MUSTIKALAND.CO.ID - Selain menjadi alat pengaman rumah, pagar kini memiliki fungsi lain untuk mempercantik tampilan. Letaknya yang berada di depan rumah, menunjukkan ketertarikan seseorang akan jenis dan pemilihan pagar, mulai dari desain, warna, dan bahan yang digunakan. Akhir-akhir ini inspirasi pagar kayu dengan gaya minimalis pun jadi pilihan yang digemari.

Pagar kayu minimalis sebenarya sederhana, namun memiliki tampilan elegan. Apalagi bahan kayu kini banyak diminati karena tampilannya yang terkesan alami dengan nilai estetika yang menarik. Sayangnya, pagar kayu juga memiliki kelemahan dan resiko dalam penggunaannya. Yuk kenali cara memilih bahan kayu yang tepat agar terhindar dari resiko yang tak diinginkan.

Model Pagar Kayu Minimalis

Model Pagar Kayu Minimalis

1. Pagar Kayu Klasik-Modern

Perpaduan antara gaya klasik dari bahan kayu dan seni memasang pagar tampilan modern memberikan sentuhan yang ciamik. Pagar kayu dengan susunan plat kayu dalam bentuk horizontal memberi efek sederhana namun manis. Tanpa dekorasi apapun, susunan plat kayu ini sangat alami. Bagian samping kanan kiri berupa beton tampak kokoh.

Pemasangan kayu gaya ini akan sangat kuat jika dilakukan dengan ahlinya. Bahkan penggunaan kayu akan terasa ringan dengan adanya bantuan roda sebagai penumpu di bagian bawah. Plat kayu sebagai pagar juga sangat kuat dan minim perawatan.

2. Pagar Kayu dengan Bingkai Besi

Penggunaan pagar kayu dengan bingkai besi kini memang banyak dijumpai di perumahan bahkan di perkampungan. Dengan memadukan plat kayu horizontal dengan sedikit celah dan bingkai besi di area pagar, membuat tampilan pagar makin dinamis. Kamu bisa bermain warna bingkai bahkan mencat bagian kayu konkrit sesuai dengan kreativitas.

Selain warna, bermain dengan bentuk bukaan pagar pun bisa menjadi nilai tambah tampilan pagar. Pagar kayu minimalis ini bisa dibuat dengan roda sebagai penumpu ataupun dengan gaya bukaan.

3. Pagar Kayu dengan Perpaduan Motif Uliran Besi

Bosan dengan pagar kayu tanpa sentuhan dekorasi? Kamu bisa mencoba dengan menggunakan motif uliran besi pada bagian tengah pagar kayu ataupun bagian atas dan bawah sebagai bingkai. Perpaduan ini akan terlihat elegan dan mewah. Apalagi dengan gaya bukaan dua sisi yang masih menonjolkan sisi alami dari pagar kayu.

4. Pagar Kayu Single

Pagar dengan gaya ini memang lebih dikhususkan pada pintu samping atau alternatif. Pagar ini cukup dilewati satu atau dua orang saja dengan susunan horizontal dengan tambahan bingkai hitam. Pagar kayu samping biasanya dibuat berongga kecil supaya pemilik bisa melihat tamu yang datang. Meski terletak bukan pada tampilan depan rumah, pagar kayu single tetap menunjukkan sisi artistik dengan paduan warna kayu yang beragam.

5. Pagar Kayu Minimalis Putih

 Warna hitam bukan tipe kamu? Pingin yang cerah? Bisa banget. Kamu bisa bermain warna pagar kayu minimalis kamu dengan warna putih loh. Pagar kayu putih bisa dibuat dengan dual desain, yakni menggunakan pagar pembatas bagian kanan dan kiri, sementara bagian pagar utama dibuat agak rendah. Desain bentuk pagar utama pun lebih baik dibuat dengan model yang dinamis seperti menurun ke bawah atau berbentuk gelombang. Tema putih ini akan membawa kamu pada nuansa rumah di dekat pantai yang menenangkan.

6. Pagar Kayu dengan Kombinasi Dinding Semen Cor

Tak semua rumah memiliki lahan untuk pagar yang luas. Beberapa rumah memiliki area yang sempit dan hanya ditutupi dinding dengan semen cor. Untuk mengaplikasikan pagara kayu dengan paduan dinding semen cor juga bisa loh. Kamu bisa menggunakan pagar kayu single dengan bingkai. Percantik dengan tambahan dekorasi kayu di bagian tengah dinding, jika memungkinkan. Rumah dengan pagar kayu mungil akan tetap nampak manis dan elegan.

Cara Memilih Bahan Pagar Kayu

Cara Memilih Bahan Pagar Kayu

Pemilihan kayu sebagai pagar memang dirasa memberi tampilan alami pada rumah. Namun, pemilihan bahan pun perlu diperhatikan. pasalnya, kayu memiliki ketahanan yang lemah seperti mudah keropos, lapuk, kusam, dan berjamur. Dari segi perawatan pun pagar kayu terbilang susah susah gampang. Oleh karenanya, kamu harus memilih kayu yang tahan panas, hujan, dan debu.

Pilihan terbaik ialah kayu ulin, jati, dan kayu besi yang terbilang tahan banting dan awet secara tampilan. Perawatannya pun harus maksimal dengan melakukan coating (pengecatan ulang, memplitur, hingga memberi lapisan anti rayap.

Resiko Menggunakan Pagar Bahan Kayu

Resiko Menggunakan Pagar Bahan Kayu

Beberapa resiko bisa saja terjadi jika tidak memperhatikan penggunaan bahan kayu yang baik. Beberapa resiko yang acap kali muncul adalah kerusakan kayu jika salah dalam pemilihan jenis kayu. Ini terjadi karena beberapa bahan sangat lemah terhadap air dan panas.

Secara lingkungan, pagar kayu hanya cocok digunakan pada daerah tropis. Jika kamu tinggal di daerah lembab, jangan berniat untuk menggunakan pagar kayu. Daerah lembab membuat kayu mudah lapuk dan kusam.

Dari segi keamanan, pagar kayu terbilang mudah dirusak ketimbang pagar besi. Kekuatan kayu dan besi tentu berbeda. Jika daerah tempat tinggalmu tak cukup aman, maka pilihlah pagar besi.

Gimana? Sudah paham kan tentang pagar kayu minimalis? Ada baiknya pemilihan pagar pun dilakukan penuh pertimbangan ya, mulai dari sisi perawatan, tingkat kerusakan, hingga fungsi keamanannya.

Setelah membaca informasi di atas, apakah kamu masih tertarik menggunakan pagar kayu minimalis? Inspirasi lain dari pagar kayu juga bisa kamu dapatkan dengan membeli properti di Mustika Park Place yang berada di kawasan Setu Bekasi.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.