Memiliki rumah di kota Jakarta saat ini bukanlah perkara mudah. Hal tersebut rasional, khususnya jika mengingat keterbatasan lahan di Jakarta dan juga harga jual propertinya yang kian meroket. Untuk itu, jika Anda ingin memiliki rumah berlokasi strategis, mencari rumah murah Karawang dapat menjadi opsi alternatif Anda.

Terletak di 50 kilometer dari timur Jakarta, kota berjuluk Kota Lumbung ini memiliki fasilitas dan prasarana lengkap, tidak kalah dengan ibukota. Karawang sendiri memiliki banyak pilihan jenis rumah yang dapat Anda jadikan hunian. Pada ulasan kali ini, kami akan membahas mengenai beberapa jenis pilihan rumah tersebut untuk Anda.

Pilihan Jenis Rumah Murah Karawang

Berikut adalah beberapa pilihan jenis rumah murah yang dapat Anda pertimbangkan di area kota Karawang:

1. Rumah Subsidi

Salah satu pilihan jenis rumah murah di Karawang adalah rumah bersubsidi. Rumah bersubsidi sendiri adalah bentuk bantuan pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat memiliki rumah. 

Kota Karawang memiliki cukup banyak kompleks perumahan subsidi dengan harga bersahabat, yaitu mulai dari Rp150.000.000,00 - an. Meskipun harga rumah subsidi termasuk dalam kategori miring, namun fasilitas yang tersedia di kompleks perumahan subsidi umumnya telah cukup memadai.

2. Perumahan Skala Menengah

Selain rumah subsidi, perumahan skala menengah juga termasuk jenis rumah murah Karawang yang dapat Anda jadikan pilihan. 

Perumahan menengah sendiri pada dasarnya adalah jenis perumahan yang masing-masing unit rumahnya memiliki ukuran dan fasilitas yang berada di antara perumahan skala kecil dan perumahan skala besar atau kelas atas.

Sama dengan rumah subsidi sebelumnya, unit rumah di perumahan skala menengah ini umumnya memiliki harga yang cukup bersahabat, yaitu mulai darI rate Rp130.000.000,00 hingga Rp.Rp300.000.000,00-an.

3. Rumah Second

Mencari rumah second kerap menjadi pilihan banyak orang yang ingin mendapatkan rumah murah Karawang. Dibandingkan dengan unit rumah baru, unit rumah second biasanya memiliki rate harga jual yang lebih miring.

Namun, jika Anda memilih opsi ini, kami menyarankan agar Anda juga mengecek kondisi bangunan dan lingkungan rumah second yang Anda pertimbangkan, sebelum memutuskan untuk membeli.

4. Apartemen

Saat ini, kota Karawang memiliki cukup banyak kompleks apartemen yang juga dapat menjadi solusi untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau. Dengan ukuran yang lebih mungil ketimbang rumah, harga jual apartemen di Karawang umumnya terbilang lebih murah ketimbang harga jual rumah, yaitu mulai dari Rp200.000.000,00-an.

Meskipun harganya lebih murah, namun apartemen biasanya didukung dengan fasilitas yang lengkap, mulai dari Fitness center, taman bermain, kolam renang, dan lainnya.

5. Kompleks Perumahan di Pinggiran Kota

Pembangunan properti di Karawang hingga hari ini terus berkembang. Terdapat banyak kompleks perumahan yang dibangun di pinggiran kota Karawang. 

Unit rumah di kompleks perumahan pinggiran ini umumnya jauh lebih murah, daripada yang terdapat di pusat kota. Anda dapat menjadikan jenis perumahan ini sebagai pilihan hunian masa depan Anda.

Tips Membeli Rumah Karawang untuk Dapatkan Harga Terbaik

Untuk membantu Anda mendapatkan rumah di Karawang dengan harga terbaik, kami juga akan memberikan beberapa tips membeli yang dapat Anda ikuti, meliputi:

1. Menggunakan Jasa Properti

Jika Anda ingin mendapatkan informasi rumah di karawang dengan harga yang sesuai dengan budget Anda, menggunakan jasa agen properti adalah opsi terbaik. 

Agen properti umumnya memiliki listing dan koneksi dengan sejumlah developer perumahan, sehingga mereka dapat memberikan informasi unit rumah yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

2. Mempertimbangkan Komplek Perumahan Baru

Mengeksplorasi proyek perumahan baru yang sedang dalam tahap pengembangan oleh developer juga termasuk kiat untuk mendapatkan hunian murah di kota Karawang. Proyek - proyek properti baru ini umumnya menawarkan harga pre sales yang terbilang jauh lebih murah.

Adapun salah satu contoh proyek perumahan baru di Karawang yang saat ini yang menawarkan harga unit rumah murah Karawang adalah Mustika Village Karawang

Proyek properti garapan Mustika Land ini menawarkan banyak keunggulan, mulai lokasinya yang strategis, yakni dekat dengan tol Karawang Timur dan Barat, hingga aksesibilitas ke pusat perbelanjaan seperti Mall Cikampek. Harga jual unit rumah di perumahan ini juga termasuk sangat ekonomis, yaitu mulai dari Rp215.000.000,00-an.

3. Pertimbangkan Potensi Investasi

Tips membeli rumah di Karawang yang terakhir adalah terkait dengan potensi investasi. Dalam memilih rumah, Anda sebaiknya meninjau potensi pertumbuhan nilai dari rumah yang Anda akan beli. Pilihlah rumah yang memiliki proyeksi masa depan cerah, yaitu dekat dengan fasilitas dan infrastruktur baru.

Tertarik untuk Memiliki Rumah Murah Karawang?

Rumah murah Karawang dapat menjadi alternatif terbaik dan ekonomis untuk Anda yang ingin memiliki rumah strategis dekat dengan ibukota. Dengan mengetahui pilihan jenis hunian murah yang tersedia di Karawang, maka Anda akan mempertimbangkan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Namun, sebelum melakukan pembelian, sebaiknya Anda melakukan riset atau berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu.