Over kredit rumah adalah pilihan alternatif yang menarik bagi sebagian orang yang ingin memiliki rumah tanpa melalui proses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) konvensional. Over kredit biasanya menawarkan harga yang relatif lebih murah daripada jenis kredit rumah lainnya.

Proses ambil alih KPR ini biasanya dilakukan jika pemilik rumah yang sebelumnya tidak mampu membayar cicilan rumah sampai lunas. Selain menawarkan banyak keuntungan, Anda juga perlu memperhatikan berbagai pertimbangan sebelum melakukan over kredit. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih jelasnya!

Kelebihan Over Kredit Rumah

Beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dari over kredit hunian adalah sebagai berikut:

1. Transaksi Lebih Cepat

Keuntungan pertama yang bisa Anda rasakan adalah transaksi pembelian rumah yang lebih cepat. Proses transaksi dengan skema ini biasanya cenderung lebih cepat dibandingkan pengajuan KPR konvensional. Dalam hal ini, transaksi pembelian rumah memang tidak melibatkan pihak bank untuk persetujuan pembelian rumah.

2. Harga Rumah Lebih Murah

Harga pembelian rumah melalui proses over kredit biasanya juga cenderung lebih murah daripada harga pasaran. Karena sebagian cicilan rumah sudah dibayarkan oleh pemilik rumah sebelumnya. Anda juga bisa membuat kesepakatan yang menguntungkan bersama pemilik rumah untuk mendapatkan harga yang lebih rendah.

3. Tidak Perlu Membayar DP

Kelebihan lainnya dari over kredit rumah adalah Anda tidak perlu melakukan pembayaran down payment (DP) yang besar. Sebagian besar biaya DP biasanya sudah dibayarkan oleh pemilik sebelumnya. Selain itu, pembayaran DP dalam jumlah besar biasanya hanya terjadi pada proses pembelian rumah melalui KPR konvensional.

4. Cicilan Atas Nama Sendiri

Apabila Anda memutuskan untuk melakukan kredit rumah, Anda bisa langsung melakukan proses balik nama sertifikat rumah. Anda kemudian berpeluang untuk melanjutkan cicilan rumah atas nama Anda sendiri. Dengan begitu, Anda bisa melakukan transaksi langsung bersama bank, tanpa melibatkan orang lain.

5. Pilihan Hunian Lebih Fleksibel

Over kredit rumah memungkinkan Anda memilih rumah sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda tidak perlu terikat dengan pilihan rumah yang disediakan oleh pihak bank maupun Developer. Selain itu, rumah yang dibeli dengan proses over kredit biasanya dapat langsung Anda tempati.

Pertimbangan Over Kredit Rumah

Setelah mengetahui berbagai kelebihannya, penting bagi Anda untuk memahami hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk over kredit hunian. Berikut ini pertimbangannya:

1. Status Legalitas Rumah

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli rumah adalah memastikan status legalitas hunian tersebut. Pastikan bahwa rumah yang akan Anda beli mempunyai status legalitas yang jelas dan sah. Anda bisa mengetahui hal ini melalui sertifikat rumah yang masih berlaku.

2. Hutang pada Bank

Selanjutnya, Anda juga perlu memastikan bahwa pemilik rumah sebelumnya telah menjalankan pembayaran cicilan rumah tepat waktu. Pastikan juga tidak ada masalah dengan pihak bank dalam pembayaran cicilan over kredit rumah. Anda harus teliti dan cermat dalam hal ini, agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

3. Negosiasi Harga

Harga rumah adalah salah satu pertimbangan yang penting sebelum memutuskan pembelian. Anda harus berdiskusi dengan pemilik rumah terkait harga yang ditawarkan dan pembayarannya. Selain itu, Anda juga bisa bernegosiasi dengan pihak bank terkait kondisi keuangan Anda, agar mendapat kemudahan dalam pembayaran cicilan sisanya.

4. Proses Pemindahan Hak Milik

Selanjutnya, pastikan proses pemindahan hak milik dan sertifikat rumah berjalan lancar sesuai dengan hukum yang berlaku. Proses ini biasanya memakan waktu cukup lama dan rumit, sehingga Anda harus lebih teliti dan cermat. Pastikan tidak ada surat kepemilikan yang belum beres nantinya.

Tertarik untuk Over Kredit Rumah?

Secara keseluruhan, over kredit hunian memiliki sejumlah kelebihan seperti proses transaksi lebih cepat, tidak perlu bayar DP, harga lebih rendah, cicilan atas nama sendiri, dan bisa memilih hunian sesuai keinginan. 

Anda juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti hutang pada bank, negosiasi harga, status legalitas rumah, dan proses pemindahan hak milik. Sebelum memutuskan untuk membeli hunian dengan skema over kredit, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli properti agar lebih jelas.

Lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan hunian yang menarik dan nyaman dari Developer Perumahan Mustika Land. Pengembang perumahan berpengalaman puluhan tahun ini menawarkan berbagai hunian dengan harga terjangkau mulai dari Rp200.000.000,00 an untuk rumah baru. Tentunya, jika memilih sistem over kredit, akan berpotensi lebih murah. 

Pembayaran cicilan juga bisa Anda lakukan dengan berbagi cara, seperti tunai keras, KPR, serta cicilan bertahap 6x dan 12x.