Memiliki tubuh yang tinggi semampai dan ideal tentunya merupakan impian semua orang. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tinggi badan kita, salah satunya adalah keturunan. Jika orang tua Anda memiliki tubuh yang tinggi, maka kemungkinan besar Anda juga punya postur tubuh yang tinggi. 

Namun, tidak semua orang memiliki gen tubuh tinggi dari orang tuanya. Oleh karena itu, ada berbagai cara untuk meninggikan badan dengan cepat dan alami. Berikut adalah ulasannya. 


Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan 

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan seseorang, yaitu sebagai berikut:

1. Faktor DNA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa keturunan memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tinggi badan seseorang. Dilansir dari Central Alabama Wellness, para ilmuwan telah mengidentifikasi 700 gen yang berbeda yang menentukan tinggi badan. Beberapa dari gen ini mempengaruhi lempeng pertumbuhan, dan yang lainnya mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan. 

2. Hormon

Selain faktor keturunan, hormon dalam tubuh juga berperan penting dalam tingginya badan Anda. Tubuh kita memproduksi beberapa hormon yang mempengaruhi pertumbuhan antara lain hormon pertumbuhan, hormon tiroid dan hormon sex. 

Hormon pertumbuhan dibuat dalam kelenjar pituitari dan merupakan hormon yang penting. Hormon tiroid selain faktor penentu tinggi badan, juga berfungsi untuk menjaga kinerja sel dalam tubuh. Hormon sex seperti progesteron dan testosteron juga berperan, khususnya saat masa pubertas. 

3. Jenis Kelamin 

Selain hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, jenis kelamin juga merupakan faktor penentu dalam tinggi badan Anda. Laki-laki cenderung tinggi lebih cepat dan lebih lama dibandingkan dengan perempuan. Penyebabnya adalah perempuan pada umumnya lebih cepat memulai dan mengakhiri masa pubertasnya. 


Baca juga: Rekomendasi Gym Bekasi untuk Membakar Lemak


Tips Meninggikan Badan 

Setelah membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan, berikut adalah cara meninggikan badan dengan cepat, yaitu sebagai berikut:

1. Konsumsi Makanan Bergizi 

Untuk meninggikan badan, tentunya Anda harus mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan seimbang. Jangan lupa untuk menambah buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh, protein, dan produk susu ke dalam konsumsi harian Anda. Hindari atau kurangi makanan yang mengandung lemak dan juga gula. 

Vitamin D dan kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk meninggikan badan Anda. Makanan yang mengandung vitamin D mencakup tuna, dan kuning telur. Pastikan banyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti brokoli, ikan sarden, maupun bayam agar Anda cepat tinggi. 

2. Tidur yang Cukup  

Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara meninggikan badan dengan cepat di rumah. Hal ini disebabkan oleh adanya produksi hormon HGH, yaitu hormon pertumbuhan yang diproduksi saat lelap. Jika Anda kurang tidur, maka hormon ini mungkin akan turun. Jadi, Anda ingin cepat tumbuh tinggi? Pastikan Anda tidur yang cukup di malam hari ya. 

Jika sekiranya Anda susah tidur, jauhkanlah ponsel Anda sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena blue light dari ponsel dapat mengurangi rasa kantuk Anda. Selain itu, Anda dapat membaca buku atau meminum segelas susu hangat sebelum tidur agar tubuh Anda menjadi rileks. 

3. Menggunakan Tali Skipping 

Olahraga yang satu ini, memang terkenal untuk meninggikan badan. Selain murah, lompat tali sangat mudah dilakukan. Selama Anda melakukan olahraga, tubuh akan memproduksi hormon pertumbuhan. Selain bermanfaat untuk tinggi badan, lompat tali ini juga berguna untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung, lho!

Untuk Anda yang pemula dalam lompat tali, Anda dapat melakukan olahraga ini selama 3 kali dalam seminggu, dan luangkan waktu 1 sampai dengan 5 menit untuk lompat tali. Jika sudah terbiasa, Anda dapat meningkatkan intensitas lompat tali Anda. 


Baca juga: Yuk, Lakukan Olahraga Kardio Agar Tubuh Selalu Sehat!


4. Fokus pada Postur Tubuh 

Pastikan Anda memperbaiki postur tubuh Anda ketika berjalan, tidur maupun duduk. Karena, postur tubuh yang baik sangat mempengaruhi tinggi badan Anda. Bahu yang bungkuk, tulang belakang yang melengkung pastinya dapat membuat badan Anda terlihat lebih pendek. 

Beberapa akibat dari postur tubuh yang tidak baik antara lain;

  • Stuktur tulang yang berubah

  • Dapat menyebabkan sakit leher, bahu dan punggung

  • Mengurangi fleksibilitas Anda

  • Mempengaruhi persendian

  • Mempengaruhi keseimbangan 

  • Dapat membuat Anda sulit mencerna makanan

  • Membuat sesak nafas

5. Berenang

Selain olahraga lompat tali, Anda juga bisa mencoba berenang untuk meninggikan badan Anda dengan cepat. Pada saat berenang, Anda dapat melatih semua otot tubuh Anda untuk bergerak. Tidak hanya untuk tinggi badan, berenang juga memiliki beberapa manfaat seperti menjaga jantung, membentuk otot tubuh, bagus untuk penderita asma, dan yang lain sebagainya. 

Nah, oleh sebab itu pastikan Anda berenang dengan rutin untuk mendapatkan tinggi badan yang Anda inginkan. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat berenang 3 kali dalam seminggu. 

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai cara-cara untuk meninggikan badan. Selain tips di atas, Anda dapat olahraga di gym yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Seperti fasilitas yang diberikan Mustika Park Place, tidak hanya tempat gym, fasilitas kolam renang juga tersedia untuk Anda. Dengan fasilitas yang lengkap, pastinya Anda semangat untuk menjaga kesehatan tubuh, dan meninggikan badan Anda.