MUSTIKALAND.CO.ID - Syaraf kejepit adalah gangguan atau kondisi ketika syaraf tertekan oleh bagian sekitar dan menyebabkan rasa nyeri menjalar ke seluruh tubuh. Namun, banyak orang yang menganggap syaraf kejepit adalah sesuatu yang biasa terjadi dan tidak membahayakan. Padahal, bisa jadi syaraf kejepit dapat membawa kerusakan pada syaraf. Untuk itu, ada baiknya Anda mengenal tanaman obat syaraf kejepit untuk pengobatan pertama yang bisa Anda konsumsi di rumah.


Beberapa hal yang menjadi penyebab dari syaraf kejepit diantaranya adalah stres akibat pekerjaan yang sulit dirampungkan sehingga berpengaruh pada pikiran, aktivitas olahraga rentan cedera, postur tubuh yang terlalu gemuk (obesitas) hingga mengalami rematik.


Gejala awal yang ditimbulkan oleh syaraf kejepit adalah mati rasa, sensasi sakit seperti terbakar hingga rasa seperti ditusuk jarum. Jika Anda telah merasakan hal seperti itu tentunya Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Namun, jika yang Anda rasakan masih dalam tahap ringan, Anda bisa mencoba tanaman obat untuk menghilangkannya. Berikut adalah tanaman-tanaman yang dimaksud: 

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Untuk Mengobati Syaraf Kejepit

Syaraf kejepit dapat menyebabkan sakit pinggang. Kondisi ini terjadi akibat gangguan syaraf yang menyebabkan menonjolnya bantalan permukaan ruas tulang belakang dari ruang antar ruas tulang. Tonjolan tersebut dapat menekan syaraf, sehingga menimbulkan nyeri hebat pada pinggang.


Selain pinggang, rasa nyeri juga bisa terjadi dari leher hingga punggung bawah, tergantung lokasi syaraf yang mengalami gangguan. Namun, kebanyakan kasus syaraf kejepit terjadi di area punggung bawah, yang disebut hernia nucleus pulposus lumbalis.


Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengobat syaraf kejepit di rumah, seperti:

  1. Banyak istirahat

Pentingnya istirahat ataupun tidur jika Anda mengalami syaraf kejepit. Karena, tubuh akan meregenerasi sel-sel yang rusak ketika Anda tidur, termasuk juga syaraf yang sakit.

  1. Perbaiki postur tubuh

Cobalah untuk memperbaiki postur tubuh saat Anda melakukan gerakan-gerakan atau posisi esensial seperti duduk ataupun berbaring. Anda bisa menggunakan bantal, kursi yang dapat disesuaikan atau sandaran leher ketika duduk untuk meringankan tekanan pada syaraf.

  1. Buat lingkungan kerja nyaman

Buatlah tempat kerja Anda senyaman mungkin. Artinya, tempatkan barang-barang pendukung kerja Anda dalam posisi yang ideal dan ergonomis. Misalkan, posisikan layar komputer sejajar dengan mata sehingga Anda tidak harus menunduk terlalu lama. Atau, cobalah sesekali melakukan peregangan atau berdiri ketika sudah lama duduk.

  1. Lakukan pemanasan ringan atau yoga

Lakukanlah pemanasan ringan atau gerakan yoga, untuk mengurangi tekanan pada syaraf di area yang terganggu. Namun, jangan melakukannya secara berlebihan karena akan memperburuk keadaan.

  1. Naikkan kaki

Metode ini bisa dilakukan untuk mengobati syaraf kejepit pada bagian punggung bawah. Cobalah untuk menaikkan kaki dan sandarkan ke tembok, sehingga membentuk sudut 90 derajat. Tekuk lutut dan pinggang ketika melakukannya.

  1. Kompres dingin dan hangat

Kompreslah bagian syaraf kejepit selama 10-15 menit. Kompres hangat dapat membuat otot menjadi rileks, sehingga mengurangi tekanan ke syaraf. Hal ini juga akan membantu memperlancar aliran darah, sehingga proses penyembuhan bisa terbantu. Sedangkan kompres dingin dapat membantu peradangan dan pembengkakan jaringan, sehingga membuat syaraf tidak lagi tertekan.


Baca Juga: 6 Tips, Manfaat & Pentingnya Olahraga Saat Pandemi Covid 19

Pantangan Syaraf Kejepit

Ketika Anda sudah mengetahui bagaimana tidak enaknya rasa mengalami syaraf kejepit, maka Anda sebaiknya menghindari pantangan-pantangan yang bisa menyebabkan terjadinya syaraf kejepit, agar Anda terbebas dari penyakit itu. Diantara pantangan-pantangan tersebut adalah:

  1. Mengangkat benda berat

Mengangkat beban berat adalah kegiatan yang wajib dihindari. Karena, kegiatan ini memberikan tekanan yang tidak semestinya pada semua otot dan persendian di tubuh, terutama jika dilakukan dengan posisi yang salah.

  1. Begadang

Pastikan Anda mendapatkan jam tidur dan kualitas tidur yang baik. Hindari begadang karena tidur adalah cara tubuh untuk menyembuhkan diri. Untuk diperhatikan, kiranya bantal dan kasur tidur Anda memiliki bahan dan struktur yang bisa menopang kualitas tidur, untuk menghindari sakit yang bertambah parah.

  1. Olahraga berat

Hindari melakukan olahraga berat seperti sepakbola, basket, hoki dan sejenisnya karena akan menambah parah syaraf kejepit. Jika tetap ingin berolahraga, maka lakukan saja peregangan ringan.

  1. Malas-malasan

Selama melakukan penyembuhan syaraf kejepit tentunya Anda dilarang melakukan olahraga dan aktivitas fisik yang berat. Namun, hal ini bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan dan berada di tempat tidur saja. Lakukan peregangan agar otot dan cairan tubuh Anda tetap bergerak.

  1. Latihan fisik

Sama seperti berolahraga, latihan fisik atau fitness juga beresiko membuat penyakit syaraf kejepit bertambah parah. Jika sebelum terkena syaraf kejepit Anda rutin melakukan latihan fisik, maka selama sakit diharapkan Anda mengurangi atau bahkan menghentikan dulu latihan fisik yang biasa Anda lakukan, demi penyembuhan syaraf kejepit yang optimal.

Syaraf Kejepit Di Pinggang

Syaraf kejepit yang umum terjadi adalah rasa sakit yang berada di bagian punggung bawah atau pinggang. Bahkan tak jarang syaraf kejepit di bagian pinggang memaksa penderita untuk mengalami gangguan fungsional pada tubuh, seperti terganggunya kemampuan mengendalikan rasa buang air kecil atau besar.

Berikut adalah gejala-gejala yang mungkin timbul bila Anda mengalami syaraf kejepit di bagian pinggang, seperti:

  1. Nyeri di area pinggang dan sekitarnya

  2. Rasa kesemutan seperti tertusuk jarum

  3. Rasa seperti terbakar

  4. Rasa kebas di kulit

  5. Melemahnya otot di bagian pinggang

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, tentunya Anda harus mewaspadai apakah Anda mengalami syaraf kejepit.


Baca juga: Kenali Manfaat Sayur Organik Yang Berguna Bagi Kesehatan!

Obat Tradisional Untuk Urat Syaraf Kejepit

Apabila Anda mengalami syaraf kejepit yang sangat mengganggu, Anda bisa melakukan penyembuhan pertama dengan meminum obat tradisional dari tumbuhan-tumbuhan yang ada di sekitar, tanpa harus melakukan terapi-terapi atau pijat maupun pengobatan secara medis. Adapun obat tradisional berupa tanaman yang dimaksud adalah:

  1. Daun alpukat

Meskipun daun alpukat adalah tanaman yang dikenal bisa mengobati batu ginjal, ramuan daun ini juga mampu mengobati syaraf kejepit, khususnya di bagian pinggang, punggung, leher dan kaki. Cara meraciknya, ambil segenggam daun alpukat, cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 4 gelas air. Kemudian, minum air rebusannya dengan takaran 1 gelas sehari.

  1. Daun pandan

Tanaman yang berguna sebagai pengharum masakan ini, ternyata juga bisa digunakan sebagai pengobatan syaraf kejepit. Cara meraciknya hampir sama dengan daun alpukat, ambil 5 lembar daun pandan dan masukkan ke dalam 300 ml air. Rebus selama kurang lebih 15 menit hingga mendidih dan minum air rebusannya saat pagi atau sore hari.

  1. Daun sirsak

Pohon sirsak yang banyak ditemui di sekitar rumah, mampu juga untuk mengobati syaraf kejepit. Cara meraciknya, masukkan 7 lembar daun sirsak ke dalam segelas air dan minum rebusannya.

  1. Daun bakung

Daun bakung selain mampu mengobati syaraf kejepit, juga bisa untuk mengobati patah tulang, bengkak dan terkilir. Caranya, panggang daun bakung diatas api kecil hingga layu, kemudian oleskan minyak kelapa secara merata pada daun dan tempelkan pada bagian yang terasa sakit akibat syaraf kejepit. 

  1. Kencur

Meskipun belum ada penelitian yang pasti apakah kencur mampu mengobati syaraf kejepit, namun Anda bisa mencobanya karena kencur dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki khasiat anti nyeri dan anti radang. Anda bisa mengkonsumsi kencur dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan.


Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Suplemen Untuk Syaraf Kejepit

Selain obat-obatan tradisional berupa rebusan tanaman yang bisa dikonsumsi untuk mengobati syaraf kejepit, ada pula obat-obatan atau suplemen/vitamin yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini, diantaranya adalah vitamin neurotropik. Vitamin neurotropik adalah kelompok vitamin yang terdiri dari vitamin B1, vitamin B6 dan vitamin B12. Masing-masing memiliki fungsinya sendiri, namun ketiganya sama-sama penting bagi kesehatan sistem syaraf.


Vitamin B1 memiliki fungsi untuk membantu sel mengubah karbohidrat, lemak dan protein menjadi energi yang berguna untuk menjalankan aktivitas sel di dalam tubuh, terutama sel-sel otak dan syaraf. Vitamin B6 memiliki fungsi untuk menghasilkan neurotransmitter, yaitu senyawa kimia yang berfungsi membawa, mempercepat dan menyeimbangkan pengiriman sinyal antara beberapa sel syaraf atau dari sel syaraf menuju jaringan tubuh. Sedangkan vitamin B12 memiliki fungsi untuk menghindari kebas dan kesemutan.


Demikian penjelasan mengenai apa-apa saja yang berkaitan dengan syaraf kejepit. Obat alami berupa tanaman yang dapat diminum, suplemen maupun pantangannya. Semoga bermanfaat!

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Mustika Village Karawang
Lemahmulya, Kec. Majalaya, Kab. Karawang, Jawa Barat 41371

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke [email protected].