Di Indonesia Investasi properti memiliki potensi yang dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Salah satu kawasan yang menjanjikan adalah perumahan Cikarang. Karena Cikarang memiliki posisi strategis dan berada di antara pusat bisnis Jakarta dan Bandung. Selain itu, fasilitas dan infrastrukturnya berkembang dengan pesat.

Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan membahas potensi investasi di kawasan Cikarang serta kelebihan properti di daerah tersebut. Yuk, simak!

Potensi Pertumbuhan Properti di Cikarang

Cikarang memiliki potensi pertumbuhan properti yang cukup meyakinkan, karena beberapa hal. Pertama. Cikarang menjadi salah satu kawasan industri terbesar yang ada di Indonesia. Tercatat, setidaknya ada sekitar 2.125 unit pabrik yang berasal dari 25 negara dan berada di Cikarang.

Selain itu, Cikarang mengalami peningkatan signifikan dalam hal infrastruktur. Beberapa di antaranya adalah pembangunan jalan tol, termasuk Jakarta-Cikampek serta Gerbang tol Cibitung dan tol Cikarang.

Lebih lanjut lagi, Cikarang saat ini tengah menjalankan dan menyiapkan proyek besar yang dapat meningkatkan nilai properti di kemudian hari. Misalnya, soal infrastruktur transportasi, pemerintah telah berencana membangun LRT, kereta cepat Jakarta-Bandung dan MRT fase 3 yang membentang dari Balaraja hingga Cikarang.

Jadi, dengan datangnya para calon pekerja ke Cikarang, maka permintaan akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi, sehingga investasi properti jadi pilihan meyakinkan.

Kelebihan Investasi Properti di Perumahan Cikarang

Cikarang menjadi kawasan yang memiliki prospek cerah dalam investasi terkait properti. Hal tersebut karena beberapa hal. Pertama, harga properti yang terjangkau dan terbilang masuk akal. Bahkan, harga jual kembali rumahnya pun cenderung stabil. Dengan anggaran mulai dari Rp200.000.000,00; Anda sudah dapat hunian premium.

Apalagi, menurut Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda, harga jual tanahnya pun terus berkembang dan relatif rendah daripada wilayah barat, seperti Jakarta. Buktinya,dalam kurung waktu 9 tahun (2009-2018), kenaikan harga tanah di koridor timur (Bekasi, Cikarang, Karawang) naik hingga 21%.

Kenaikan nilai properti seperti perumahan Cikarang terjadi seiring dengan pertumbuhan kawasan tersebut sebagai pusat industri serta bisnis dan yang berkembang pesat. Misalnya, pada saat proyek MRT muncul, ada kenaikan harga properti sekitar 5-10% menurut Angra Angen selaku Senior Manager Savills.

Lebih lanjut, karena dipicu oleh statusnya sebagai pusat industri, harga properti mengalami kenaikan hingga 10-25% per tahunnya.

Lebih lanjut, di sekitar perumahan Cikarang, terjadi perkembangan dari segi fasilitas dan infrastruktur. Kedua hal tersebut menjadi aspek penting yang bisa meningkatkan daya tarik dan nilai investasi properti. Fasilitas ini meliputi taman kota, pusat perbelanjaan, serta tempat pendidikan dan kesehatan.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Properti di Cikarang

Sejumlah faktor dapat mempengaruhi nilai properti di perumahan Cikarang. Misalnya, faktor lokasi. Cikarang terletak di area strategis yang terkenal dengan kawasan industrinya. Selain itu, aksesibilitas transportasinya pun terbilang baik, mulai dari stasiun, terminal dan jalan tol. Tidak lupa fasilitas memadai seperti taman dan gym.

Namun, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dalam memilih properti dengan tujuan investasi di Cikarang dengan melakukan riset. Dengan riset, Anda bisa memahami tren pasar terbaru dan seperti apa perkembangan wilayah di area properti.

Ingatlah bahwa investasi properti merupakan keputusan dengan jangka waktu yang panjang dan perlu pertimbangan matang.

Tips Sukses dalam Berinvestasi Properti di Cikarang

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum berinvestasi pada perumahan Cikarang, antara lain:

  • Bekerja sama dengan agen properti: Anda dapat melakukan konsultasi dengan ahlinya untuk mendapat pencerahan terkait investasi ini. Sebab, mereka bisa membantu Anda dalam memberikan informasi tentang tren pasar hingga membimbing  Anda lewat proses pembelian.

  • Memanfaatkan jaringan yang Luas: Anda bisa bersosialisasi dengan para ahli, investor, hingga orang yang punya pengalaman di industri properti.

Selain itu, penting untuk Anda dalam memiliki strategi yang matang. Sebab, Anda dapat mengetahui tujuan, perhitungan risiko, dan mengoptimalkan finansial dengan bijaksana. Selain itu, lakukan juga diverifikasi portofolio properti serta perhatikan aspek hukum dan perizinan di Cikarang.

Langkah ini penting, agar Anda bisa berhasil dalam melakukan investasi. Sebab, diverifikasi dapat meminimalkan risiko dengan menyebar investasi pada setiap properti dan lokasi yang bervariasi.

Tertarik Investasi di Perumahan Cikarang?

Investasi properti di Cikarang memiliki prospek cerah dengan hasil yang meyakinkan. Sebab, investasi properti di Cikarang memiliki banyak kelebihan, misalnya harga terjangkau dan nilai meningkat. Namun, Anda juga harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum berinvestasi di kawasan tersebut.

Salah satu perumahan di Cikarang yang perlu Anda pertimbangkan adalah Mustika Village Sukamulya. Sebab, perumahan ini memiliki banyak kelebihan, misalnya lokasi strategis dan harga yang terjangkau, yakni mulai dari Rp200.000.000,00 an.

Selain itu, Mustika Village Sukamulya juga menawarkan fasilitas Pengolahan Air Bersih Mandiri, Danau Resapan Anti Banjir, lokasi strategis yang dekat dengan tol dan stasiun, hingga konsep hunian minimalis. Tentunya fasilitas-fasilitas tersebut sangat menarik banyak target pasar yang membuat keuntungan investasi Anda tinggi di masa depan.