Bekasi adalah kota satelit di sebelah timur Jakarta dengan berbagai kawasan yang menawarkan harga properti atau rumah bervariasi. Variasi harga rumah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kali ini, kita akan membahas berapa kisaran harga dan faktor yang mempengaruhi harga rumah di Bekasi. Untuk itu, simak artikel ini!

Faktor yang Mempengaruhi Harga Rumah di Bekasi

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi harga hunian di bekasi adalah sebagai berikut:

1. Lokasi

Lokasi yang strategis mempengaruhi harga hunian. Strategis di sini maksudnya mudah Anda jangkau dan memiliki akses yang nyaman dan memadai untuk ke fasilitas umum, seperti mall atau sekolah. Semakin strategis dan accessible suatu rumah, maka harganya cenderung tinggi.

Strategis juga mencakup lingkungan yang aman, bersih dan nyaman. Sebab, 74% pembeli mempertimbangkan faktor keamanan rumah.

2. Ukuran dan Kondisi Fisik Rumah

Ukuran (luas tanah maupun bangunan) mempengaruhi harga rumah di Bekasi. Sebab, rumah yang luas menyediakan banyak ruang bagi penghuninya untuk tinggal. Selain itu, ruang yang besar juga cenderung memberikan kenyamanan dan fleksibilitas.

Lebih lanjut, kondisi fisik rumah yang baik/sehat (memiliki ventilasi udara, bebas jamur, sanitasi lancar, lantai kedap air, dan dinding yang kokoh) juga cenderung memiliki nilai yang lebih tinggi.

3. Fasilitas dan Infrastruktur di Area Rumah

Ketersediaan fasilitas dan infrastruktur di sekitar bangunan, seperti kemudahan akses ke jalan utama, transportasi umum bisa meningkatkan harga hunian di Bekasi. Sebab, ini memudahkan penghuni untuk beraktivitas.

Selain itu, beberapa fasilitas seperti sekolah, rumah sakit, training center hingga pusat hiburan dan perbelanjaan bisa meningkatkan daya tarik, sehingga tercipta nilai rumah yang tinggi.

Kisaran Harga Rumah di Bekasi

Secara umum, harga rumah di daerah ini cukup beragam, tergantung faktor-faktor seperti lokasi, ukuran/kondisi, dan fasilitas di area sekitar. Misalnya, harga rumah di daerah prestisius seperti Perumahan Harapan Indah, Grand Galaxy City, atau memiliki harga tinggi, yakni mulai dari Rp 1.500.000.000.

Meski begitu, terdapat perumahan yang memiliki harga lebih terjangkau untuk Anda, seperti di daerah berkembang, contohnya Mustika Park Place dan Mustika Village Sukamulya. Meski harganya cukup terjangkau, pastikan harga untuk membandingkan harga cluster di sana sebelum mulai mengambil keputusan.

Di Mustika Park Place, unit yang dijual mulai dari harga Rp417.000.000,00. Lokasinya pun cukup strategis, yakni hanya 1 menit dari Pintu Tol Cibitung dan 25 menit saja dari kawasan industri Jababeka. Beberapa fasilitas penunjangnya pun lengkap, seperti lapangan basket, pasar, taman dan kolam renang.

Sementara itu, Mustika Village Sukamulya menawarkan hunian dengan harga mulai dari Rp200.000.000,00 saja. Fasilitas di area perumahaan terbilang lengkap, seperti mini market (6-7 menit), Pasar Bancong (5 menit), RS Mutiara Husada (2,6km), dan akses ke sekolah (SD-SMA).

Tips Membeli Rumah dengan Anggaran Terbatas

Ada beberapa tips untuk Anda yang ingin membeli Rumah di Bekasi, tetapi memiliki budget yang terbatas, antara lain:

1. Menentukan Batas Anggaran

Tentukan batas anggaran dengan jelas sebelum membeli rumah. Pertama, cobalah tinjau kembali kondisi keuangan Anda. Cek penghasilan dan tabungan, lalu tetapkan jumlah yang bisa Anda alokasikan untuk membeli rumah.

Jangan lupa juga untuk menghitung biaya total yang harus Anda keluarkan, seperti pendaftaran, biaya legal, kredit, hingga renovasi. Hitung secara keseluruhan, agar mendapatkan gambaran yang lebih akurat.

2. Fokus pada Daerah Berkembang

Harga rumah di Bekasi di daerah yang lebih maju biasanya dibandrol dengan harga mahal. Untuk itu, fokuskan untuk membeli rumah di daerah berkembang. Sebab, harganya relatif murah dengan promo menarik.

Lokasinya pun strategis, sehingga menjadi aset menjanjikan. Contohnya rumah di daerah berkembang adalah Mustika Park Place dan Mustika Village Sukamulya.

3. Perhatikan  Ukuran dan Kondisi Rumah

Cobalah cari rumah dengan ukuran lebih kecil, karena harganya cenderung lebih terjangkau. Hal tersebut karena rumah kecil memiliki luas tanah yang kecil pula. Selain itu, fitur di dalamnya lebih sederhana dan jumlah bahan bangunannya lebih sedikit.

Anda juga bisa mencari rumah yang perlu sedikit renovasi. Sebab, harganya cenderung lebih rendah.

4. Mencari Opsi Pembiayaan KPR

Mencari opsi pembiayaan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan rumah dengan budget terbatas. Jadi, cobalah lakukan riset terkait lembaga keuangan yang menawarkan KPR. Perhatikan juga suku bunga, persyaratan, dan ketentuan lainnya oleh tiap-tiap lembaga.

Konsultasikan juga dengan ahli dan meminta bantuan untuk membimbing proses KPR, supaya bisa mendapatkan penawaran terbaik.

Sudah Tahu Harga Rumah di Bekasi?

Mengetahui kisaran harga rumah yang ada di daerah maju dan berkembang berperan penting dalam mencari hunian dengan anggaran terbatas. Selain itu, Anda harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi harga, supaya mendapatkan rumah yang cocok. Jangan lupa ikuti perkembangan pasar properti dan konsultasi dengan expert.