MUSTIKALAND.CO.ID - Adanya pandemi, menjadikan kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Kondisi ini terkadang membuat kita merasa bosan berlama-lama di rumah. Untuk mengatasi rasa bosan tersebut, ada sebagian orang yang memilih untuk pergi keluar untuk sekedar bercengkrama bersama teman. Nah, untuk mengurangi resiko terpapar virus semakin tinggi, kamu bisa melakukan sesuatu bersama keluarga di rumah untuk menghilangkan bosan, misalnya dengan bermain bersama.


Lantas, bagaimana cara bermain bersama keluarga yang benar agar terasa menyenangkan dan tidak mudah bosan? Karena seperti kita tahu, dalam keluarga biasanya ada orang tua sampai anak-anak, sehingga harus memainkan permainan yang bisa dilakukan oleh semua umur. Apalagi saat keluarga besar sedang berkumpul. Apa aja sih game keluarga yang seru dan bisa dilakukan di rumah? Simak ulasan ini ya!

Monopoli

Monopoli


Monopoli menjadi salah satu permainan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah. Pasalnya, semakin banyak orang yang bermain, maka persaingan juga akan lebih ketat. Menunggu giliran mengocok dadu, sampai berebut membeli rumah atau hotel. 


Kalau bidak-bidak dalam monopoli terlalu sedikit untuk anggota keluarga dengan jumlah yang banyak, nggak perlu khawatir. Biasanya, ada tambahan pemain yaitu sebagai bendahara. Tujuannya agar uang dalam permainan bisa diurus dengan lebih baik.


Monopoli adalah permainan yang mudah dimengerti, jadi baik orang tua atau anak-anak bisa lebih cepat mengikuti permainan. Monopoli cocok banget buat kamu yang punya anggota keluarga yang sangat banyak dan semuanya ingin ikut berpartisipasi.

Kartu Remi

Kartu Remi


Rekomendasi game keluarga yang kedua adalah permainan kartu remi. Monopoli memang seru, tapi nggak semua rumah memiliki permainan monopoli. Nah, kalau kartu remi biasanya banyak orang yang punya. 


Jenis permainan dari kartu remi pun sangat beragam. Mulai dari Capsa Banting, di mana kamu dan 3 anggota keluarga lain akan dibagikan masing-masing 13 kartu. Permainan dimulai saat pemain yang memiliki kartu paling rendah dan seterusnya. Siapa yang pertama kali menghabiskan kartu yang dibawanya, maka ialah pemenangnya.


Ada lagi permainan kartu remi Blackjack. Kalau Capsa Banting harus 4 orang, maka Blackjack bisa dimainkan dengan anggota keluarga yang lebih banyak. Yang membuat permainan kartu remi menyenangkan adalah keseruan dalam melakukan strategi sampai bagaimana seseorang bisa mendapatkan keberuntungan untuk menang.

Kartu UNO

Kartu UNO


Kalau kartu remi dinilai terlalu rumit, khususnya untuk kalangan anak-anak. Maka, kamu bisa mengeluarkan kartu UNO. Permainan kartu satu ini lebih bisa dimainkan untuk anak-anak karena mudah dimengerti. Sama seperti permainan kartu remi, UNO juga punya bervariasi jenis permainan.


Permainan UNO yang mungkin sering dan mudah dimainkan adalah di mana para pemegang kartu secara berurutan mengeluarkan kartu-kartu yang ada di tangan mereka. Kartu tersebut harus berwarna atau punya angka yang sama seperti yang dikeluarkan pertama kali setelah dikocok. Selain kartu, UNO juga punya varian lain, seperti UNO stacko yang mirip dengan permainan Jenga. Tentunya, juga bisa dimainkan bersama keluarga dan nggak kalah seru.

Werewolf

Werewolf


Permainan indoor yang nggak kalah seru adalah werewolf. Mungkin beberapa di antara kamu lebih mengenal permainan ini dengan nama Mafia Game. Kenapa permainan satu ini seru dimainkan bersama dengan keluarga? Karena meski anggota keluarga yang ada berjumlah banyak, semuanya bisa ikut main.


Satu orang harus menjadi moderator yang mengendalikan game, satu menjadi cenayang, werewolf sebanyak dua orang, sedangkan yang lainnya menjadi warga desa yang bisa menebak siapa anggota keluarga yang berperang menjadi werewolf. 


Sebenarnya, permainan ini memerlukan peralatan berupa kartu werewolf, tapi tenang aja, meski nggak punya kartunya kamu tetap bisa bermain werewolf. Bisa menggunakan aplikasi yang didownload di HP atau melalui grup WhatsApp.


Permainan ini membutuhkan konsentrasi cukup tinggi tetapi seru dan sangat menegangkan. Kalau tebakan kita benar, pasti merasa senang. Tapi, akan apes kalau kamu adalah warga desa tapi dituduh menjadi werewolf.

Petak Umpet

Petak Umpet


Jika kamu dan anggota keluarga lain tidak memiliki alat permainan yang sudah disebutkan di atas, nggak perlu khawatir. Kamu bisa mengajak serta anak-anak untuk melakukan permainan petak umpet.


Permainan family ini bisa dilakukan di sekitar rumah, seperti halaman rumah atau taman perumahan. Bakal lebih seru kalau ada taman yang cukup luas di dekat rumah. Contohnya saja di Mustika Park Place Setu Bekasi, terdapat taman luas yang cocok banget untuk dijadikan tempat bermain petak umpet.

Tebak Kata atau Gambar

Tebak Kata atau Gambar


Dari beberapa permainan di atas, semuanya memerlukan lebih dari dua orang anggota keluarga. Bagaimana kalau kamu hanya bersama satu anggota keluarga lain? Tenang, banyak kok permainan yang bisa dimainkan hanya 2 orang di rumah.


Contoh permainan yang bisa dilakukan bersama 2 anggota keluarga saja adalah tebak kata. Kamu cukup mengumpulkan atau membuat kata-kata atau gambar di sebuah kertas, kemudian di acak. Salah satu memegang kertas tersebut di atas kepala, kemudian satu yang lain memperagakan kata atau gambar apa yang ditunjukkan sampai bisa tertebak.


Sekarang, nggak perlu bingung melakukan apa untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Varian permainan yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah cukup beragam. Kamu bisa memilih permainan, mau yang menegangkan, santai, sampai membuat berolahraga. Hal terpenting adalah kamu dan keluarga tidak lagi bosan meski sering ada di rumah.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.