MUSTIKALAND.CO.ID - Berniat membuat sebuah carport? Selain desain, pemilihan jenis lantai carport tidak boleh Anda sepelekan. Meski area ini hanya digunakan untuk aktivitas kendaraan, namun penggunaan material lantai carport yang salah dapat membahayakan kendaraan Anda. Perlu diketahui, bahwa tidak semua material cocok dijadikan lantai carport. Lantai carport harus mempunyai ketahanan yang kuat dalam menahan beban kendaraan, tahan terhadap segala kemungkinan kerusakan serta mudah dalam perawatannya. Untuk itu, pilihlah material lantai carport dengan cermat sesuai kebutuhan. Lantas, bahan seperti apa yang baik digunakan sebagai lantai carport? Mari temukan jawabanya pada artikel ini. 

Lantai Carport Keramik Homogeneous Tile

Lantai Carport Keramik Homogeneous Tile

Bahan lantai carport pertama yang bisa Anda pilih adalah bahan keramik homogenous tile. Walaupun berbahan keramik, material ini tidak licin dan juga tergolong kuat untuk menopang benda berat di atasnya. Dalam prakteknya, bahan ini mampu menahan tekanan sampai dengan 450 kilogram per centimeter kuadrat. Maka dari itu, hingga kini masih banyak orang yang menggunakan keramik ini sebagai lantai untuk tempat parkir mobil. Kelebihan lain bahan ini yaitu, keramik jenis ini juga sangat mudah didesain menjadi lantai carport minimalis modern. 

Lantai Carport Batu Alam

Lantai Carport Batu Alam

Selanjutnya ada batu alam yang bisa dijadikan sebagai lantai untuk tempat parkir mobil. Untuk jenisnya yang biasa digunakan adalah batu andesit dan batu kali lempeng. Material dari batu alam ini banyak digunakan karena warnanya yang cenderung gelap sehingga berfungsi untuk menyamarkan noda. Selain itu, batu alam ini juga dapat dibentuk menjadi motif unik yang dapat disesuaikan dengan selera. Motif yang biasa digunakan adalah bunga-bunga, hewan, kotak, lingkaran, dan lain sebagainya. Namun, lantai dengan bahan ini wajib dirawat dengan melapisi permukaannya menggunakan cairan coating supaya tidak mudah terserang lumut atau jamur. Lalu, apabila terkena air yang cukup banyak, maka harus segera dibersihkan supaya tidak licin dan menghindari munculnya lumut yang bisa datang kapan saja. 

Lantai Carport Batu Sikat

Lantai Carport Batu Sikat

Anda juga bisa memakai batu sikat sebagai material dari lantai carport. Kelebihan dari material satu ini adalah sifatnya yang tidak licin. Selain itu, warnanya juga cukup bervariasi, seperti merah, merah muda, hitam, hijau, merah, dan lain sebagainya. Kemudian, ukurannya juga tidak terlalu besar, sehingga mudah dibentuk menjadi suatu pola yang diinginkan. Menariknya, pola dari batu sikat bisa didesain menjadi berbagai macam bentuk yang sulit sekalipun. Maka dari itu, jangan heran apabila lantai carport batu sikat cenderung lebih mahal dibandingkan dengan material lainnya. 

Lantai Carport Semen Plesteran

Lantai Carport Semen Plesteran

Ada juga semen plesteran yang saat ini cukup banyak digunakan oleh para pemilik mobil. Alasannya karena biaya yang dikeluarkan cukup terjangkau dan pembuatannya juga sangat mudah. Cukup dengan mencampurkan komponen semen, pasir dan air kemudian plester lantai dan beri aksen garis menggunakan alat khusus. Supaya tampak lebih indah, lantainya dikombinasikan dengan parit kecil atau rumput. Selain biaya yang cukup terjangkau, kelebihan lantai dengan material ini juga sangat mudah dibersihkan. Pemilik tempat parkir kendaraan cukup menyiramnya dengan air beberapa hari sekali. 

Lantai Carport Semen Cetak

Lantai Carport Semen Cetak

Selain semen plesteran, ada juga semen cetak atau yang biasa disebut dengan grass block. Lantai semen ini biasanya dicetak menjadi lembaran yang ketebalannya mencapai 3 hingga 5 cm. Sedangkan proses pencetakannya sendiri bisa dicor di tempat atau pada tempat lain kemudian dipasang di lantai carport. Pada umumnya, pemilik mobil menambahkan isian nat antara semen berupa material batu sikat atau rumput agar tampilannya lebih menarik. Biasanya, material tempat parkir ini digunakan pada carport yang lokasinya berada di area outdoor. Tujuannya supaya tidak repot untuk membersihkan terlalu sering dan menjaga rumput tetap hidup. 

Lantai Carport Paving Block

Lantai Carport Paving Block

Kalau tadi ada grass block, sekarang ada paving block. Bedanya adalah paving block tidak mempunyai jarak antara block satu dengan yang lainnya. Alhasil tampilan lantai carport-nya cenderung lebih padat. Bentuk pavingnya sendiri cukup bervariasi dan yang paling banyak dipakai adalah bentuk segi enam dan persegi panjang. Bagi Anda yang ingin membuat lantainya sendiri, pembuatannya cukup mudah. Berikut adalah cara-caranya. 

  • Pertama-tama, bersihkan area yang ingin dijadikan lantai carport dari tumbuhan liar dan sampah. Pastikan benar-benar bersih terutama tumbuhan liar, karena bisa saja tanaman tersebut bisa tumbuh walaupun paving sudah terpasang sempurna. 

  • Meratakan permukaan tanahnya 

  • Uruk menggunakan alat pemadat tanah jika perlu

  • Pasang paving sesuai dengan pola yang diinginkan sebelum pasir memadat 

  • Kalau sudah, padatkan paving dengan cara diketuk menggunakan palu atau alat penggetar 

  • Lalu isi celah-celah antar paving dengan pasir agar saling mengunci satu sama lain

  • Kemudian, bersihkan pasir yang tidak masuk ke dalam celah.  

  • Apabila semua langkah sudah dikerjakan dengan benar, maka tinggal tunggu semua paving mengunci satu dengan lainnya selama kurang lebih satu hari. Lalu lantai carport siap untuk digunakan. 

Itulah beberapa material dari lantai carport. Bisa disimpulkan bahwa untuk lantai tempat parkir mobil tidak boleh sembarangan. Sebab itu bisa membuat kendaraan menjadi slip dan area rumah rusak begitu saja. Namun, siapa saja yang berencana ingin membuat lantai tempat parkir kendaraan harus dirawat. Caranya adalah dengan menggosok menggunakan sikat, memakai pembersih lantai, dan menggunakan cairan coating. Selain itu, sesuaikan juga material untuk lantai carport dengan tema rumah, ini dikarenakan supaya lantai tetap menyatu dengan desain hunian. 

Apabila Anda membutuhkan rumah yang cocok dengan segala macam material dan desain lantai carport, bisa memilih hunian di Mustika Park Place yang berlokasi di Jl. Burangkeng Raya, Setu - Bekasi, Kecamatan Setu, Jawa Barat. Perumahan ini mempunyai desain hunian yang minimalis dan modern, sehingga cocok untuk lantai carport dengan model dan bahan apa saja. Kalau masalah tipe rumah, ada banyak varian yang dapat dipilih. Mulai dari yang satu lantai sampai dengan dua lantai. Masing-masing mempunyai kelebihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp400 juta-an.


Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Park Place
Jl. Burangkeng, Kec. Setu, Bekasi, Jawa Barat 17320

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.