MUSTIKALAND.CO.ID - Rayap adalah serangga yang kehadirannya sangat dihindari di dalam rumah. Kehadirannya pun sangat tidak dinantikan oleh pemilik rumah, apalagi mereka hadir secara berkoloni. Berkelompok lengkap dengan ratunya.


Alhasil, isi rumah berupa buku-buku, kertas, dokumen dan semua perabotan berbahan kayu akan rusak karena mereka.


Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal apa saja yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap, agar rumah tidak menjadi sarang mereka. Mari kita simak.

Cara Membasmi Rayap di Tembok

Ada beberapa cara untuk membasmi rayap yang tumbuh di tembok. Beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Semprotkan Air Garam

Salah satu larutan yang digunakan untuk membasmi rayap di tembok adalah dengan menggunakan air garam. Larutan ini sangat mudah ditemukan dan aman digunakan karena cepat kering. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan larutan air garam kemudian memasukkannya ke dalam botol semprot. Selanjutnya, semprotkan air garam ke rayap yang ada di tembok.


Jika tidak ada botol semprot, gunakan kapas atau tisu dan masukkan ke larutan air garam. Lalu letakkan kapas atau tisu ke tempat yang ada rayapnya. Selain di tembok, cara ini bisa digunakan untuk membasmi rayap di lantai.

  1. Gunakan Minyak Jeruk

Kini, Anda sepertinya harus menyediakan minyak jeruk di rumah. Karena, kandungan di-limonade yang ada di minyak jeruk merupakan zat mematikan bagi rayap. Berdasarkan penelitian, angka kematian rayap dengan menggunakan zat ini bisa sampai 96 persen.


Cara mengaplikasikan minyak jeruk adalah dengan membuat terlebih dahulu lubang pada sarang rayap, kemudian tuangkan minyak jeruk ke dalamnya dan tunggu hingga rayap menjadi tak bernyawa. Metode ini cocok untuk rayap yang bersarang di tembok, plafon dan lantai rumah.

Cara Membasmi Rayap dengan Kapur Barus

Kapur barus atau kamper adalah zat lilin transparan berwarna putih yang memiliki aroma kuat dan khas. Zat kamper mudah ditemukan di Indonesia, tepatnya di Sumatera dan Kalimantan, dalam pohon yang bernama ilmiah Cinnamomum Camphora. Hal ini membuat kapur barus memiliki harga yang cukup murah di negara ini.


Banyak orang membasmi rayap dengan kapur barus karena terbukti efektif dan efisien. Jika Anda ingin mencobanya, maka Anda harus menyediakan kapur barus yang kira-kira jumlahnya sesuai dengan jumlah rayap yang menyerang rumah Anda. Identifikasikan terlebih dahulu tempat-tempat mana saja di rumah Anda yang telah diserang oleh rayap. Kemudian, cari tahu dimana tempat persembunyian mereka dan perabot-perabot mana saja yang telah dihancurkan mereka.


Untuk membasmi rayap, kapur barus akan bekerja dengan baik bila dicampurkan dengan minyak tanah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Haluskan kapur barus lalu larutkan ke dalam minyak tanah.

  2. Masukkan larutan kapur barus dan minyak tanah ke dalam botol semprotan agar mudah dipakai dan disimpan.

  3. Semprotkan larutan kapur barus dan minyak tanah ke tempat persembunyian rayap.

Untuk pencegahan, Anda bisa menyemprotkan larutan kapur barus dan minyak tanah ke perabotan secara rutin. Hal ini akan menjaga perabotan Anda agar tidak mudah diserbu rayap.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berair

Cara Membasmi Rayap Kayu

Rayap kayu adalah jenis rayap yang sangat mematikan dan menjengkelkan, sehingga orang menyebutnya sebagai silent destroyer. Binatang pemakan kayu yang berkoloni ini sangat pandai bersembunyi di bagian terdalam rumah sekalipun dan merusak bangunan rumah dari dalam. Rayap kayu pun memiliki ketahanan hidup yang baik, sehingga sulit untuk dimusnahkan. Dan meskipun koloninya kurang dari 1000 ekor, namun rayap kayu sangat banyak menimbulkan kerugian di rumah. Namun jangan takut, karena rayap kayu masih bisa dimusnahkan. Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan diantaranya:

  1. Lakukan deteksi dimana lokasi rayap

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, ketahui dulu dimana lokasi rayap berada dan berkumpul. Dengan melakukan deteksi, Anda akan mengetahui letak rayap berada agar bisa mudah untuk membasminya. Rayap biasanya datang melalui plafon, dan mereka akan meninggalkan tanda berupa kotoran yang berwarna coklat yang biasanya Anda akan temukan menggunung di dekat kusen, jendela dan pintu rumah. Dari tanda tersebut, Anda bisa mendeteksi keberadaan rayap di rumah.

  1. Gunakan jebakan kardus dan tisu

Kardus dan tisu adalah alat yang bisa digunakan untuk menjebak rayap agar keluar dari persembunyiannya. Caranya, basahi kardus atau tisu kemudian letakkan atau tempelkan di dinding, kayu atau tempat-tempat yang bisa diserang oleh rayap. Setelah mereka menghampiri kardus atau tisu tersebut, maka lakukan pembasmian dengan cara membakar kardus atau tisu tersebut bersama dengan rayapnya.

  1. Gunakan kapur barus

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, kapur barus cukup efektif untuk membasmi rayap, apalagi jika dicampur dengan bahan lain seperti minyak tanah. Namun, kapur barus pun mampu dipakai sebagai bahan tunggal untuk membasmi rayap, dengan cara menaburkan ke tempat rayap berkumpul. Hal ini harus diperhatikan mengenai lokasi rayap berada, apakah terjangkau oleh tangan atau tidak.

  1. Gunakan bahan kimia cair dan bubuk

Selain menggunakan kapur barus dan minyak tanah, ada juga bahan kimia berbentuk cair dan bubuk yang dijual di pasaran untuk membasmi rayap. Bila Anda memilih untuk menggunakan bahan kimia sebagai alat untuk membasmi rayap, maka pilihlah yang berbentuk suntik, karena metode suntik adalah yang paling efektif dalam membasmi rayap kayu.

Cara Membasmi Rayap pada Furniture

Furniture atau perabotan rumah yang berbahan dasar kayu masih menjadi pilihan hingga sejauh ini. Bentuknya yang kokoh dan bagus menjadi alasan kenapa furniture kayu banyak peminatnya, misalkan lemari kayu. Namun, ada satu hal yang menjadi momok dari furniture kayu, yaitu rayap. Rayap mampu menggerogoti furniture anda hingga rusak. Tentunya, Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan? Untuk itu ada beberapa cara untuk membasmi rayap di furniture rumah Anda:

  1. Gunakan asam borat

Asam borat adalah senyawa kimia yang lazim digunakan sebagai obat untuk membasmi rayap. Sangat tepat untuk menggunakan cairan ini karena senyawa ini bekerja cepat untuk membasmi rayap yang ada di kayu. Cara penggunaannya adalah masukkan cairan ini ke alat penyemprot (spray) dan semprotkan ke tempat dimana rayap berada di kayu.

  1. Gunakan larutan garam

Bila Anda menginginkan cara yang mudah dan murah, Anda bisa membasmi rayap dengan menggunakan garam dapur yang bisa ditemukan di setiap rumah. Caranya, larutkan semangkuk garam dengan setengah liter air, sehingga kandungan garamnya masih tinggi dan bisa bekerja maksimal untuk membasmi rayap. Kemudian, semprotkan larutan garam tersebut kepada rayap hingga mati.

  1. Hangatkan furniture dengan sinar matahari

Rayap menyukai tempat yang gelap dan lembab, sehingga menjemur furniture di bawah sinar matahari adalah langkah yang tepat. Atau bisa juga Anda menempatkan furniture di tempat yang masih terkena sinar matahari secara tidak langsung. Hal ini akan membuat rayap tidak akan kembali lagi ke furniture Anda.

  1. Gunakan air rendaman tembakau

Air rendaman tembakau juga bisa untuk membasmi rayap. Caranya, ambil segenggam tembakau dan campurkan ke dalam air, tunggu hingga beberapa jam. Setelah itu, pisahkan ampas tembakau dengan airnya, kemudian masukkan airnya ke dalam semprotan (spray), dan lakukan penyemprotan secara merata pada furniture yang diserang rayap. Apabila dirasa kurang, lakukan kembali penyemprotan 1 jam setelah semprotan yang pertama agar rayap tidak musnah tak tersisa.

  1. Gunakan cacing nematoda

Cacing nematoda adalah salah satu jenis parasit yang banyak memakan binatang-binatang kecil di sekitarnya, dan cacing ini banyak digunakan untuk memangsa binatang seperti rayap. Caranya, tempatkan cacing-cacing ini di wilayah sekitar furniture yang ada rayapnya, dan cacing-cacing ini akan memangsa rayap tersebut hingga ke larva-larvanya. Anda bisa menemukan cacing ini di tempat menjual pakan hewan, atau bisa juga di halaman rumah.

  1. Gunakan cairan kapur sirih

Cairan kapur sirih akan menimbulkan rasa panas dan membuat rayap mati seketika. Caranya, campurkan kapur sirih dengan air, lalu aduk hingga merata dan berbentuk cairan putih yang pekat, kemudian semprotkan ke bagian yang dihuni rayap. Biasanya, dengan menggunakan kapur sirih Anda hanya perlu menyemprotkan sekali saja karena efek dari kapur sirih yang sedemikian ampuhnya membasmi rayap.


Baca Juga: Tembok Retak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Membasmi Rayap di Plafon Rumah

Plafon adalah salah satu elemen penting di dalam rumah. Namun, apabila telah digerogoti rayap, maka plafon bisa berbahaya bagi Anda yang sedang berada di bawahnya, karena bisa keropos dan jatuh mengenai Anda. Oleh karena itu, berikut beberapa cara untuk membasmi rayap pada plafon:

  1. Gunakan solar

Solar yang biasanya menjadi bahan bakar kendaraan bermotor, bisa juga digunakan untuk membasmi rayap di plafon. Caranya, oleskan solar pada permukaan kayu plafon rumah. Namun, hal ini perlu juga dipertimbangkan bila melihat keadaan plafon rumah Anda. Jika sudah parah, maka sebaiknya Anda mengganti plafon untuk mencegah runtuhnya plafon tersebut.

  1. Gunakan insektisida

Insektisida adalah jenis pestisida yang khusus digunakan untuk membunuh serangga pengganggu di dalam rumah seperti rayap. Caranya, semprotkan insektisida secara menyeluruh di plafon yang dihuni rayap. Anda harus menggunakan masker ketika menyemprotkan insektisida demi mencegah terhirupnya zat oleh pernapasan karena bisa membahayakan. 


Baca juga: Musim Hujan Segera Tiba, Simak Cara Memperbaiki Atap Bocor Berikut!

Cara Membasmi Rayap dengan Baygon

Baygon adalah merek dagang terkenal dalam hal obat pembunuh serangga. Baygon pun banyak kita temui di rumah-rumah sebagai obat pertama yang digunakan bila ada gangguan serangga. Bila Anda ingin membasmi rayap dengan Baygon, tentunya ada beberapa varian yang cocok menjadi racun untuk membunuh rayap. Rayap dan koloninya paling tidak suka dengan aroma jeruk, lavender dan minyak kayu putih. Nah, Anda bisa memilih varian Baygon yang mengandung bahan-bahan seperti Lavender, Natural Orange dan Eucalyptus. Itulah yang bisa Anda lakukan untuk membasmi rayap yang merugikan dan merusak perabotan rumah. Bila rumah terbebas dari rayap, tentunya Anda bisa lebih nyaman untuk tinggal di dalamnya. Selamat mencoba!