Sebagai salah satu barang yang paling penting di kamar, kasur haruslah Anda pilih dengan baik agar tidur Anda menjadi baik dan berkualitas. Tidak hanya harga yang harus Anda pikirkan, tetapi juga ukuran kasur yang benar wajib Anda perhatikan sebelum membelinya.

Sebelum Anda membeli kasur dengan berbagai macam ukuran, hal yang wajib dipastikan terlebih dahulu adalah menyesuaikan luas kamar dengan kasur agar tidak berbeda.

Sekarang, yuk cari tahu dan mengenal ukuran-ukuran kasur yang sesuai dengan luas kamar Anda serta Anda dapat menentukan kasur mana yang terbaik untuk tidur berkualitas Anda berikut.


Macam-macam Ukuran Kasur

Ternyata, ukuran kasur yang ada di pasaran memiliki banyak variasi, ukuran-ukuran tersebut cocok untuk tidur 1 orang, 2 orang, bahkan 3 orang sekaligus. Apa saja ukuran kasur yang paling populer untuk digunakan? Berikut ukuran kasur yang bisa Anda beli untuk kebutuhan ruang kamar.

  1. Ukuran Kasur Queen

Ukuran kasur pertama adalah kasur queen size atau biasa disebut kasur nomor 2 dengan ukuran 160 x 200 cm. Kasur ukuran ini bisa Anda gunakan di kamar yang tidak terlalu luas tetapi tetap bisa digunakan untuk 2 orang sebagai tempat tidur.

Tidur yang berkualitas membutuhkan kasur yang sesuai ukuran dan nyaman, queen size bisa menjadi pilihan Anda dan pasangan terutama pasangan baru karena harganya yang cukup terjangkau.

  1. Ukuran Kasur King

Ukuran kasur yang pertama biasa disebut kasur king size atau nomor 1 yang memiliki ukuran 180 x 200 cm. Kasur ini bisa memberikan kenyamanan lebih untuk Anda yang tidur berdua dengan pasangan atau anggota keluarga.

Kasur king size bisa menjadi pilihan Anda dan pasangan yang merasa kurang dengan luas dari kasur Queen size. Dengan ukurannya yang luas, king size cocok Anda jadikan kasur untuk kamar utama di rumah. 

  1. Ukuran Kasur Super King

Jika dirasa ukuran queen dan king masih kurang cukup untuk Anda dan pasangan, masih ada satu ukuran lagi yang ukurannya lebih luas dari keduanya, yakni super king size dengan ukuran 200 x 200 cm.

Karena ukurannya yang luas, kasur king size tetap bisa memberikan kualitas tidur yang berkualitas untuk 3 orang sekaligus sehingga tempat tidur ini cocok untuk Anda, pasangan, dan anak Anda tidur.

  1. Ukuran Single

Ukuran kasur selanjutnya yang bisa menjadi pilihan untuk kamar Anda adalah single size yang memiliki ukuran 90 x 200 cm atau 100 x 200 cm. Kasur yang biasa disebut no. 4 ini bisa dipakai untuk ukuran luas kamar yang tidak terlalu luas dan butuh ruang gerak yang banyak.

Karena ukurannya yang lebih kecil dibanding kasur lainnya, single size biasa digunakan untuk kebutuhan tidur 1 orang saja, baik itu anak-anak maupun dewasa. Selain itu, ukuran ini adalah kasur dengan harga yang paling terjangkau sehingga banyak dicari untuk orang yang tinggal sendiri atau untuk Anak tercinta dengan kamar berukuran 3 x 3.

  1. Ukuran Double

Jika dirasa ukuran single terlalu kecil untuk Anda atau anak Anda tiduri, kasur ukuran satu ini bisa menjadi pilihan Anda selanjutnya, Anda dapat membeli kasur double size yang memiliki ukuran 120 x 100 cm.

Meskipun memiliki nama double, kasur ini tetaplah memiliki 1 kasur saja tetapi memiliki ukuran yang lebih lega dibandingkan dengan kasur single. Kasur double atau biasa disebut ukuran kasur no. 3 merupakan kasur yang dapat memberikan kualitas tidur yang lebih baik untuk Anda yang membutuhkan ruang gerak lebih saat tidur.

Itulah beberapa ukuran kasur yang populer dan bisa Anda pilih, baik digunakan untuk kamar utama, kamar tamu, atau kamar anak Anda. Selanjutnya, setelah mengetahui beberapa macam ukuran kasur yang ada, Anda juga harus mengetahui tips sebelum membeli kasur agar tidak salah berikut ini.


Baca juga: 6 Inspirasi Backdrop Kamar untuk Hiasi Ruang Tidurmu


Tips dalam Membeli Kasur

  1. Kenyamanan

Kenyamanan adalah salah satu hal yang paling pertama dan utama untuk Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk membeli kasur. Ukuran kasur yang kecil atau besar tidak akan berpengaruh jika Anda tidak merasa nyaman.

Jenis-jenis kasur seperti latex, memory foam, dan busa adalah bahan yang biasa menjadi bahan kasur. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli kasur yang Anda inginkan, alahkah baiknya untuk mencoba terlebih dahulu kenyamanannya.

  1. Sesuaikan Luas Kamar

Berikutnya, Anda wajib mengetahui luas kamar agar kasur yang sudah Anda beli bisa masuk dan tetap memberikan ruang gerak yang Anda butuhkan di kamar tidur. Jika masih ada ruang kosong, Anda dapat menambahkan furniture tambahan di kamar Anda.

Ukuran kasur single atau double bisa menjadi pilihan Anda yang memiliki luas kamar yang terbatas, sedangkan queen dan king dapat membuat tidur Anda menjadi berkualitas jika memiliki luas kamar yang lebih besar.

  1. Sesuaikan Konsep Kamar

Untuk Anda yang memiliki luas kamar yang luas dan menginginkan kamar terlihat mewah, Anda dapat membeli kasur dengan ukuran queen atau king. Sedangkan, untuk Anda yang memiliki konsep sederhana pada luas kamar, single atau double cocok menjadi kasur pada kamar Anda.

Selanjutnya, setelah Anda sudah yakin membeli salah satu ukuran kasur untuk tidur berkualitas, Anda juga wajib tahu bagaimana cara untuk merawat kasur agar tetap bagus dan tidak membuat badan Anda sakit saat tidur.


Baca juga: 12 Desain Kamar Tidur Mewah Modern


Tips Merawat Kasur

Anda pasti menginginkan kasur yang empuk dan nyaman dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, dapat melakukan beberapa cara agar kasur yang Anda gunakan tetap seperti awal Anda membeli seperti berikut ini.

  1. Gunakan Rangka Kasur

Mengapa Anda disarankan untuk menggunakan rangka kasur? Itu dikarenakan jika kasur Anda langsung menempel di lantai, dikhawatirkan lantai yang lembab akan mempermudah pertumbuhan jamur di kasur. 

Menggunakan rangka kasur yang berkualitas juga dapat membuat kasur Anda menjadi lebih awet dan kualitas yang ada tetap sama dalam bertahun-tahun pemakaian sehingga kasur tetap nyaman untuk digunakan.

  1. Sering Mengganti Sprei

Tidur yang nyaman bisa dimulai dari kebiasaan Anda mengganti seprai, baik itu seprai untuk bantal atau guling dan seprai untuk kasur itu sendiri. Seprai yang jarang diganti mempercepat timbulnya kuman dan bakteri serta mengundang serangga-serangga pengganggu, seperti tungau dan kutu kasur. 

  1. Rajin Membersihkan

Terakhir, Anda wajib membersihkan kasur secara berkala agar debu dan kotoran tidak menempel di kasur dan seprai Anda. Anda dapat menggunakan vacuum cleaner khusus agar debu dan kotoran bisa hilang sepenuhnya.

Itulah macam-macam ukuran kasur serta tips sebelum Anda membeli dan bagaimana cara untuk merawat kasur Anda agar bisa bertahan lama dan tetap nyaman digunakan. Pastikan Anda membeli kasur dengan ukuran yang pas agar tidak mengganggu tidur dan ruang gerak di kamar.