Kini, membeli rumah bisa menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Apalagi rumah merupakan hunian yang merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang. Akan tetapi, harga properti yang terus naik, justru membuat banyak orang tidak bisa membeli rumah secara tunai. Hal inilah yang membuat masyarakat tergiur dengan cicilan rumah.

Menyicil rumah melalui produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) menjadi solusi yang populer bagi masyarakat Indonesia untuk mewujudkan impian mereka yang ingin memiliki hunian pribadi. Namun, tentu saja terdapat banyak hal yang perlu Anda perhatikan dalam mengelola cicilan pembelian hunian tersebut. 

Tips Mengelola Cicilan Rumah dengan Bijak

Berikut ini adalah panduan lengkap untuk mengelola cicilan rumah dengan bijak yang bisa Anda ikuti:

1. Pahami Rencana Angsuran

Sebelum memutuskan untuk mengambil KPR, pastikan jika Anda sudah memahami rencana program angsuran yang ditawarkan oleh pihak bank maupun lembaga keuangan yang Anda pilih.

Jadi, Anda perlu memastikan beberapa hal sebelum akhirnya menandatangani kontrak KPR. Beberapa hal tersebut antara lain besaran suku bunga, jangka waktu, serta besaran biaya angsuran bulanan yang harus Anda bayar hingga batas pelunasan.

2. Buat Anggaran

Selanjutnya, Anda juga harus membuat anggaran keuangan pribadi secara jelas dan terperinci. Artinya, Anda harus menghitung semua penghasilan dan pengeluaran tiap bulan yang di dalamnya mencakup cicilan rumah, biaya hidup, tagihan, dan tabungan.

Catatan keuangan ini akan membantu Anda untuk mengontrol arus keuangan, agar tetap seimbang antara pendapatan dan pengeluaran. Selain itu, membuat anggaran juga bertujuan untuk menghindari adanya keterlambatan pembayaran.

3. Emergency Fund

Menyediakan dana darurat menjadi hal yang penting, ketika Anda menghadapi situasi tak terduga. Contohnya seperti pengeluaran medis atau perbaikan rumah yang mendesak. Dengan begitu, maka kondisi keuangan Anda bisa tetap sehat.

4. Prioritaskan Pembayaran Cicilan

Biasanya, program KPR berjalan selama beberapa tahun, baik dengan besaran bunga flat atau floating. Maka dari itu, sebaiknya Anda memprioritaskan pembayaran cicilan rumah dalam anggaran yang Anda buat. 

Jadi, Anda harus memastikan jika pembayaran cicilan tersebut dilakukan tepat waktu setiap bulannya. Hal ini menjadi penting, agar Anda tidak terkena pinalti atau denda keterlambatan.

5. Memanfaatkan Pembayaran Ekstra

Apabila Anda memiliki dana ekstra, maka bisa pertimbangkan untuk membayar lebih dari jumlah cicilan bulanan. Misalnya, pembayaran dirapel untuk dua atau tiga bulan ke depan. Tips yang satu ini akan membantu Anda untuk melunasi utang lebih cepat, sekaligus menghemat bunga dalam jangka panjang.

6. Refinancing atau Pindah KPR

Pada beberapa situasi dan kondisi, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali terkait besaran suku bunga atau jangka waktu KPR. Anda bisa mendiskusikannya langsung dengan pihak bank atau lembaga keuangan terkait. Sebab, hal ini bisa membantu Anda untuk mengurangi beban pembayaran bulanan.

7. Pantau Utang Lainnya

Bagi Anda yang memiliki utang selain pembayaran cicilan rumah, maka harus selalu memantau dan mengelola semua utang tersebut dengan baik. Misalnya, seperti utang pada kartu kredit atau pinjaman pribadi lainnya.

Jangan sampai utang tersebut mengganggu kondisi keuangan Anda, yang membuat pembayaran cicilan jadi macet atau terlambat.

8. Investasi

Bukan hanya membayar cicilan, Anda juga perlu melakukan investasi di instrumen lain. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam bentuk lain, seperti saham, emas atau reksadana. Tujuannya adalah untuk membantu memperkuat posisi keuangan di masa depan.

9. Kembangkan Kemampuan Keuangan

Sangat disarankan bagi Anda untuk belajar tentang manajemen keuangan dan investasi. Sebab, semakin Anda paham, maka akan semakin Anda bijak dalam mengambil keputusan keuangan.

10. Konsultasikan dengan Ahli Keuangan

Apabila Anda merasa kesulitan dalam mengelola cicilan rumah atau keuangan secara umum, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli keuangan. Nantinya, mereka akan memberi nasihat dan solusi dari permasalahan tersebut melalui rancangan strategi keuangan yang lebih baik.

Tertarik Membeli Rumah dengan Sistem KPR?

Itu dia panduan lengkap untuk mengelola cicilan rumah yang bisa Anda pahami. Bagi Anda yang berencana untuk membeli rumah dengan sistem KPR, pastikan untuk memilih kontraktor dan Developer terpercaya, ya.

Seperti halnya Mustika Land yang sudah lebih dari 30 tahun membangun rumah komersil dengan fasilitas terbaik untuk mendukung peningkatan gaya hidup residensial.

Semua rumah yang ada di proyek Mustika Land juga menerima pembelian rumah dengan sistem KPR dan harga yang relatif terjangkau. Jadi, tak heran jika banyak keluarga muda yang tertarik memiliki rumah di sini.

Sebab, hanya dengan Rp200.000.000,00 saja, Anda sudah bisa memiliki hunian pribadi dengan fasilitas yang lengkap. Menarik bukan?