MUSTIKALAND.CO.ID - Dewasa ini, keramik dinding motif batu alam sangat digemari pada bangunan rumah. Tampilannya yang alami serta memberi kesan hidup menjadi pilihan. Selain kesan alami, batu alam juga memiliki perawatan yang mudah karena anti lumut dan jamur.

Meski menarik dan unik diaplikasikan pada bangunan, ada baiknya memahami seluk beluk batu alam, mulai dari pengertian, jenis, hingga motif-motif keramik batu alam. Lebih jelasnya, yuk simak artikel berikut.

Pengertian Batu Alam

Pengertian Batu Alam


Disebut batu alam karena merupakan batuan yang terbentuk secara alami dari kegiatan alam. Batuan sendiri merupakan unsur yang ada dalam bumi. Batu alam bisa digunakan untuk kegiatan konstruksi, mulai dari bagian pondasi, bagian eksterior, hingga dekorasi interior rumah. Sayangnya, tidak semua batuan bisa digunakan untuk bahan bangunan, seperti batu alam mulia yang biasa digunakan untuk perhiasan.

Batu alam sendiri banyak dipilih dalam bahan bangunan karena banyak hal seperti anti jamur dan lumut. Batu alam juga sangat kuat sebagai pondasi, memberi kesan mewah, serta ukurannya fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Meski banyak diburu, harga keramik dinding motif alam cukup mahal karena memang merupakan material alami.

Jenis-Jenis Batu Alam

Jenis-Jenis Batu Alam

Sebelum menggunakan batu alam sebagai bahan bagunan rumah, kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis batu alam yang digunakan pada konstruksi bangunan.

1.       Batu Marmer

Marmer merupakan batuan yang digunakan pada bagian finishing lantai dan dinding. Batu ini memberi kesan mewah dengan varian corak unik yang dimilikinya. Sayangnya, harga batu ini cukup mahal. Meski mahal, batu marmer masih jadi buruan para pecinta desain mewah karena sifatnya yang kuat. Hanya perlu diperhatikan bahwa batu ini sensitif terhadap perubahan cuaca.

2.       Batu Andesit

Batu ini merupakan jenis marmer yang paling kuat dan tahan terhadap segala jenis cuaca karena merupakan salah satu batuan yang berada di area gunung berapi. Andesit memiliki warna abu-abu dan hitam.

3.       Batu Sabak

Lebih dikenal dengan batu kali, batu sabak merupakan yang paling umum digunakan sebagai pondasi, pembuatan pagar, kolam, dan taman. Batu sabak sangat mudah ditemukan dan digunakan oleh banyak bangunan perumahan karena mudah didapatkan namun memiliki kualitas yang bagus.

Mustika Village Sukamulya, salah satu hunian asri yang memilih pondasi batu kali sebagai pondasi seluruh tipe rumah. Selain kualitas hunian dan bangunan yang baik, Mustika Village Sukamulya memiliki berbagai keunggulan berikut:

1.       Harga mulai dari 160 jutaan yang ringan dan dapat dibayar di muka dengan hanya 2 juta saja

2.       Bebas biaya proses KPR dan pajak BPHTB

3.       Cicilan KPR hanya 1 juta

4.       Kualitas hunian yang unggul dengan ROW jalan utama 14 m dan jalan lingkungan 6-7m

5.       Fasilitas yang lengkap, mulai dari taman hijau seluas 3.300 meter persegi, area mini market dan niaga, serta kawasan sekolah unggulan

6.       Adanya kepastian perijinan/legalitas seperti HGB, IMB, dan PBB yang sudah pecah

7.       Lokasi yang strategis, dekat dengan tol Cibitung – Cilincing

Mustika Village Sukamulya merupakan hunian yang berada di lahan seluas +/- 35 Ha yang berlokasi di Sukatani, Desa Sukamulya Cikarang. Lokasinya yang dekat dengan alam membuat hunian ini terasa sangat asri. Apalagi dengan kehadiran taman hijau sebagai tempat wisata sehat. Ada 4 tipe yang bisa kamu seleksi berdasarkan keinginanmu, yakni type shibuya, type veno, type, ginza, dan type ginza premium.

4.       Batu Granit

Batu granit merupakan batuan beku yang berwarna terang dengan butiran cukup besar. Batu granit tahap terhadap suhu ruangan sehingga cocok digunakan untuk bagian dinding dapur dan lantai rumah.

5.       Batu Palimanan

Batu Palimanan berasal dari Gunung Ciremai yang berlokasi di Kecamatan Palimanan. Warna dominan batu palimanan adalah kuning dengan corak tak beraturan. Sayangnya, batu ini memiliki daya serap air yang besar sehingga mudah berlumut, sehingga lebih cocok diaplikasikan pada bagian interior rumah.

6.       Batu Candi

Disebut sebagai batu candi karena kerap kali digunakan sebagai material pembangun stupa dan candi. Batu jenis ini mudah menyerap air dan mengakibatkan lumut. Tapi warna hitamnya yang terkesan alami sangat cocok diaplikasikan di bagian interior rumah atau sebagai dekorasi interior. Selain itu, batu candi cukup murah dibanding batu alam lainnya.

Macam Motif Keramik Batu Alam

Macam Motif Keramik Batu Alam

Setelah mengetahui jenis batu alam, saatnya mulai aplikasikan dengan menggunakan batu alam sebagai keramik dinding kamar mandi, keramik lantai, dan berbagai desain lainnya. Jika kamu belum mengetahui aplikasinya, coba cek motif-motif berikut.

1.       Keramik Dinding Motif Batu Bata

Motif batu bata bisa menghadirkan kesan estetik. Dengan menampilkan batu alam dengan pola batu bata, tampilan rumah akan semakin terlihat elegan. Untuk pencahayaan yang manis, atur dengan lampu sorot. Perlu diperhatikan bahwa motif ini tidak cocok diterapkan di satu ruangan penuh karena akan menimbulkan kesan gelap.

2.        Keramik Motif Batu Alam Granit

Granit tampak berkelas dengan motif abstrak yang modern. Tampilan motif granit pada lantai rumah sangat manis jika dipadukan dengan dinding bermotif kayu atau susunan sebaliknya. Perpaduan granit dan kayu ini terlihat homey dan hangat.

3.       Keramik Motif Batu Alam Marmer

Tak bisa dipungkiri jika keramik marmer yang digunakan di seluruh bagian ruangan akan menciptakan kesan mewah dan fancy. Banyak pula pilihan warna pada batu marmer seperti putih, biru, hitam, dan pink.

Semua jenis batu bisa digunakan sebagai motif keramik ya. Kamu bisa memilih aneka keramik motif batu alam di toko bahan bangunan.

Nah, sudah paham kan tentang batu alam? sekarang kamu bisa memutuskan apakah tertarik untuk menggunakan batu alam sebagai desain interior dan eksterior rumah impian kamu.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.