MUSTIKALAND.CO.ID - Memiliki rumah minimalis bukanlah hambatan bagi Anda untuk memberi banyak ruang di dalam rumah. Dengan konsep rumah mezzanine, Anda akan memiliki cukup ruang dalam rumah yang mungil. Namun, perlu diperhatikan beberapa tips mendesain rumah mezzanine minimalis berikut agar tak salah kaprah. Desain rumah mezzanine adalah konsep menambahkan satu lantai dalam satu bangunan tanpa melakukan perombakan besar dan tanpa menambah jumlah lantai bangunan. Artinya, pada satu lantai bangunan terdapat dua lantai fungsional. Rumah mezzanine biasanya difungsikan untuk menambah ruang tanpa perlu merasa sesak.

Perhatikan Tinggi dan Luas Bangunan

Perhatikan Tinggi dan Luas Bangunan

Saat menentukan ruangan yang akan digunakan, perhatikan tinggi dan luas ideal yang Anda butuhkan untuk rumah mezzanine. Posisi lantai mezzanine haruslah berada di tengah antara langit-langit plafon dan lantai dasar. Penting untuk mengecek apakah kepala anda terbentur atau tidak saat berada di ruang tersebut.menurut pakar impressive design interior, tinggi minimal rumah mezzanine adalah 440 cm. 

Area luas ruangan mezzanine pun harus dibuat sepertiga dari total ruangan utama. Ini dilakukan agar ruangan mezzanine tidak panas dan sirkulasi udara bekerja norma. Anda bisa melakukan penentuan ukuran tersebut dengan ahlinya.

Menyesuaikan Fungsi Ruang Mezzanine

Menyesuaikan Fungsi Ruang Mezzanine 

Rumah mezzanine memiliki konsep semi terbuka dimana terdapat ruangan yang tidak tertutup. Oleh karenanya, anda harus memastikan penggunaan ruang mezzanine membuat Anda selalu nyaman. Biasanya mezzanine difungsikan sebagai ruang belajar, ruang santai, atau ruang bekerja.

Anda juga bisa mengatur furniture yang selaras dengan desain ruang mezzanine. Jika ingin membuat ruang bermain anak, pastikan ruangan tersebut aman dan memiliki pembatas yang sesuai.

Mengatur Cahaya dan Sirkulasi Udara

Mengatur Cahaya dan Sirkulasi Udara

Meski berada di lantai yang sama, ruang mezzanine di area atas pun harus mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang optimal. Gunakan jendela atau ventilasi udara yang sesuai. Jika tak ingin menggunakan udara luar, pasanglah kipas angin di sudut ruangan.

Dalam hal pencahayaan, ruang mezzanine membutuhkan cahaya yang disesuaikan menurut fungsi ruangan. Jika difungsikan sebagai ruang belajar, tentu membutuhkan cahaya yang seimbang agar mendapat kenyamanan belajar. Anda juga bisa menggunakan lampu belajar khusus. Namun, perlu diingat bahwa cahaya alami dari sinar matahari pun tetap diperlukan pada siang hari.

Merencanakan Desain dan Denah Rumah Mezzanine

Merencanakan Desain dan Denah Rumah Mezzanine

Ketika membuat sebuah ruangan baru, tentu harus direncanakan dengan baik mulai dari desain yang diinginkan, gaya interior, furniture yang dibutuhkan, hingga material yang digunakan. Meski berupa lantai tambahan, Anda tidak boleh menyepelekan material yang digunakan.

Pilihlah material yang dapat menyatu dengan bangunan utama seperti beton ringan, baja ringan, maupun kayu. Sementara itu, bagian pembatas bisa menggunakan kaca, kayu ulin atau jati, maupun railing. Tentunya pilihan tersebut disesuaikan dengan desain yang Anda inginkan.

Merencanakan desain rumah mezzanine sama halnya dengan merencanakan investasi rumah idaman Anda, ada baiknya memilih yang tentu berkualitas secara fisik dan lingkungan. Pasalnya, hunian bukan hanya tentang tempat tinggal saja, tapi juga menemukan kenyamanan baik dalam keluarga maupun lingkungan.

Mustika Village Sukamulya bisa menjadi jawaban dari keinginan Anda memiliki rumah unggulan dengan kualitas udara yang segar. Mustika Village Sukamulya berada di kawasan seluas +/- 35 ha di Desa Sukamulya. Kawasan ini menerapkan hunian asri berkonsep SAFE (Smart-Active-Function-Eco), dimana penghuninya akan merasakan hunian yang jauh dari udara kotor, memiliki ruang tinggal yang nyaman dan aman, serta komunitas yang baik.

Selain itu terdapat berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya taman hijau dan area berniaga. Anda juga mendapat kemudahan akses menuju fasilitas umum yang dekat, ragam transportasi, kawasan industri, dan jalan tol. Terdapat tiga tipe hunian yang pasti sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan hunian impian ini hanya dimulai dari 160 juta-an saja. Dp yang dibayarkan pun sangat ringan yakni 2 juta rupiah.

Selain Sertifikat Hak Guna Bangunan sudah siap, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) telah ada dan PBB juga sudah pecah. Menariknya lagi, di sini kamu terbebas dari biaya Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan balik nama serta pajak. Jadi, tunggu apalagi, segera miliki rumah impian di Mustika Village Sukamulya.

Memilih Tangga Sesuai Fungsi dan Interior

Memilih Tangga Sesuai Fungsi dan Interior

Mendesain rumah mezzanine modern pun harus tetap melihat sisi fungsionalnya. Dalam pembuatan tangga menuju lantai mezzanine, perlu dipertimbangkan apakah cukup aman untuk keluarga anda atau tidak. Anda harus memilih material tangga seperti apa yang akan digunakan supaya aman dan nyaman bagi semua anggota keluarga.

Namun, jangan lupa memperhatikan kondisi interior di rumah mezzanine anda. Apakah ia bergaya soft dengan dekorasi senada? Atau mungkin memiliki sentuhan warna dinamis dengan memperlihatkan berbagai tambahan dekorasi ruangan.

Wah, sudah siap memiliki rumah mezzanine sesuai gaya anda? Anda bisa menerapkan 5 tips diatas saat menentukan ingin mendesain rumah mezzanine. Jika ragu menciptakan rumah mezzanine dengan konsep anda, maka memilih jasa desain adalah solusi terbaiknya.

Mari kunjungi proyek kami:

Mustika Village Sukamulya
Desa, Sukamulya, Kec. Sukatani, Bekasi, Jawa Barat 17630

Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor 0812-8006-5200 atau email ke care@mustikaland.com.