MUSTIKALAND.CO.ID - Investasi properti merupakan salah satu cara terbaik dalam memenuhi kebutuhan baik jangka pendek maupun jangka panjang. Ada banyak jenis investasi properti yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari investasi berupa tanah, rumah kontrakan, ruko, hingga kost-kostan.


Kendati begitu, dalam memilih investasi properti tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Ada banyak hal yang perlu pertimbangkan secara matang supaya terhindar dari kerugian. Lantas, apa kelebihan dan kekurangan investasi properti? serta bagaimana tips memilih investasi properti yang baik sehingga menghasilkan keuntungan? Yuk cari tahu jawabannya disini.

Apa itu investasi properti?

Apa itu investasi properti?


Pengertian investasi properti adalah penguasaan properti yang berupa tanah atau bangunan atau gabungan antara keduanya untuk menghasilkan profit. Profit ini dihasilkan dari uang sewa atau jual beli. Investasi ini dapat dilakukan oleh perorangan, kelompok maupun perusahaan.

Investasi properti ini bisa digunakan untuk investasi jangka panjang. Tentu investasi ini terdengar menjanjikan karena kamu hanya perlu berinvestasi kemudian bisa merasakan hasilnya tanpa harus melakukan pekerjaan kasar.

Jenis-jenis investasi properti

Jenis-jenis investasi properti


Sebelum kamu menentukan untuk melakukan investasi properti, ketahui dulu apa saja jenis-jenis yang ada di investasi properti ini.

  1. Kontrakan 

    Jumlah penduduk akan semakin meningkat seiring berjalannya waktu maka semakin tinggi pula kebutuhan sandang. Melakukan investasi pada kontrakan adalah salah satu jalan yang murah dan tepat.


Akan semakin banyak pendatang dari luar kota yang membutuhkan tempat tinggal dalam jangka waktu cenderung pendek sehingga mereka akan memilih kontrakan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan tinggi dengan menyewakan kontrakan ini pertahun atau beberapa tahun sekaligus.

  1. Hunian keluarga

    Tidak kalah dengan kontrakan, hunian keluarga juga mendatangkan keuntungan investasi yang tinggi. Semakin besar penghasilan sebuah keluarga maka mereka akan meningkatkan gaya hidup termasuk urusan tempat tinggal. Kamu bisa berinvestasi di Mustika Village Sukamulya untuk hunian keluarga ini. Lokasinya yang dekat dengan tol dan bisa diakses dengan beberapa kendaraan umum seperti LRT dan MRT memungkinkan untuk memiliki nilai jual yang tinggi. Selain itu Mustika Village Sukamulya juga dekat dengan tempat-tempat penting seperti SD, SMP, dan SMA, rumah sakit, pasar dan sentra grosir. Segera kunjungi www.mustikaland.co.id atau hubungi di nomor +62 812-8006-5200.

  1. Kos-kosan 

    Berinvestasi pada kos-kosan bisa mendatangkan untung yang besar. Uang sewa yang didapatkan dalam jangka waktu bulanan bisa membantumu menutupi biaya perawatan dan lahan. Lokasi yang strategis jelas menambah nilai keuntungan yang akan kamu dapatkan. Selain itu kamu juga bisa menentukan target penggunanya, misalnya kosa khusus untuk pelajar, pekerja atau keluarga.


Investasi properti jenis ini tidak harus dijalankan dengan modal besar. Jika kamu tidak memiliki banyak modal untuk membangun kontrakan dalam jumlah besar. Kamu tetap bisa memulainya dengan modal kecil. Misalnya dengan membuat 1 atau 2 kamar kos.

  1. Ruko 

    Keuntungan investasi properti berupa ruko juga sangat menggiurkan apalagi ruko di daerah padat perekonomian. Saat ini sedang marak perusahaan startup di Indonesia sehingga permintaan ruko ini juga meningkat. Untung yang diraup dari hasil uang sewa dengan jangka waktu tertentu bisa sangat tinggi. Sama seperti kos-kosan, kamu juga bisa menentukan target industri yang bisa menyewa ruko tersebut.

Contoh investasi properti

Contoh investasi properti



Salah satu contoh investasi properti adalah dengan cara crowdfunding. Crowdfunding adalah metode investasi dengan cara mengumpulkan modal bersama investor lainnya. Cara ini bisa kamu lakukan pada situs investasi properti online yang terpercaya. Setelah itu kamu bisa memilih properti yang kamu inginkan. Jika kamu sudah menentukan properti yang kamu mau, kamu bisa memasukkan jumlah uang yang akan kamu investasikan. Kemudian kamu tinggal menunggu keseluruhan dana pembelian properti terkumpul dari investor yang lain. Properti yang terbeli bukanlah milik pribadi namun milik para pemegang saham. Hasil keuntungan yang dibagi sesuai dengan perjanjian lah yang menjadi profitmu.

Keuntungan Investasi Properti

Keuntungan Investasi Properti


Tentu kamu harus tahu apa saja keuntungan dari investasi ini. Investasi ini sangat digandrungi karena beberapa alasan ini.

  1. Nilai properti cenderung naik

    Harga properti seperti rumah real estate atau apartemen akan terus naik. Kenapa? Karena jumlah penduduk akan bertambah sehingga permintaan hunian akan terus meningkat. Namun ketersediaan properti hunian tersebut belum tentu mencukupi. Seperti hukum ekonomi yang kita semua tahu, jika permintaan tinggi namun ketersediaan barang rendah maka harga akan semakin meningkat.

  1. Menjadi investasi jangka panjang

    Seperti yang dikatakan tadi, investasi ini bisa dijadikan investasi jangka panjang. Perkembangan investasi properti khususnya rumah terus membaik dari tahun ke tahun. Salah satu manfaat utama adalah mendapatkan penghasilan pasif dari investor. Penghasilan ini dihasilkan dari harga sewa dalam jangka waktu tertentu. Tentu saja hal ini bisa menjadi tabungan besar untuk masa depanmu.

  1. Bisa menentukan harga jual aset

    Seperti yang kamu tahu, harga jual properti memiliki pasarnya sendiri namun kamu tetap bisa menentukan harga jual properti kamu. Harga jual itu tergantung dengan kebutuhanmu. Kamu bisa menjual properti dengan nilai lebih rendah dari pasaran jika ingin cepat laku atau kamu bisa menunggu harga di pasaran naik dan memberikanmu banyak profit kemudian menjual atau menyewakannya.

  1. Tidak takut terpengaruh inflasi

    Tidak sama dengan mata uang, harga jual aset ini tidak akan terpengaruhi dengan inflasi. Harganya akan tetap sama dan juga profit yang didapatkan juga akan tetap sama meningkatnya. Jadi kamu tidak perlu takut dengan harga jual atau keuntungan yang kamu dapatkan ketika inflasi datang.

  1. Bisa dijadikan jaminan

    Investasi properti bisa sangat bermanfaat ketika kamu ingin mengajukan pinjaman. Kamu bisa menjadikan properti ini jaminan peminjaman uang karena nilai investasi properti yang tinggi dan menjanjikan. Selain itu pihak peminjam atau bank lebih suka dengan jaminan properti karena berupa barang fisik dan memiliki legalitas yang jelas. Pinjaman yang kamu dapatkan juga bisa bernilai tinggi jika investasi properti sebelumnya berjalan dengan baik.

Cara investasi properti

Cara investasi properti


Ada beberapa cara investasi properti yang bisa kamu terapkan.

  1. Investasi sewa properti

    Seperti judulnya, kamu berinvestasi dengan menyewakan properti yang kamu punya. Kamu bisa mendapatkan profit dari hasil uang sewa dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Hal yang harus kamu perhatikan adalah pengelolaan dan perawatan properti yang disewakan agar tetap layak sewa.

  1. Bisnis flip properti

    Cara kerja flip properti ini adalah kamu membeli properti lalu merenovasinya kemudian menjualnya lagi dengan harga yang bisa mendatangkan keuntungan. Kamu bisa menjual kembali properti ini dengan harga lebih tinggi dari harga beli namun lebih rendah dari harga pasar agar cepat terjual.

  1. Investasi properti online

    Investasi ini dilakukan pada situs investasi properti online yang terpercaya. Salah satu metode investasi online adalah crowdfunding. Cara ini juga tersedia dengan harga yang terjangkau dan juga memiliki banyak pilihan properti.

Apakah bisa berinvestasi dalam bidang properti saat masa pandemi ini? Tentu bisa. Modal yang kamu butuhkan di masa ini cenderung tidak memberatkan. Banyak sekali penawaran properti dengan harga lebih rendah dari pasaran untuk menarik minat pembeli. Meskipun terkena dampak dari masa pandemi ini, investasi bidang properti ini terbilang aman karena harga jual yang akan terus meningkat setiap saat dan bisa dijadikan investasi jangka panjang.

Bisnis investasi bidang properti ini terbilang aman karena harga jual yang akan terus meningkat setiap saat dan bisa dijadikan investasi jangka panjang. Investasi ini bisa kamu temukan di Mustika Park Place. Proyek yang menjadi salah satu masterpiece Mustika Land ini memang memiliki berbagai keunggulan dibanding hunian sejenis yang berada di Setu, Bekasi. Untuk bisa mendapatkan informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi customer service Mustika Land dengan telepon ke nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com


Nah, sekarang kamu tahu kan pengertian, contoh, keuntungan serta bagaimana kamu harus menyusun strategi untuk investasi properti Selalu lakukan research dan update terhadap harga jual properti di setiap daerah agar kamu mendapatkan keuntungan yang besar. Investasi properti ini sangat bermanfaat untuk kamu dan anak cucumu kelak.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.