anda harus menandatangani dokumen seperti Perjanjian Pengikatan Jual Beli Tanah dan Bangunan, Perjanjian Kewajiban, dan aturan lainnya.

  • Ketika pengajuan KPR mendapat persetujuan oleh pihak bank, Anda bisa melakukan akad kredit dan membayar angsuran rumah setiap bulannya sesuai dengan jumlah dan tenor yang Anda terima.

6. Perhatikan Keamanan dan Lingkungan Rumah

Pastikan target rumah yang akan Anda beli sudah memiliki keamanan berupa CCTV dan penjaga pos keamanan. Penjagaan yang ketat akan membuat Anda merasa aman dan tidak khawatir jika ingin meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama.

Cerdaslah dalam Membeli Rumah Impian Agar Tidak Menyesal

Rumah tidak hanya menjadi tempat tinggal, tapi juga bisa Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang. Oleh karena itu, cerdas dalam membeli rumah merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan.

Selain menerapkan 6 cara membeli rumah di atas, Anda juga bisa mendapatkan rumah impian dengan menghubungi pihak pengembang perumahan seperti Mustika Land yang menawarkan perumahan berkonsep minimalis modern di Bekasi. 

Mustika Land senantiasa berusaha untuk memadupadankan bentuk, kualitas, harga, fungsionalitas, keberlanjutan, serta akses, agar dapat menciptakan hunian yang kekinian, murah, nyaman, tahan lama, juga fasilitas lengkap.

Oleh sebab itu, membeli rumah impian berfasilitas lengkap, konsep modern, dan berteknologi cerdas dengan harga murah kini semakin mudah Anda capai bersama Mustika Land.